Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Sukses Investasi Saham dengan Fitur Robo Trading

Bisnis | Friday, 06 Aug 2021, 13:15 WIB

Sukses investasi saham itu pada dasarnya tak melulu pada skill mendulang cuan dengan pilihan saham terbaiknya, tetapi juga kemampuan meminimalkan kerugian. Apa artinya cuan banyak pada saham tertentu, tapi pada saat yang sama rugi besar untuk saham yang lain karena tidak bisa meminimalkan kerugian?

Memang sih, untung dan rugi itu hal lumrah dalam investasi saham. Investasi saham itu kalau nggak untung, ya rugi, demikian kelakar beberapa orang yang terjun ke pasar saham. Namun satu hal yang tak banyak diperhatian investor yakni fakta kalau kerugian itu sebenarnya bisa diminimalkan secara cerdas.

Investasi atau trading saham memang harapannya mendatangkan cuan besar, namun harapan ini diyakini tak akan berlaku untuk setiap transaksi saham yang dilakukan. Ada kalanya pasar tidak sesuai harapan. Saham yang dianalisis akan naik, justru nyungsep dan mendatangkan kerugian.

Nah, karena cuan besar dalam investasi bukan sebuah kepastian makanya kehadiran fitur otomatis yang akan memudahkan profit taking dalam transaksi saham sangat diperlukan investor, terlebih untuk para trader yang mencari cuan dalam waktu singkat.

Kehadiran fitur profit taking otomatis ini sangat diperlukan para trader supaya mendapatkan keuntungan dengan otomatis tanpa harus memantau pasar setiap saat. Dengan fitur ini setiap investor bisa menentukan batasan harga yang diinginkan tanpa repot.

Memang sih profit taking ini bisa dilakukan secara manual, apabila investor memiliki waktu yang luang untuk terus dan sering memantau atau memonitor market. Namun, profit taking manual ini membutuhkan kedispilinan dan konsistensi. Syarat yang demikian ini tidak gampang diterapkan.

Nah, kalau para trader belum bisa disiplin dan tidak punya waktu luang banyak maka penting untuk memanfaatkan fitur profit taking otomatis. Fitur ini biasanya disediakan sekuritas di platform atau aplikasi transaksi sahamnya, semisal di sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi dengan aplikasi IPOT ada fitur khusus untuk mendapatkan cuan tepat waktu bernama Robo Trading.

Fitur Robo Trading karya sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi ini merupakan suatu otomatisasi sistem yang membantu investor untuk melakukan pengawasan (monitoring) atas kondisi dari pasar keuangan dan Pasar Modal di Indonesia dan dapat membantu investor untuk melakukan pembelian atau penjualan dengan kondisi-kondisi yang telah ditentukan sebelumnya.

Menariknya dengan fitur ini investor bisa melakukan profit taking sekaligus stop loss secara otomatis. Stop loss adalah nilai batasan harga terendah yang ditentukan untuk membatasi kerugian dan profit taking adalah level ambil untung dengan cara menjual saham (atau aset lainnya) di harga yang lebih tinggi daripada harga belinya.

Untuk memasang stop loss dan profit taking otomatis, investor dapat menggunakan pilihan simple (secara terpisah antara profit taking dan stop loss) atau multi event (kombinasi stop loss dan profit taking) dengan cepat.

Nah, biar investasi dan trading saham di masa pandemi membuahkan cuan tanpa perlu repot memantai setiap saat, melakukan stop loss dan profit taking secara otomatis menjadi kunci suksesnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image