Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wildan Mutaqin Wildan

Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi

Info Terkini | Friday, 03 Sep 2021, 13:23 WIB
Covid 19 sumber: Pixabay

Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan Cina, virus ini tersebar di berbagai negara salah satunya adalah Indonesia, sudah satu tahun lebih covid-19 menjarah di negeri ini dan juga menjadi bencana serius di Indonesia, sehingga dengan adanya covid-19 ini kehidupan di negeri ini berubah total, mulai dari harus memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Sudah kita ketahui sampai saat ini covid-19 di Indonesia belum bisa dihentikan penyebaranya, sehingga menjadi permasalahan sangat besar untuk negeri ini. Apalagi dampak yang terjadi karena covid-19 ini adalah kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Sehingga ini menjadi permasalah yang harus segera diselesaikan. Pemerintah serta elemen masyarakat juga memiliki peran penting untuk segera menyelesaikan bencana covid-19. Pemerintah sebagai pengelola atau ujung tombak negeri ini harus bisa sigap dan segera mencari solusi yang tepat untuk segera menghentikan bencana covid-19 di Indonesia

Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi Dalam Perspektif Teknologi.

Pandemi covid-19 telah merubah kehidupan kita secara drastis dan covid-19 telah menjadi bencana nasional bagi Indonesia sehingga ini menjadi permasalahan khususnya untuk kesejahtraan Indonesia.

Saat ini kita berada pada zaman industri 4.0 dimana semua aktivitas kita lakukan dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih dan juga memberikan kemudahan dalam melaksanakan kehidupan mulai mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah maupun berbelanja dengan media online dengan mudah, cepat, dan murah. Teknologi digital yang hadir hari ini harus mampu kita manfaatkan dengan sebaik mungkin dan harus mampu untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat Indonesia apa lagi kita sekarang sedang mengahadapi krisis ekonomi karena pandemi covid-19.

Mau tidak mau suka tidak suka hari ini kita yang sedang di benturkan oleh kenyataan yang tidak bisa kita hindari karena pandemi covid-19. Peningkatan teknologipun meningkat karena kita dipaksa hidup dan beradaptasai dengan teknologi mulai dari dunia pendidikan sampai dengan dunia perusahaan.

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital saat ini khususnya di Indonesia kita harus segera mengambil momentum yang sangat bagus ini untuk meningkatkan kesejahtraan kita di masa pandemi.

Teknologi sudah menjadi bagian dari hidup kita yang sudah tidak bisa di pisahkan saat ini sehingga pasar digital menjadi menarik untuk kita mendaptkan penghasilan selain banyak di gunakan oleh manusia teknologi juga membuat kita gampang dalam membuat usaha online mulai dari makana, pakaian sampai dengan kebutuhan keluarga sehingga ini menjadi momentum yang bagus untuk kita menjaga dan mampu bertahaan dalam kondisi seperti ini. Jika kita mampu menggunakan teknologi digital saat ini dan kita paham bagaimana menggunakan pasar digital niscaya ini merupakan peluang besar yang bisa digunakan untuk menghindari Indonesia dari permasalahan kesejahteraan sosial dan akan menjadi bagian dari solusi untuk menjaga kesejahtraan rakyat Indonesia.

Mengutip data we are social-Hootsuite, per januari 2021 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia sebanyak 274,9 juta atau setara 202,6 juta pengguna sehingga pasar digital akan menjadi solusi bukan hanya di masa pandemi saja tapi akan menjadi solusi hingga seterusnya dan diharapkan mampu untuk mengurangi tingkat penganguran yang ada di Indonesia dan mampu meningkatkan kesejahtraan untuk Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna teknologi terbanyak di dunia.

Jika hari ini kita mampu untuk berjualan secara online pada saat masa pandemi, dan juga sudah banyak tokoh-tokoh online yang sudah di sediakan mulai dari Shoope, Toko Pedia, Lazada dll. Hanya tinggal kitanya saja mau atau tidak untuk memanfaatkanya untuk menggunakan dan memulai usaha online. Usaha-usaha yang sudah kita bangun sebelum masa pandemi jangan sampai pada saat masa pandemi terhenti begitu saja, bukankah setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, sehingga ini harus menjadi catatan serius bagi kita semua untuk segera mencari solusi yang tepat agar usaha kita bisa terus kita jual meskipun kita sekarang sedang berada di masa pandemi salah satu solusinya adalah membuka toko online. Teknologi yang saat ini hadir harus menjadi momentum yang baik untuk kita menjaga ekonomi yang tetap stabil dan kita mampu bersehabat dengan teknologi digital saat ini sehingga covid-19 bukan menjadi hambatan bagi kita untuk tetap menjaga kesejahteraan masyarakat tetapi kita mampu mencari solusi walaupun sedang dalam masa pandemi seperti ini. Kita percaya bahwa teknologi mampu memberikan manfaat yang begitu besar untuk kita semua jika kita mampu menggunaka teknologi dengan sebaik mungkin.

Strategi Peningkatan Kesejahteeraan Masyarakat di Masa Pandemi Dalam Perspektif Sosial

Pandemi covid-19 sudah menjadi permasalahan khususnya kesejahteraan sosial yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sehingga jika ini terus berlarut panjang maka akan menjadi dampak negative terhadap negara Indonesia dan besar kemungkinan akan menambah jumlah kasus kemiskinan di Indonesia.

Idividu atau perseorangan, keluarga, kelompok, dan atau masyarakat dapat menjdi potensi dan sumber kesejahteraan sosial karena dapat berperan serta untuk menjaga, menciptakan, mendukung, dan memperkuat penyelenggaraan kesejahteraan sosial

Pembangunan kesejahteraan sosial didefinisikan sebagai pendekatan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan modal ekonomi manusia, kemasyarakatan, dan perlindungan secara terintegrasi dan berkesinambungan.

1. Kerjasama antara Pemerintah dan Masyarakat

Masyarakat dan pemerintah tidak mungkin bisa di pisahkan keberadaanya, karena tidak akan ada pemerintah jika tidak ada masyarakat begitupun sebaliknya, sehingga masyarakat dan pemerintah sangat memiliki peran penting untuk terus menjaga kesejahteraan sehingga kita harus menggerakan semua stakeholder yang ada di negeri ini apalagi di masa pandemi seperti ini kita harus mampu bekerjasama dengan baik untuk menumpas pandemi covid-19 ini agar Indonesia segera bangkit dan pulih sehingga kita semua bisa kembali hidup normal seperti sebelumnya dan mari kita bergerak bersama untuk memulihkan apa yang menjadi persoalan yang belum terselesaikan karena pandemi covid-19 terutama dari sektor ekonomi karena dengan ekonomi yang tumbuh dengan baik akan menciptakan kesejahteraan bagi kita dan keluarga serta dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan. Pertumbuhan ekonomi merupakan sarana untuk mencapai kesejahteraan paling utama dalam masyarakat sehingga kita harus mampu bekerjasama dengan baik agar pandemi covid-19 ini berakhir. Jika negara-negara lain mampu untuk bangkit dan melewati masa pandemi covid-19 ini dengan baik maka kita pun harus mampu serta belajar dari negara lain bagaimana penanganan yang baik dalam upaya untuk mengilangkan pandemi covid-19.

2. Pengembangan Masyarakat

Dimasa pandemi seperti ini kita memiliki tantangan tersendiri untuk mampu memberikan pengembangan kepada masyarakat sehingga lembaga yang memiliki peran sangat penting ini adalah Desa/Kelurahan karena kita bisa memulai dari ruang lingkup terkecil untuk mampu mengembangkan potensi masyarakat kita. Desa yang memiliki lahan pertanian luas mari kita maksimalkan untuk menjaga pangan kita tetap stabil dengan dukungan oleh aparat Desa atau Kelurahan. Desa/Kelurahan yang memiliki lautan yang besar kita dukung nelayan untuk penangkap ikan dengan maksimal. Serta semua Desa yang ada di Indonesia yang memiliki sumber penghasilan harus kita dukung dengan semakasimal mungkin agar kesejahteraan terhadap masyarakat Desa minimal bisa tetap stabil. Setelah ruang lingkup kecil Desa atau Keluarahan sukses untuk memberikan pengembangan terhadap masyarakatnya maka selanjutnya kita minta dukunga dari pemerintah pemkab, kota maupun provinsi sehingga ini akan menjadi solusi yang baik untuk terus meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat. jika semua stakeholder mampu kita ajak kerjasama sehingga membentuk suatu keinginan yang kolektif pasti Indonesia mampu untuk segera menyelesaikan masalah pandemi covid-19. Serta kita harus pintar-pintar untuk mencari peluang yang mampu menjaga kesetabilan terhadap kesejahtraan masyarakat apalagi di masa pandemi ini kita dituntut untuk bisa memakasimalkan potensi yang kita memiliki sehingga dengan begitu kita bisa menjaga kesejahteraan kita.

Dalam upaya tersebut kita juga harus mampu menghindari budaya-budaya konsumtif membeli dan mengkonsumsi barang-barang tanpa batas dan pertimbangan yang rasional ataupun mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan. Sehingga jika kita mampu menimalisir pengeluaran yang kurang kita butuhkan setidaknya kita sedang menjaga keadaan ekonomi kita tetap stabil. Karena sudah kita ketahui bahwa pandemi covid-19 ini mempengaruhi semua lini kehidupan dan berdampak terhadap semuanya, jadi kita harus pintar-pintar melihat peluang dan juga harus mengilangkan budaya konsumtif yang berdampak buruk apa lagi di masa pandemi ini.

Serta dengan kemajuan teknologi saat ini bisa membantu kita dalam menghadapi persoalan-persoalan yang cukup serius salah satunya adalah di masa pandemi ini jika kita mampu menggunakan teknologi dengan baik saat ini, sudah di pastikan kita akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita melalui teknologi digital dengan produk-produk yang bisa kita manfaatkan.

Oleh: Wildan Mutaqin

Mahasiswa Administrasi Publik

Kader IMM FISIP UMJ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image