Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lin Lin

Mahasiswa KKN Undip Dorong Pengetahuan Global Siswa di Desa

Eduaksi | Monday, 09 Aug 2021, 12:56 WIB
(dari kiri ke kanan) Luthfi Nur Anggriyanti dan Adinda Nur Khofifah merupakan salah satu pelajar di Desa Banyubiru yang menjadi peserta webinar Pembagian Wilayah Dunia Internasional oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip – Dokumentasi Pribadi

Banyubiru, Kabupaten Semarang – KKN Tim II Universitas Diponegoro mengedukasi para pelajar Desa Banyubiru dalam upaya peningkatan wawasan terkait pembagian wilayah dunia internasional. Kegiatan edukasi ini berlangsung pada 25 Juli 2021 yang lalu melalui webinar secara online melalui zoom meeting.

Acara yang bertajuk “Pengenalan terhadap Pembagian Dunia Internasional melalui Metode Peta Dunia dalam Game Mix and Match Puzzle sebagai Media Pembelajaran Anak-Anak” menyasar kepada para pelajar di Desa Banyubiru. Acara tersebut diikuti oleh sejumlah pelajar dari Desa Banyubiru yang termasuk siswa-siswi SMP dan SMA, yaitu SMAN 1 Ambarawa, SMA Kartika III-1 Banyubiru, dan SMPN 1 Banyubiru.

Mahasiswa KKN Tim II Undip Anissa Rosalin Anindhita yang merupakan mahasiswa dari Departemen Hubungan Internasional FISIP Undip mengatakan, bahwa pelajar di Desa Banyubiru itu memiliki potensi untuk belajar yang tinggi ditengah pandemi. Walaupun situasi yang tengah sulit untuk menimba ilmu, tapi tidak sama sekali menurunkan semangatnya dalam belajar. Oleh karena itu, pemberian materi terhadap pengenalan wilayah dunia Internasional melalui Peta Dunia dengan bermain Game Mix and Match Puzzle akan menambah semangat sekaligus meningkatkan wawasan kepada pelajar Desa Banyubiru.

Wawasan Internasional sangat perlu dimiliki oleh setiap pelajar karena bisa menjadi bekal dikemudian hari jika akan melajutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, meningkatkan pengetahuan umum, dan juga bisa digunakan saat berkontribusi untuk ajang Internasional.

(dari kiri ke kanan) Rheyhan Bayu, Anissa Rosalin, dan Zahra Kholifatun saat pemberian Game Puzzle Peta Benua Asia dan Benua Amerika di Desa Banyubiru – Dokumentasi Pribadi

Pelaksanaan Webinar ini diawali dengan tanya jawab kepada adik-adik guna untuk mengetahui seberapa luas pengetahuan terkait pembagian wilayah dunia Internasional kemudian dilanjutkan pemaparan materi terkait Pembagian Wilayah Dunia Internasional yang terbagia menjadi 6 Benua serta Pemaparan materi terkait Bendera masing-masing Negara dengan Presentasi melalui zoom meeting yang dihadiri pula oleh Dosen Pembimbing Lapangan yakni Bapak Agus Naryoso, S.Sos., M.Si. Kegiatan tersebut sangat interaktif yang mana adik-adik peserta nampak antusias dan semangat dalam tanya jawab pada acara webinar tersebut. Acara tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama kemudian pembagian PPT kepada adik-adik sebagai media untuk belajar di rumah melalui Whatsapp.

#DesaBanyubiru

#KKNTimIIUndip

#p2kkn #lppm

Penulis: Anissa Rosalin Anindhita

DPL: Agus Naryoso, S.Sos., M.Si

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image