Mahasiswa dan Masa Depan Literasi Digitial

Image
Wildan Mutaqin Wildan
Info Terkini | Friday, 03 Sep 2021, 13:26 WIB
Digitalisasi sumber:Pixabay

Pada era keterbukaan informasi seperti saat ini, masyarakat Indonesia disuguhkan pada segala jenis informasi tanpa batas. Kemajuan teknologi adalah suatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Teknologi juga mampu memberikan banyak kemudahaan serta sebagai cara baru dalam melakukaan aktivitas manusia. Manusia juga sudah menikmati banyak manfaat yang di bawa oleh inovasi-inovasi teknologi digital yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Pada era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi sudah tidak bisa di hentikan lagi, karena kemajuan teknologi digital menjadi indikator kemajuan suatu negara. Negara dikatakan maju jika memiliki tingkat penguasaan teknologi tinggi, sedangkan negara-negara yang tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi di sebut dengan negara gagal.

Saat ini kita berada pada zaman industri 4.0 dimana semua aktivitas kita lakukan dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih dan juga memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi. Media Massa mengekspos berita serta tayangan hiburan dengan skala yang masif akibat dari kemajuan teknologi digital saat ini.

Mahasiswa dan Literasi Digital

Literasi digital saat ini telah menjadi bukti bahwa kemajuan peradaban yang lebih baik. Mahasiswa yang hari ini hadir akan selalu memberikan produk-produk masa depan sebagai agen perubahan, mahasiswa harus mampu memanfaatkan literasi digitial saat ini. Abad ke 21 akan menjadi momentum yang penting dalam kemajuan teknologi digital karena mahasiswa akan memiliki kemampuan yang luar biasa untuk berpikir, belajar, berkomunikasi, bekerjasama, serta berkarya.

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus mampu berperan untuk kemajuan pada negeri ini. Apalagi mahasiswa sebagai kaum terdidik yang berasal dari berbagai latar belakang keilmuan merupakan penggerak perubahan ke arah yang lebih baik dengan keterampilan yang dimilikinya dan harus mampu melaksanakan kegiatan yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui literasi digital ini kita selaku mahasiswa tentu akan dapat dengan cepat mendapatkan beragam pengetahuan dengan di fasilitasi internet sebagai akses kita untuk mendapatkan semua pengetahuan yang kita butuhkan. Artinya saat ini kita sedang ada pada zaman dimana kita bisa dan harus mampu membuat produk-produk yang bisa membuat sejarah sebagai agen perubahan dengan kemajuan literasi digital saat ini.

Arah masa depan literasi digital harus mampu kita manfaatkan dengan sebaik mungkin apalagi kita sebagai mahasiswa yang di tuntut untuk membawa perubahan nyata untuk negeri ini. Dengan literasi digital kita harus mampu memiliki kemampuan dan wawasan dalam memanfaatkan teknologi digital, alat komunikasi, untuk mendapatkan informasi dengan sehat dan cermat serta patuh kepada hukum dalam kehidupan.

Ditengah Kemajuan literasi digital yang penuh dengan kemajuan dan kebermanfaat saat ini, pasti di samping itu akan ada tantangan yang harus kita hadapi karena akan membawa nilai-nilai negatif.

Kemajuan literasi digital menjadikan kita lebih mudah dalam mendaptakan informasi dan juga akan membuat kita menjadi lebih apatis dalam mengerjakan sesuatu. Untuk itu kita sebagai mahasiswa tidak boleh berada di zona nyaman karena kemajuan teknologi saat ini, kita dilahirkan untuk membawa perubahan yang bisa menjadikan diri kita sebagai kamu intelektual yang bisa memiliki nalar kritis sebagai pondasi dan ciri khas mahasiswa. Kita tidak boleh di perbudak dengan kemajuan teknologi yang kita rasakan saat ini artinya kita harus mampu memanfaatkan produk-produk kemajuan dalam literasi digital.

Kemajuan era modern seperti sekarang yang kita hadapi adalah solusi sekaligus masalah, artinya ini semua akan menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Budaya konsumtif dan teknologisasi yang sangat riskan membuat mahasiswa menjadi apatis, dan menginginkan segala sesuatu secara instan. Hal ini sungguh sangatlah tidak relevan dengan kita sebagai agen perubahan tentu kita harus mampu mengaktulisasikan diri kita dalam kemajuan literasi digital saat ini dengan penuh nilai-nilai positif.

Berdirinya mall-mall besar di sekitar kampus menjadi potret tantangan sendiri, bagi dunia mahasiswa. Pasalnya, pengaruh untuk menjadi mahasiswa yang konsumtif sudah pasti lebih besar. Sebagai, kaum intelektual yang hidup di abad modern, sekarang tentu mahasiswa menghadapi dua beban gandapertama ia harus mawas diri memposisikan perannya dalam era teknologisasi. Tekanan untuk tidak berperilaku konmsutif hedon dan sederet perilaku berlebihan lainnya sangat riskan, artinya instanisasi perilaku, baik secara pribadi ataupun sosial yang menggoda iman dan intelektual tersebut sehingga ini menjadi suatu problem yang harus kita hindari dalam arah masa depan literasi digital.

Arah Masa Depan Literasi Digital

Kita yang saat ini yang hidup di zaman modern yang berstatus sebagai mahasiswa harus menjadi tauladan yang baik bagi generasi-generasi selanjutnya artinya yang mereka nanti butuhkan bukan hanya sekedar konsep, sekedar harapan tanpa tindak nyata. Yang generasi selanjutnya butuhkan adalah keteladan atau contoh yang baik bagi mereka, dan ini akan menjadi tanggung jawab besar kepada kita agar kita menjadi contoh yang baik serta mampu memberikan nilai-nilai positif kepada generasi selanjutnya dalam menggunakan literasi digital yang akan terus maju juga berkembang.

Dengan literasi digital kita menyiapkan generasi muda agar menggunakan internet dengan baik, aman dan bebas dari misinformasi dan kita harus mampu memerangi berita hoax yang mengakibatkan perpecahan untuk bangsa Indonesia. Dengan literasi digital kita harus mampu memanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan positif dengan meningkatkan produktivitas mendorong kegiatan-kegiatan sosial, meningkatkan gerakan kepedulian dengan teknologi digital.

Hari ini kita di tuntut untuk cakap digital dengan mengikuti arus zaman yang modern yang penuh dengan teknologi digital saat ini. Kita harus mampu beradaptasi dengan literasi digital, semakin kita mampu untuk cakap digital semakin kita tau manfaat dari literasi digital. Dengan cakap digital kita akan menggunakan internet dengan sebaik mungkin mulai dari membuat konten yang bermanfaat sampai menjadi pembisnis online yang hebat dan handal dengan kemajuan teknologi digital saat ini.

Ada empat dasar literasi digital yang harus kita pahami saat ini yaitu keamanaan digital, keterampilan digital, etika digital, dan budaya digital. Melalui empat pilar digital itu di harapkan kita akan menghasilkan talenta-talenta digital yang unggul yang mampu membuat kemajuan untuk Indonesia dengan cakap digital.

Mari kita manfaatkan aplikasi digital yang hadir saat ini seperti Youtube, Google, Facebook dll. Untuk mampu memberikan kita edukasi yang baik yang mampu membangun bangsa Indonesia dan kita mampu menyebarkan informasi yang baik, akurat dan terpercaya.

Kita sebagai mahasiswa tentu memiliki pr penting dalam menghadapi perkembangan teknologi literas digital di era globalisasi saat ini, apalagi tingkat pelajar di indonesia merupakan pengguna teknologi tertinggi di dunia, yang dimana yang kita takutkan adalah perkembangan teknologi menjadi dampak buruk untuk anak-anak generasi penerus bangsa. Sehingga kita harus bisa mencegah dampak buruk dari perkembangan teknologi agar generasi penerus bangsa bisa menggunakan teknologi digital dengan baik.

Teknologi akan terus berkembang mengikuti zaman dan kita tentu tidak boleh gagap dalam menggunakan teknologi itu sendiri, kita harus mengikuti arus zaman yang sekarang sedang kita rasakan saat ini dengan catatan kita harus bisa menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya agar teknologi menjadi hal yang positif dan bermanfaat untuk kita semua. Mari kita manfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini untuk kemajuan di negeri kita sehingga perkembangan teknologi bisa menjadi momentum yang baik untuk Indonesia, saatnya kita gunakan teknologi dengan bijak dan bermanfaat untuk Indonesia hebat.

Oleh: Wildan Mutaqin

Mahasiswa Administrasi Publik

Kader IMM FISIP UMJ

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Intelektual Muda Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image