Punakawan Pictures Sebagai Salah Satu Komunitas Film Asal Ciamis, Jawa Barat

Image
Rani Fibrianti
Info Terkini | Wednesday, 15 Sep 2021, 17:16 WIB
Sumber gambar: Punakawan Pictures

Orang-orang yang berkumpul dan berkarya bersama atas dasar hobi dan minat yang sama tentu sangat menyenangkan. Tidak hanya mengembangkan bakat, tetapi juga berprestasi bersama dalam sebuah ruang komunitas. Seperti halnya Komunitas Punakawan Pictures yang berdiri pada awal 2021.

Punakawan Pictures dibangun oleh beberapa alumni SMKN 1 Rancah jurusan Multimedia yang sudah berkegiatan membuat film sejak 2019. Komunitas ini dibangun sebagai ruang dan wadah ide-ide kreatif dalam menciptakan sebuah karya, khususnya dalam segi visual sinema atau film.

Nama Punakawan terinspirasi dari seni pewayangan yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Istilah Punakawan berasal dari kata pana yang artinya paham dan kawan yang artinya teman atau sahabat.

Punakawan Pictures memiliki visi mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan dalam menciptakan sebuah karya seni visual dan menaruh harapan semoga bermanfaat bagi kehidupan sekitar untuk menjadi wadah, ruang, tempat untuk tumbuh bersama-sama. Punakawan Pictures mendorong para anggota komunitasnya untuk terus menempa bakatnya. Setiap pembuatan film, peran-peran kru di-rolling dengan tetap mempertimbangkan kemampuan dan bakat masing-masing.

Film yang diproduksi oleh Punakawan Pictures tidak hanya fokus pada satu tema tertentu, tetapi mengangkat tema sosial, pendidikan, lingkungan, dan lain-lain. Selain itu, dalam bidang videografi, Punakawan Pictures juga membuat video untuk periklanan, video klip, dan video profil. Dalam proses pembuatan film atau video tersebut, pembiayaannya masih dilakukan secara mandiri, baik itu dari uang pribadi masing-masing anggota komunitas atau hasil dari festival dan perlombaan yang diikuti.

Punakawan Pictures yang diketuai oleh Egi Aditiar ini sudah membuat empat film pendek, yaitu berjudul “Puncak Bangku New Normal”, “Di Balik Seduhan Secangkir Kopi”, “Derma”, dan “Minnadzulumati Ilan Nur”. Punakawan Pictures juga sudah mengikuti beberapa perlombaan dan meraih beberapa prestasi, baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Prestasi yang diraih adalah Juara 1 Lomba Creative Video Contest tingkat Kecamatan Rancah dan Juara 2 Lomba Vlog tingkat Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan oleh BP2D Kabupaten Ciamis.

Film dan video yang diproduksi dipublikasikan melalui akun media sosial Instagram @punakawanpictures dan diunggah melalui YouTube Punakawan Pictures. Selain itu, Punakawan Pictures juga memperkenalkan karya-karya film mereka dengan mengadakan beberapa kali nonton bareng dengan komunitas-komunitas lain yang ada di Kabupaten Ciamis.

Narasumber: Punakawan Pictures

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Semoga bermanfaat.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kenali 5 Penyebab Menurunnya Produksi Kolagen dan Cara Meningkatkannya

Image

Youtube Vanced 17.03.38 Versi Tanpa Iklan 2022

Image

Youtube Vanced 17.03.38 Terbaru 2022 Full Fitur

Image

MP3 Juice Mudah Download Lagu Youtube 2022

Image

Rahasia Ahli Kulit Sehat dalam Menjaga Kesehatan Kulit

Image

PERSAHABATAN NOVEL dan LOLITA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image