Cara Cek Backlink Website Kompetitor, 3 Tools Ini Dapat Anda Andalkan!

Image
Endar Julian
Teknologi | Thursday, 16 Sep 2021, 00:15 WIB
Cara cek backlink website kompetitor - sumber gambar: garuda website

Dalam optimasi SEO (Search Engine Optimization), terdapat banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas ke website anda. Salah satu praktik yang telah cukup lama dilakukan oleh para praktisi senior di bidang SEO ini adalah dengan memata-matai dan mencari tahu sumber backlink website kompetitor mereka.

Untuk sebagian dari anda yang masih baru di dunia SEO dan blogging mungkin masih belum mengetahui tentang cara cek backlink website milik kompetitor ini.

Nah berkaitan dengan itu, pada artikel perdana saya kali ini, saya akan membahas mengenai cara untuk mengecek backlink milik website kompetitor ini secara lengkap untuk anda. Apakah anda telah merasa penasaran? berikut ulasan selengkapnya yang dapat anda simak.

Manfaat Cek Backlink Kompetitor

Sebelum membahas lebih detail mengenai cara cek backlink kompetitor ini. Akan menjadi lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu mengenai manfaat dari pengecekan backlink kompetitor ini.

Secara umum, terdapat 3 manfaat utama dari pengecekan backlink kompetitor ini. Adapun beberapa manfaat tersebut meliputi:

1. Untuk Penerapan Strategi ATM

Salah satu manfaat mengecek backlink website kompetitor adalah mempermudah anda untuk melakukan strategi ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Dengan mengecek backlink website kompetitor anda, maka anda akan mendapatkan referensi dan informasi bagaimana cara kompetitor anda melakukan link building (pembangunan backlink).

Selanjutnya, anda dapat meniru atau memodifikasi cara pembangunan backlink yang dilakukan oleh website kompetitor anda.

2. Langkah Antisipasi Terhadap Penurunan Ranking Halaman

Persaingan untuk mendapatkan peringkat di halaman penelusuran Google itu Ketat!

Semua praktisi SEO pastinya menyadari betul tentang hal ini. Melakukan pengecekan backlink kompetitor dapat membantu anda mengetahui tentang keyword apa saja yang tengah diincar oleh kompetitor anda.

Sehingga jika sekiranya kompetitor anda tengah aktif melakukan optimasi untuk keyword dimana halaman website anda mendapatkan ranking, maka anda dapat mengantisipasinya.

3. Merancang Strategi Outranking Website Kompetitor

Manfaat terakhir dari mengecek backlink website kompetitor anda adalah memungkinkan anda untuk menyusun strategi outranking website kompetitor anda. Outranking yang dimaksud disini adalah strategi untuk menggeser posisi atau peringkat halaman website kompetitor anda di SERP.

Dengan menganalisa kekuatan backlink, jenis konten dan juga bobot konten yang menjadi aset backlink dari website kompetitor anda.

Misalnya, setelah melakukan pengecekan backlink, anda menemukan bahwa halaman website kompetitor anda mendapatkan peringkat untuk suatu kata kunci. Lalu anda menemukan bahwa halaman tersebut ternyata hanya memiliki 10 backlink saja. Maka anda dapat membuat halaman di website anda dengan fokus keyword yang sama, namun dengan lebih banyak backlink mengarah ke halaman anda.

Hal ini akan membuat halaman anda berpotensi besar untuk menggusur posisi halaman website kompetitor anda di halaman penelusuran Google untuk keyword tersebut.

Cara Cek Backlink Website Kompetitor

Cara cek backlink dari website kompetitor anda yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan tool cek backlink atau yang dikenal juga dengan istilah backlink checker.

Melansir ulasan dari blog Garuda website, dijelaskan terdapat beberapa tool backlink checker terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengecek dan menganalisa backlink kompetitor anda. Adapun beberapa tool tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ahrefs

Tool cek backlink Ahref - Sumber gambar: garuda website

Ahrefs adalah salah satu tool backlink checker yang dapat anda gunakan untuk mengecek backlink website kompetitor website anda. Tool ini dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling banyak digunakan oleh praktisi SEO hari ini.

Ahrefs sendiri memungkinkan anda untuk melakukan pengecekan backlink dari suatu website dengan cukup memasukkan alamat website tersebut ke kotak menu site explorer. Selanjutnya, tool ini akan menyajikan data detail mengenai jumlah dan sumber backlink dari website kompetitor anda.

Tidak hanya data backlink, Ahrefs juga dapat memberikan anda sejumlah informasi penting lainnya dari website kompetitor anda seperti nilai PA & DA, referring domain, anchor, organic keyword dan lainnya.

2. Moz Link Explorer

Tool cek backlink Moz - Sumber gambar: garuda website

Masih membahas mengenai cara cek backlink website kompetitor, Moz Link Explorer juga menjadi salah satu pilihan tool backlink checker yang dapat anda andalkan.

Memiliki kualitas fitur yang hampir sama dengan Ahrefs, Moz juga memungkinkan anda untuk mendapatkan data sumber backlink website kompetitor anda dengan memasukkan alamat website mereka ke kotak pencarian yang tersedia.

Selain penelusuran backlink website kompetitor, Moz juga dapat melakukan beberapa hal lainnya seperti pengecekan nilai PA & DA, anchor text yang digunakan sebagai backlink, tautan rusak dan lainnya.

3. SEMRush

Tool cek backlink SEMRush - Sumber gambar: garuda website

Tool cek backlink website kompetitor terbaik terakhir dalam daftar ini adalah SEMRush. Tidak kalah dengan kedua tool yang disebutkan sebelumnya. Backlink checker yang ber take-line All-in one marketing toolkit memungkinkan anda untuk memantau backlink website kompetitor anda.

Lagi-lagi sama dengan kedua tool sebelumnya, yang harus anda lakukan hanya memasukkan alamat website kompetitor anda di kotak penelusuran yang tersedia. Tool ini akan langsung memperlihatkan data metrik dari website kompetitor anda seperti backlink, anchor text yang digunakan, organic traffic dan lainnya.

Sekian ulasan singkat saya mengenai cara cek backlink website kompetitor. Saya harap ulasan ini dapat bermanfaat dan memberikan panduan untuk anda yang tengah melakukan optimasi SEO Website. Terima kasih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang content writer dan blogger. Suka menulis dan berbagi hal informatif. Sekarang bekerja di sebuah perusahaan digital di Jakarta.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menghindari Arus Putaran Mabuk Teknologi

Image

Kunjungan Lembaga Masyarakat Azno Team (Anti Zat Narkotika) ke Idaqu

Image

Kajian Rutin Sirah Nabawi di Institut Daarul Quran Jakarta bersama Ustad Zikran

Image

Tip Biar Nggak Bingung Saat Harus Pilih Saham yang Terbaik

Image

Seksisme Perempuan di Media yang Kian Melanggengkan Ketidaksetaraan Gender

Image

Sejarah Singkat Abu Yusuf, Hakim Agung di Dinasti Abbasiyah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image