3 Tips Membeli Rumah KPR yang Perlu Anda Ketahui

Image
Mhd Ali
Bisnis | Wednesday, 11 May 2022, 16:11 WIB

Saat ini fenomena membeli sebuah rumah KPR menjadi salah satu kemudahan masyarakat mendapatkan rumah idaman. Jadi jangan heran jika banyak perusahaan Bank menawarkan berbagai kemudahan agar Anda mendapatkan rumah idaman dengan harga yang murah dengan lokasi yang strategis.

Namun, dengan berbagai pelayanan yang sangat mengiurkan tersebut, banyak masyarakat merasa kece dengan fasilitas yang telah mereka beli. Misal, kondisi rumah yang tidak kokoh atau beberapa hal yang membuat mereka kecewa saat telah menepati rumah tersebut. Alhasil, rumah tersebut dijual dengan harga yang cukup murah.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah KPR, sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut :

Perhatikan reputasi Bank yang melayani KPR

Jangan hanya tergiur dengan penawaran membeli rumah KPR pada Bank, Anda harus memastikan terlebih dahulu berapa lama Bank tersebut melayani KPR dan apakah pengalaman Bank tersebut terpercaya atau tidak.

Anda bisa melakukan pengecekan mulai dari nasabah yang membeli produk KPR mereka hingga jasa kontraktor rumah KPR mana yang mereka gunakan untuk membangun. Dari sini Anda dapat melihat bangunan mana yang telah mereka bangun, apakah kokoh dan memberikan pelayan yang baikkah untuk nasabah tersebut?

Sistem pembayaran

Jangan hanya tergiur dengan pelayanan dan tawaran bunga yang rendah oleh Bank yang melayani KPR. Pastikan Anda mengetahui secara detail mengenai bunga, pembayaran uang muka, hingga pembayaran setiap bulannya.

Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui berapa denda yang akan didapatkan jika Anda melewati batas pembayara. Biasanya banyak orang terkecoh karena bunga yang rendah namun saat telat membayar KPR cukup membludak.

Surat dan sertifikat induk KPR

Surat menyurat seperti sertifikat tanah dan kepemilikan bangunan tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk Anda bukan? Untuk itu, pastikan keabsahan dan kejelasan sertifikat rumah yang dibangun. Rekomendasi kami yakni rumah di bukit podomoro yang sudah jelas surat-suratnya.

Selain itu Anda juga harus menanyakan mengenai bagaimana nantinya permasalahan untuk pemecahan sertifikat rumah. Biasanya Bank yang berpengalaman akan memiliki sistem pengurusan sertifikat yang baik sehingga para nasabah terhindar dari permasalahan keabsahan sertifikat rumah.

Itulah beberapa tips membeli rumah KPR yang perlu Anda ketahui, semoga tips ini bermanfaat!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Digital Marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program Studi Ekonomi Syariah FAI Unpam adakan penggalangan dana gempa bumi

Image

Mahasiswa Mahad Al Imam Malik UMP Raih Juara Bahasa Arab Nasional

Image

Ekosistem Pesantren dalam Mewujudkan Manajemen Halal Supply Chain Menuju Madani Society 5.0

Image

Pentingnya Agama dan Pendidikan Sejak Dini

Image

Mata Kuliah Kehumasan

Image

Tips dan Cara Nyaman Untuk Hilangkan Bau Ketiak dan Warna Kulit Ketiak Yang Gelap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image