Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image resti fauziah

Inilah Keutamaannya Jika Bersedekah

Agama | Tuesday, 07 Sep 2021, 08:46 WIB

Kebaikan dapat diwujudkan dalam hal apa pun, dalam bidang apa pun dan kapan saja. Banyak peluang dan kesempatan untuk berbuat baik. Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata fastabiqul khairat atau berlomba dalam kebaikan. Di mana seluruh umat muslim saling berlomba untuk berbuat baik semata-mata mengharap ridho Allah. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang yang beriman agar dapat memanfaatkan waktunya sebaik mungkin agar tidak menjadi sia-sia, justru akan mendatangkan keridha-an Allah sehingga mendapat ganjaran berupa pahala dari-Nya.

Untuk memanfaatkan waktu serta usia yang tersisa di jalan kebaikan, semua itu dapat terangkum dalam fastabiqul khairat. Agar orang yang beriman dapat menyegerakan dalam beramal shalih dan beribadah, serta tidak akan berleha-leha apalagi sampai menunda-nunda. Karena tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan usianya akan terhenti. Maka dari itu, semaksimal mungkin kita harus pandai memanfaatkan segala kesempatan yang ada untuk berbuat baik.

Terlebih dalam kondisi saat ini yang sangat mengkhawatirkan, karena pandemi dan tingkat kesehatan semakin memburuk. Tentunya, ada kesempatan untuk kita agar dapat berbuat baik dengan berkontribusi beramal serta menyumbangkan sedikit atau banyaknya harta kepada yang membutuhkan. Jadilah orang yang dermawan, orang yang selalu ingat untuk berbuat baik meskipun hanya kecil atau sedikit pertolongan yang diberikan.

Firman Allah, “Dan tiada kamu derma dari sesuatu, melainkan hasilnya pahala dan keuntungannya untuk dirimu sendiri, dan tiada kamu berbelanja kecuali untuk mengharap keridhaan Allah. Dan tiada kamu sedekah seseuatu kebaikan melainkan akan dikembalikan penuh kepadamu. Sedang kamu tidak dirugikan.” (Al-Baqarah: 272)

Dari firman Allah di atas dijelaskan bahwa jika berbuat baik kita tidak akan pernah dirugikan, justru kita akan mendapatkan keuntungan berupa pahala atas kebaikan yang kita berikan. Serta mendapatkan keridhaan Allah. Islam pun menganjurkan umatnya untuk bersedekah, ada banyak sekali keutamaan jika kita bersedekah. Baik itu bagi penerima sedekah maupun bagi pemberinya.

Kekurangan yang dimiliki seseorang dapat terbantu oleh adanya sedekah yang mampu untuk menutupinya. Sedekah juga dapat meringankan beban yang dimiliki seseorang. Bentuk dari sedekah juga sangat banyak, tidak hanya berpatok pada harta benda saja, tetapi non materi pun bisa disedekahkan, seperti menolong orang dengan tenaga yang kita miliki, dapat juga dengan keahlian berpikir kita, bahkan hanya dengan menyingkirkan sebuah batu, duri atau tulang di tengah jalan pun masuk dalam bersedekah. Bahkan ada hal yang paling sederhana lagi seperti memberi senyuman kepada orang lain, termasuk bersedekah. Seperti yang telah disampaikan Rasulullah, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR. At-Tirmidzi)

Dengan adanya berbagai cara untuk melakukan kebaikan dengan bersedekah, sepertinya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukannya. Apalagi jika kita mengetahui ada banyak sekali manfaat yang dapat kita terima jika bersedekah. Berikut 5 keutamaan bersedekah sebagaimana yang telah tercantum dalam Al-Quran dan Hadits.

Ganjaran Harta Maupun Pahala yang Berlipat Ganda

Dengan bersedekah, baik harta maupun pahala akan berlipat ganda sebagaimana dengan janji Allah,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

Bahkan dengan sedekah, meskipun kita telah tiada namun pahala akan terus mengalir kepada kita dengan shadaqoh jariyah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila anak cucu adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: shodaqoh jariyah, anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya, dan ilmu yang bermanfaat.” (HR. Muslim)

Sedekah Dapat Memanjangkan Usia dan Mencegah Kematian Buruk

Maksud dari memanjangkan usia disini ialah amalan kebaikan dari orang yang memberi sedekah akan terus dikenang melebihi hidup di dunia. Dan dengan bersedekah, seseorang akan dijauhkan dari kematian yang buruk. Seperti yang telah disebutkan dalam sabda Rasulullah,

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga diri sendiri.” (HR. Thabrani)

Sedekah Sebagai Penghapus Dosa

Seseorang yang banyak melakukan sedekah, maka hidupnya seperti air yang memadamkan api. Segala dosa yang telah diperbuat akan Allah hapus dan ampuni. Rasulullah bersabda,

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

Sedekah Dapat Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa dengan sedelah Allah akan menghapus segala dosa-dosa, maka dengan sedekah juga kita akan terhindar dari api neraka. Karena dengan dilipatgandakannya pahala dan penghapusan dosa-dosa, maka kita pun dapat menjauhkan diri agar tidak masuk ke dalam neraka jahannam. Sebagaimana sabda Rasulullah,

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.” (Muttafaqun ‘alaih)

Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Allah telah menjelaskan dalam Al-Quran bahwa pada hari kiamat nanti manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar, dan pada saat itu jarak antara matahari dengan kita akan sangat dekat sehingga tentunya kita akan merasa kepanasan. Namun, Rasulullah telah memberitahukan bahwa ada amalan yang dapat dijadikan sebagai naungan dari panasnya matahari nanti.

Dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW bahwasannya yang dapat menjadi naungan bagi umat manusia pada hari kiamat nanti adalah amalan dari bersedekah.

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekah (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: ‘ditetapkan hukuman di anatara manusia.’ Yazid berkata: “Abdul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah)

Itulah beberapa keutamaan dari bersedekah yang akan kita dapatkan nanti di hari kiamat. Berbuat baiklah di masa apa saja baik itu di masa pandemi saat ini maupun setelahnya, kapan pun dan di mana pun kita berada serta dengan bagaimana pun caranya, semampu kita dan hanya berharap keridhaan Allah semata. Semoga kita semua termasuk orang yang akan mendapatkan keutamaan-keutamaan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image