Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alexander

Dapat Menjadi Ide Bisnis, Simak Beberapa Kerajinan Tangan yang Laku di Luar Negeri

Bisnis | Tuesday, 10 May 2022, 07:40 WIB

Produk kerajinan tangan Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyaknya produk yang laku di luar negeri atau go internasional, sebut saja batik, wayang, hingga anyaman bambu.

Nilai estetika dan filosofi yang terkandung di dalamnya membuat produk kerajinan tangan dari Indonesia menjadi daya tarik di luar negeri, juga menjadi ide bisnis untuk Anda yang ingin mecari ide bisnis.

Produk Kerajinan Tangan Indonesia yang Laku di Luar Negeri

Selain batik, wayang dan anyaman bambu, masih terdapat produk kerajinan tangan lain yang juga go internasional, apa saja produk kerajinan tangan tersebut? simak ulasannya berikut.

- Wayang

Produk kerajinan tangan yang laku di luar negeri yang pertama adalah wayang.

Selain menjadi produk kerajinan tangan, Wayang juga merupakan kesenian yang sangat kental dengan tradisi dan kebudayaan dari pulau Jawa dan juga Bali.

Unsur kesenian, tradisi dan kebudayaan yang terkandung di dalamnya membuat Wayang menjadi produk kerajinan tangan yang laris dimata wisatawan mancanegara.

- Kain Batik

Produk kerajinan tangan berikutnya adalah kain batik, dapat dikatakan produk kerajinan tangan kain batik tidak hanya laku di luar negeri namun juga paling populer dan paling banyak peminat diantara produk kerajinan tangan lainnya.

Kepopuleran kain batik di mancanegara dapat dilihat dari orang penting dan artis luar negeri yang menggunakannya, seperti Nelson Mandela, Barack Obama, Paris Hilton, Jessica Alba dan masih banyak lagi.

Baca selengkapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image