Kreativitas Menulis Kala Pandemi

Image
Deni Darmawan
Eduaksi | Tuesday, 14 Sep 2021, 17:58 WIB
dokumen deni darmawan

Pandemi mendorong berbagai kreativitas salah satunya adalah kreativitas menulis. Menulis di masa pandemi bisa memperoleh keuntungan, diantaranya memberikan dampak terapeutik yang bisa mengurangi kecemasan, kepanikan, ketakutan yang selama ini menghantui di tengah wabah Covid-19 yang entah kapan akan berakhir.

Segala macam informasi yang simpang siur dan hoax ramai di jagat media sosial. Berapa banyak berita Covid-19 yang digoreng untuk kepentingan oknum tertentu dan upaya untuk menghambat proses percepatan vaksinasi. Begitu banyak orang yang melahap berita tersebut sehingga tidak mau divaksin. Di tengah pandemi, perlu kita memunculkan kreativitas menulis untuk di media massa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Platform digital saat ini banyak menyediakan berbagai macam peluang untuk menulis. Pandemi mendorong percepatan kemajuan teknologi hingga memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas termasuk menulis. Komunitas-komunitas kepenulisan muncul bak jamur di musim hujan. Mulai dari memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis pemua dengan menulis berbagai genre dan mewujudkan impian merekaa dengan memiliki karya buku solo atau antologi.

Dengan izin-Nya, saya pun melakukan proses kreativitas menulis dengan mengirim puluhan artikel populer ke berbagai portal berita media online. Membimbing puluhan mahasiswa agar bisa mandiri menulis artikel opini dan mengantarkan mereka menjadi penulis andal. Saya pun membuat webinar kepenulisan secara virtual yang diikuti peserta dari seluruh nusantara. Atas dasar ini juga, saya menginisiasi komunitas belajar menulis (KOMBIS) dan belajarmenulis.id

Selama pandemi juga, saya menulis buku antologi dan membuat buku solo. Selama di rumah, proses kreativitas menulis muncul tanpa batas. Sambil rebahan, imajinasi terbuka dan bergerilya mencari ide-ide agar bisa menjadi sebuah artikel atau buku. Saya pun mengikuti setiap kegiatan kepenulisan yang digelar secara virtual, baik yang gratis dan berbayar.

Ketika pandemi, begitu mudah kita mengikuti segala macam kegiatan. Saya pun sedang menginisasi buku antologi bagi penulis pemula. Setidaknya, saya tidak berdiam diri atau berpangku tangan di tengah pandemi. Ini merupakan upaya agar kreativitas menulis bisa muncul kala pandemi.

Mentradisikan budaya menulis di tengah pandemi merupakan hal yang perlu digiatkan di negeri pertiwi. Pandemi memberikan kemudahan setiap penulis pemula untuk menuangkan segala ide-ide kreativitasnya. Pandemi mendobrak daya kreativitasnya menulis agar tetap eksis dalam berkarya. Selamat menulis!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dosen Universitas Pamulang, Founder Komunitas Belajar Menulis (KOMBIS) dan belajarmenulis.id

Kreativitas Menulis Kala Pandemi

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

LITERASI DIGITAL DAN PERAN GURU SAAT PANDEMI

Image

Pagebluk dan Wajah Murung Pendidikan Indonesia

Image

Jangan Kau Beri Tahu Kepada Mereka

Image

Andai pandemi pergi, MAHASISWA KESEHATAN MEMBUTUHKAN PRAKTIKUM DI LAPANGAN BUKAN SEKADAR TEORI

Image

Enam Tip Memilih Reksa Dana Terbaik untuk Pemula, Nomor 2 Sering Disepelekan

Image

PANDEMI CORONA MEREDA SEMUA KEMBALI CERIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image