AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAF
Eduaksi | 2021-08-22 22:17:37Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berusaha untuk memahami bagaimana peserta didik belajar dan bagaimana informasi yang dapat diperoleh dapat diproses dalam pikiran peserta didik sehingga menjadi milik peserta didik serta bertahan lama dalam pikiran peserta didik. Perlu disadari bahwa peserta didik merupakan aset bangsa yang sangat berharga. Oleh karena itu, perlu diupayakan penerapan iklim belajar yang dapat menbentuk peserta didik yang kreatif, inovatif, dan berkeinginan maju melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi.
Pembelajaran geografi merupakan pembelajaran tentang bumi beserta aspek- aspek yang ada di dalamnya baik kelingkungan, kewilayahan, dan dalam konteks keruangan. Jadi dalam belajar geografi siswa tidak hanya dituntut belajar di dalam kelas saja tetapi juga di luar kelas (outdoor) karena dengan pembelajaran di luar kelas siswa secara langsung dapat berhubungan dengan objek-objek geografi. karena pada dasarnya bumi dan segala sesuatu yang ada di dalamnya merupakan objek-objek geografi.
Aktivitas merupakan suatu kegiatan atau tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang. Aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran dinamakan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar di sekolah bisa berlangsung di kelas maupun di luar kelas. Aktivitas belajar siswa di luar kelas atau outdoor study dapat membentuk jiwa kritis siswa dan menambah pengalaman belajar siswa karena dalam pembelajaran outdoor study siswa langsung berhubungan dengan objek belajar yang nyata. Selain itu pembelajaran outdoor study dapat menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar, lebih berkonsentrasi pada materi, membuat daya pikir siswa lebih berkembang, suasana belajar akan lebih nyaman, siswa lebih dapat memahami materi pelajaran, siswa lebih berani mengemukakan pendapat dan membuat siswa lebih aktif. Oleh karena itu untuk meningkatkan keaktivan siswa dalam belajar geografi perlu diterapkan pembelajaran outdoor study.
Pembelajaran outdoor study sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang telah diajarkan di kelas. Murid diajak ke sebuah tempat yang mampu mewakili materi yang sedang diajarkan. Misalnya ke perkebunan, sungai, danau, pasar, pantai, sawah, pegunungan, dan lain-lain. Di tempat tersebut siswa dapat melihat dan menemukan hal-hal baru. Guru sebagai fasilitator dapat memberikan wrokshet kepada siswa untuk melatih tanggungjawabnya. Guru hendaknya membuat agenda untuk kegiatan di sana. Sehingga siswa terarah dan mudah untuk dikondisikan. Siswa diusahakan terjun langsung berhubungan dengan objek outdoor study, hal ini akan semakin mempermudah siswa dalam belajar. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan kegiatan outdoor study, antara lain:
1. Keamanan murid, keamanan menjadi salah satu faktor yang sangat penting sebelum melakukan kegiatan outdoor study. Guru sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu ke objek outdoor study. Objek outdoor study harus disesuaikan dengan tingkatan siswa.
2. Waktu, penggunaan waktu perlu diperhatikan. Guru hendaknya membuat agenda apa saja yang dapat dilaksanakan di objek outdoor study tersebut.
3. Objek, hal ini harus disesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan ke siswa.
Jangan sampai objeknya bertentangan dengan materi yang ada
4. Penugasan, diperbanyak dalam aspek praktek langsung di lapangan. Sehingga siswa akan semakin senang dalam kegiatan outdoor study.
Pembelajaran outdoor study ini selain memprioritaskan pada pengamatan dalam pembelajaran tersebut juga melatih kerja sama dalam kelompok sehingga dapat mencegah tibulnya agresifitas dalam sistem kompetisi dan keterasingan dalam individu tanpa mengorbankan aspek kognitif. Dengan adanya kerjasama, bagi siswa yang merasa mampu akan memberikan masukan yang berarti bagi teman kelompoknya pada saat melakukan diskusi maupun mengemukakan pendapat.
Keberhasilan yang tercapai karena hubungan antar personal yang saling mendukung, saling membantu dan peduli di samping itu siswa mempunyai keterampilan berfikir kritis dan kerjasama, hubungan antara pribadi yang positif dari latar belakang yang berbeda, menerapkan bimbingan antar teman, dan tercipta lingkungan yang menghargai nilai-nilai ilmiah yang dapat membangun motivasi belajar pada siswa.
Pada masapandemi dengan sistem pembelajaran daring, outdoor study bisa menjadi alternatif strategi pembelajaran, dengan melibatkan peserta didik untuk melakukan aktifitas di sekitar lingkungan terdekat yang disesuaikan dengan tema atau materi belajar. Hal ini untuk menganekaragamkan kegiatan pembelajaran selain dengan metode daring. Sehingga anak didik lebih cepat memahami materiyang disampaikan oleh guru. Tentunya dengan tetap menjaga Prosedur Kesehatan
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.