Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Mahesa

Cara Memperjelas Foto yang Buram

Teknologi | Saturday, 11 Sep 2021, 20:46 WIB

Cara Memperjelas Foto yang Blur â Bagaimana cara memperjelas foto buram? Apakah foto jadul yang buram bisa diedit jadi lebih jelas? Apakah ada aplikasi gratis untuk melakukannya? Atau adakah tools online yang mampu? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju.

Kenangan yang diabadikan dengan kamera sungguh membuat otak melompat ke masa lalu. Seakan-akan perasaan yang dahulu dirasakan muncul kembali hanya karena melihat album foto atau video.

Kalian pasti sering dibuat berlama-lama oleh foto-foto jadul. Tertawa sendiri kemudian sedih tiba-tiba. Bersemangat menunjukkan betapa â jelekâ -nya diri kalian dahulu, lalu membandingkannya dengan keadaan sekarang.

Bernostalgia memang asyik sekaligus kadang menyakitkan. Terutama ketika orang yang ada di foto tersebut sudah tidak ada lagi. Tapi hidup harus berjalan, meskipun kenangan tetap abadi dalam sebuah potret buram.

Kemudian kalian penasaran, file-file foto yang masih tersimpan, yang dijepret dengan kamera 1,3 MP atau kamera VGA, yang buramnya minta ampun, apakah bisa diedit dan diperjelas?

Jika kalian pernah penasaran dengan hal itu, maka kami ucapkan selamat karena kini kalian berada di tempat yang tepat. Ada sebuah cara untuk memperjelas foto yang buram. Tidak hanya untuk foto jadul, tetapi foto baru yang blur pun bisa dipertajam dengan aplikasi ini.

Cara Memperjelas Foto yang Buram

Ada banyak aplikasi yang bisa kalian coba di sini. Nanti akan kami tuliskan listnya di bawah. Tapi secara khusus, kami akan lebih banyak membahas tentang satu aplikasi yang direkomendasikan oleh caileak.com.

Sebagai studi kasus, kami akan persiapkan beberapa foto blur dan foto yang dipotret dari kamera jadul sebagai objek percobaan. Jadi kalian bisa menilai sendiri kecanggihan aplikasi ini.

#1 Menggunakan Aplikasi Snapseed

Aplikasi kedua yang boleh kalian coba setelah Remini adalah Snapseed. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google LLC. Sebetulnya Snapseed tidak dibuat secara khusus untuk memperjelas foto yang blur, melainkan aplikasi tersebut dibuat untuk editing foto secara umum.

Namun, ada beberapa tool di dalamnya yang bisa membantu kalian untuk mempertajam foto yang sedikit blur. Meskipun kami juga sangsi kalau tool tersebut adalah yang cari. Tidak ada salahnya dicoba dulu. Caranya

- Download dan install Snapseed dari Play Store.

- Buka aplikasi Snapseed lalu izinkan akses ke file manager / memori.

- Klik tanda plus (+) atau add photo.Setelah foto terbuka, di bagian bawah akan ada 3 tab.

- Klik tab Tools.Klik pada tool Details, lalu geser ke kanan sampai foto kalian lebih tajam.Selesai.

#2. Menggunakan Aplikasi Pixlr

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian coba adalah Pixlr yang dikembangkan oleh 123RF, sebuah perusahaan stock foto.

Ketika artikel ini terbit, aplikasi tersebut sudah didownload sebanyak 50 juta kali dengan rating 4,3/5 dari 1,2 juta pe-review.

Seperti Snapseed, aplikasi ini tidak dibuat khusus untuk memperjelas foto yang blur, melainkan editor foto paket lengkap yang bisa membuat foto kalian lebih menarik daripada tidak diedit sama sekali. Nah, mempertajam foto dengan aplikasi ini cukup mudah, tapi sekali lagi kami tidak yakin kalau fitur inilah yang kalian cari.

Begini caranya

- Download dan install Pixlr dari Play Store.

- Buka aplikasinya lalu izinkan akses ke memori kalian.

- Buka foto blur yang ingin kalian pertajam.

- Pada menu tools, pilih fitur adjustment. Kemudian atur tingkat highlight dan lightness sampai jelas kelihatan blurnya.

- Kemudian klik autofix. Jika beruntung (bergantung pada foto), foto buram kalian akan lebih jelas walaupun sedikit.

#3 Memperjelas Foto Blur Online

Buat yang belum tahu saja, ternyata ada juga lho situs online yang bisa membantu kalian memperjelas foto yang blur.

Situs-situs yang akan kami list di bawah sudah menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dalam memproses foto blur, sehingga hasilnya tidak hanya jadi lebih jelas, tetapi resolusinya juga lebih besar. Penasaran? Berikut adalah listnya.

Imglarger.com

Situs ini dibuat untuk memperjelas foto blur adalah imglarger.com. Situs tersebut menyediakan paket gratis untuk 8 kali percobaan, dengan ketentuan file foto asal tidak boleh lebih dari 5MB.

Cara menggunakan situs ini cukup gampang. Kalian tinggal

- Buka imglarger.com.

- Upload foto blurkalian ke sana.

- Tentukan akan seberapa besar foto tersebut di-resize.

- Terakhir kliktombol start.

- Tunggu AI memproses foto kalian. Kalau sudah, biasanya tombol start akan berubah menjadi tombol download.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image