Panorama Indah Jembatan Kretek Bantul

Image
Sutanto
Wisata | Saturday, 28 Aug 2021, 23:42 WIB

Wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Pantai Parangtritis, Depok, Parangkusumo, Parangendog, Gumuk Pasir biasanya akan melewati jembatan yang sangat eksotik yakni Jembatan Kretek, yang terletak di atas Sungai Opak, sekitar 500meter sebelum masuk TPR Parangtritis.

Desain jembatan yang diselubungi oleh besi dengan pola tersebut sangat layak diabadikan, terlebih dengan latar belakang sungai saat airnya jerrnih.

Teknik pengambilan angle sangat menentukan terhadap keindahan foto yang dihasilkan. Biasanya pengambilan gambar dilakukan dari sisi utara atau justru dari arah timur di bibir sungai. Sebenarnya mau diambil dari sisi manapun jembatan ini tetap terlihat keren.

Untuk mengambil gambar jembatan dari sisi utara, agar tidak mencelakai diri sendiri harus ekstra hati-hati, karena lalulintas yang cukup padat. Ada beberapa kejadian saking asyik mengambil gambar tersenggol kendaraan yang lewat. Jadi paling aman mengambil gambar di tepi jalan saja agar bisa tenang tidak merasa was-was. Kalau mau menampilkan kokohnya jembatan berpadu dengan indahnya alam serta pesona sungai, kita bisa turun ke sisi timur jembatan. Di situ akan lebih leluasa mengambil foto jembatan dari beberapa Sudut.

Saat ini di sisi timur jembatan sedang dikembangkan Wisata Air Tirta Opak yang dirintis warga Gadingharjo, Donotirto, Kretek. Rupanya warga seputar sungai melihat banyak orang yang sering mengambil gambar jembatan di sisi timur, pinggir sungai.

Peluang ini kemudian dimanfaat warga untuk merintis wahana ini. Jadi selain mengambil gambar, pengunjung sekalian bisa menikmati indahnya pemandangan di bawah jembatan dengan menggunakan beberapa perahu tentu saja dengan harga terjangkau.

Pada hari tertentu pengunjung bisa melihat para atlit dayung berlatih di tempat itu.

Jembatan Kretek selain sebagai obyek foto yang menarik tentu saja memiliki fungsi utama sebagai sarana transportasi juga sebagai penghubung antara daerah selatan opak seperti Kretek, Sono, Samiran, Bungkus, Depok dan daerah utara sungai seperti Glondong, Gadingharjo, Mersan.

Salahsatu warga Mersan, Sri Asih menuturkan bahwa sebelum tahun 1994 saat Jembatan Kretek belum ada, warga selatan opak harus melewati jembatan bambu dan perahu gethek kalau ingin menyeberang ke utara opak. Saat itu dirinya masih tinggal di Depok dan sekolah di SPGN Bantul, bila berangkat sekolah harus menyeberang sungai melalui jalur utama Kretek-Glondong. Alternatif penyeberangan ada di Mersan dan Jelapan.

Dia masih ingat, pernah saat mau pergi sekolah namun sungai banjir, jadi terpaksa tak berani berangkat. Kemudian dia memutuskan kost agar bisa masuk sekolah dengan tertib.

Jadi dengan adanya jembatan tersebut sarana transportasi lancar, tidak ada kendala lagi, termasuk akses ke wisata pantai makin lancar, otomatis ekonomi warga sekitar pantai meningkat.

Letaknya yang tak jauh dari pantai membuat panorama di atas jembatan ini semakin indah di sore hari. Semburat langit berwarna merah membuat latar pemandangan untuk foto makin terlihat cantik. Saat senja menjelang, di sekitar jembatan ada makanan khas berupa serabi gurih/ serabi kocor dan serabi manis. Jadi sembari ambil gambar jembatan yang indah, bisa menikmati jajanan khas pinggir sungai opak. Tunggu apalagi, mampir yuk!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Celep RT.07 DK.02 Srigading Sanden Bantul DIY

Guru Harus Terus Belajar

Jathilan, Ikon Dusun Ceme

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Twibbon Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2022

Image

Link Download YouTube Go Apk Versi Lama v3.18.51

Image

Viral, Foto Petugas Keamanan Stasiun Bantu Pengguna KRL yang Menggunakan Kursi Roda

Image

Begini Sistem Ekonomi Islam dalam Menghadapi Krisis

Image

Konstelasi Politik Kelembagaan Mahasiswa

Image

Urgensi Menjaga Akidah di Sistem Sekuler

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image