Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lin Lin

Memperkenalkan Self-development Kepada Anak – anak Sejak Dini

Eduaksi | Monday, 09 Aug 2021, 07:39 WIB

Banyubiru, Kabupaten Semarang (3/8). Program KKN undip tahun 2020/2021 kali ini selain tema yang membahas mengenai pandemi covid-19, tema kedua yang diangkat mengenai Sustainable Development Goals (SDGs). Di tema kedua ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, yang merupakan bagian dari Tim II KKN undip, mengangkat SDGs No. 4 yaitu Pendidikan berkualitas dengan menggunakan media buku cerita bertemakan self-development. Program ini diadakan pada hari Selasa 3 Agustus 2021 dengan bertempat di TPA Nurul Huda, Desa Banyubiru, Kab. Semarang. Program ini dilakukan agar anak – anak di Desa Banyubiru dapat meningkatkan kemampuan literasinya saat masa pandemi dimana tingkat literasi mulai menurun karena anak – anak lebih sering menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, dibandingkan dengan membaca.

Dalam pembuatan program yang bertemakan SDGs No. 4 ini, mahasiswa melakukan survei terlebih dahulu di daerah setempat dengan melakukan observasi, wawancara, serta berinteraksi terkait bagaimana kehidupan anak – anak ketika masa pandemi ini. Mahasiswa melihat bahwa anak – anak terlihat lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain gadget, ketimbang untuk membaca. Apalagi, kegiatan belajar mengajar yang diadakan secara online yang membuat kondisi literasi anak – anak semakin berkurang di masa ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, mahasiswa berinisiatif untuk membuat buku cerita anak – anak yang bertemakan self-development. Buku cerita yang dibuat ini ditulis secara menarik serta mudah dibaca sehingga bisa dipahami oleh anak – anak. Selain itu, tema self-development di buku cerita ini diangkat agar anak – anak selain dapat meningkatkan minat literasi mereka juga mempelajari pentingnya pengembangan diri sejak dini.

Program SDGs No. 4 mengenai Pendidikan berkualitas dibawakan di TPA Nurul Huda dengan total anak – anak yang hadir pada program ini 17 anak. Mahasiswa membagikan buku cerita ini dimana anak – anak membaca di tempat serta mahasiswa membimbing anak – anak yang tidak dapat membaca. Pada program tersebut, anak – anak terlihat bersemangat untuk dapat membaca buku cerita tersebut. Selain itu, terdapat kegiatan lain pada program tersebut dengan pembukaan acara dimulai dengan bermain kuis agar anak – anak bersemangat. Program ini ditutup dengan foto bersama serta mahasiswa berterima kasih kepada pengelola TPA, Bu Tari, karena dapat melaksanakan program kegiatan di tempat tersebut.

Informasi lebih lanjut:

Tatalaksana Ramadhani Harianto

Tim II KKN Universitas Diponegoro 2020/2021

[email protected]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image