Memperkenalkan Self-development Kepada Anak – anak Sejak Dini

Image
Lin Lin
Eduaksi | Monday, 09 Aug 2021, 07:39 WIB

Banyubiru, Kabupaten Semarang (3/8). Program KKN undip tahun 2020/2021 kali ini selain tema yang membahas mengenai pandemi covid-19, tema kedua yang diangkat mengenai Sustainable Development Goals (SDGs). Di tema kedua ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, yang merupakan bagian dari Tim II KKN undip, mengangkat SDGs No. 4 yaitu Pendidikan berkualitas dengan menggunakan media buku cerita bertemakan self-development. Program ini diadakan pada hari Selasa 3 Agustus 2021 dengan bertempat di TPA Nurul Huda, Desa Banyubiru, Kab. Semarang. Program ini dilakukan agar anak – anak di Desa Banyubiru dapat meningkatkan kemampuan literasinya saat masa pandemi dimana tingkat literasi mulai menurun karena anak – anak lebih sering menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, dibandingkan dengan membaca.

Dalam pembuatan program yang bertemakan SDGs No. 4 ini, mahasiswa melakukan survei terlebih dahulu di daerah setempat dengan melakukan observasi, wawancara, serta berinteraksi terkait bagaimana kehidupan anak – anak ketika masa pandemi ini. Mahasiswa melihat bahwa anak – anak terlihat lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain gadget, ketimbang untuk membaca. Apalagi, kegiatan belajar mengajar yang diadakan secara online yang membuat kondisi literasi anak – anak semakin berkurang di masa ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, mahasiswa berinisiatif untuk membuat buku cerita anak – anak yang bertemakan self-development. Buku cerita yang dibuat ini ditulis secara menarik serta mudah dibaca sehingga bisa dipahami oleh anak – anak. Selain itu, tema self-development di buku cerita ini diangkat agar anak – anak selain dapat meningkatkan minat literasi mereka juga mempelajari pentingnya pengembangan diri sejak dini.

Program SDGs No. 4 mengenai Pendidikan berkualitas dibawakan di TPA Nurul Huda dengan total anak – anak yang hadir pada program ini 17 anak. Mahasiswa membagikan buku cerita ini dimana anak – anak membaca di tempat serta mahasiswa membimbing anak – anak yang tidak dapat membaca. Pada program tersebut, anak – anak terlihat bersemangat untuk dapat membaca buku cerita tersebut. Selain itu, terdapat kegiatan lain pada program tersebut dengan pembukaan acara dimulai dengan bermain kuis agar anak – anak bersemangat. Program ini ditutup dengan foto bersama serta mahasiswa berterima kasih kepada pengelola TPA, Bu Tari, karena dapat melaksanakan program kegiatan di tempat tersebut.

Informasi lebih lanjut:

Tatalaksana Ramadhani Harianto

Tim II KKN Universitas Diponegoro 2020/2021

tatalaksanah@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game GTA SA Lite Versi Update yang Lebih Ringan

Image

3 Tip Anti Boncos dalam Investasi Saham

Image

Dosen dan Tenaga Pendidik Universitas Trisakti Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

Image

hanya tulisan yang dapat mewakili ...

Image

Islam dan Keberdayaan Finansial Wanita Muslimah

Image

GB WhatsApp Pro Apk Full Fitur Premium Tanpa Iklan + Cara Download yang Benar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image