Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image News Crowde

Cek! 2 CROWDE Review dari Petani yang Mendapat Manfaat Yang Lebih Baik

Info Terkini | Monday, 09 May 2022, 14:32 WIB
Source : Freepik

Pengin pergi ke luar angkasa, menjelajah antariksa, hingga tiba di Mars, mungkin impian yang terlalu muluk. Tapi, kami hanya punya cita-cita sederhana, kok, yaitu ingin mengembalikan senyum petani Indonesia. Apakah cita-cita tersebut sudah berhasil terwujud? Ya, meski memang belum sempurna, tapi kami terus berproses untuk bisa mencapai ke sana. Berikut review dari para mitra petani yang merasa telah memperoleh manfaat dari apa yang kami lakukan hingga saat ini. Yuk, sama-sama kita cari tau!

Review: Entaskan masalah permodalan yang menghambat usaha tani

Pak Budi adalah mitra petani kami yang memiliki lahan garapan seluas 2.500 m2. Dia mengaku, saat menjalankan usaha pertanian tentu tidak selamanya mudah. Berbagai hambatan juga ia temukan, salah satunya masalah permodalan. Usaha pertanian membutuhkan modal awal yang nggak sedikit. Itu mengapa, jika tidak ada modal, usaha pertaniannya pun terpaksa mandeg. .

Sebut saja, untuk budidaya sayuran seperti labu siam, petani membutuhkan modal awal sekitar Rp10 juta. Nah, mereka mau pinjam ke bank tanpa jaminan apa-apa, pasti akan sulit. Ditambah, mereka tak bisa mencicil pembayaran tiap bulan karena petani baru akan memperoleh pendapatan setelah masa panen. Pinjam ke tengkulak pun tidak membantu. Misal butuhnya Rp10 juta, cuma dapatnya Rp1 juta – kan, kurang.

Itu kenapa, Pak Budi merasa sangat terbantu karena kami memberi akses permodalan. Dia tidak perlu lagi bingung memikirkan soal modal usaha untuk memulai budidayanya. Apalagi kami juga memberikan akses pasar dengan harga jual hasil panen yang lebih stabil.

“Di crowde untungnya semua sudah full ditanggung dari awal hingga akhir. Semua sudah tersedia, mulai dari permodalan untuk pemupukan, obat, bibit, biaya tenaga kerja, sampai proses pemasarannya juga ditanggung, jadi saya cuma tinggal fokus jalanin budidaya aja”, ungkap Pak Budi.

Harga jual lebih pasti, keuntungan petani jadi maksimal

Ada lagi mitra petani crowde, Pak Nunu (nama alias). Dia membudidayakan komoditas cabai merah besar yang juga pernah mengalami kerugian akibat harga jual pasar terlalu fluktuatif. Tapi, sejak dia bergabung, dia merasa lebih tenang karena mendapat kepastian harga pasar beserta aksesnya (tempat menjual hasil panen).

“Bagusnya kami bisa memberikan akses pasar yang jelas. Jadi, meskipun saya belum panen, saya sudah mendapat kepastian kemana nantinya hasil panen akan dijual atau dipasarkan. Jadi, nggak perlu khawatir lagi”, ungkap Pak Nunu.

Dia juga menambahkan, kalau dulu dia hanya bisa menjual hasil panennya di pasar lokal. Sehingga keuntungan yang diperoleh pun jadi nggak maksimal.

“Kalau dulu, hasil panen cuma dijual ke pasar lokal sini, tapi itupun harga jualnya cenderung naik-turun. Jadi, pemasukan juga nggak menentu”, tambahnya.

Tapi di crowde, hasil panennya bisa dijual ke luar daerah, bahkan pabrik (industri pengolahan), sehingga harga jualnya lebih terjamin. Mitra petani pun bisa mendapat keuntungan maksimal.

Sumber Artikel Lengkap Bisa Cek : https://blog.crowde.co/crowde-review-petani/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image