Cara Tes Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet

Image
Catatanteknisi.com
Teknologi | Sunday, 01 Aug 2021, 19:13 WIB

Koneksi internet yang kita gunakan tidak hanya butuh cepat saja tetapi juga harus stabil. Kecepatan internet diukur dari seberapa besar data dapat ditransfer perdetik. Kecepatan internet biasa diukur dengan Mbps (Mega bits per second) dan bisa berbeda untuk kecepatan upload dan download-nya.

Untuk aktifitas seperti video streaming, VoIP dan aplikasi yang membutuhkan data real-time seperti misalnya game online, maka kecepatan dan kehandalan koneksi internet menjadi sangat penting. Kualitas internet yang jelek bisa menimbulkan lag atau kualitas video dan suara yang terputus-putus.

Ping, Latency dan Jitter

Dalam pengukuran kualitas koneksi internet, terdapat beberapa istilah yang harus kita ketahui yaitu Ping, Latency dan Jitter.

Ping adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan tes koneksi antara dua buah komputer atau device dalam sebuah jaringan.

Saat kita melakukan tes ping ke server, maka komputer kita mengirimkan data (echo request) ke server, kemudian server meresponsnya dengan mengirimkan data balasan (echo reply).

ilustrasi ping; echo request & echo reply

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan pulang pergi (dari komputer ke server dan balik lagi ke komputer) disebut Round Trip Time (RTT) atau biasa disebut juga sebagai waktu Ping.

Latency atau keterlambatan pengantaran paket data adalah total waktu yang diperlukan untuk mengirim pesan dari komputer kita ke server sampai kembali lagi ke komputer kita.

Dengan demikian maka waktu ping bisa dikatakan juga sebagai latency. Dalam prakteknya istilah Latency dan Ping sering digunakan bergantian. Latency juga kadang disebut sebagai Delay.

Sedangkan Jitter adalah ukuran variabilitas dalam ping seiring waktu atau variasi perubahan nilai Ping yang terjadi dari satu pengetesan ke pengetesan berikutnya.

Misalnya saat melakukan pengetesan Ping pertama mendapatkan nilai 52 ms dan Ping kedua 38 ms maka nilai Jitter adalah 14 ms.

Tes Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet

Kualitas koneksi internet yang baik ditentukan oleh seberapa cepat dan seberapa konsisten nilai Ping yang terjadi. Dengan kata lain koneksi internet yang baik mempunyai nilai Ping yang kecil, serta Jitter yang kecil dan stabil.

Untuk mengetahui kecepatan dan kualiatas jaringan internet bisa dilakukan secara online, yaitu dengan mengunjungi beberapa situs seperti https://www.fusionconnect.com.

history pengetesan koneksi internet

Kualitas koneksi internet yang baik harus memiliki latency dibawah 250 ms. Jitter harus tetap di bawah 30 ms, untuk video conference tanpa gangguan nilai Jitter dibawah 20 ms. Dan untuk Packet Loss diusahakan kurang dari 1%.

Update artikel ini bisa dibaca pada Cara Mengetahui Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Peran Institusi Pendidikan dalam Perkembangan Ekonomi Syariah

Image

PPKM untuk Kepentingan Bersama

Image

Kangen Piknik, Jelajah Sejarah Candi Gedong Songo, Jawa Tengah

Image

Kangen Piknik : Bersama Alam Kembali Menjadi Manusia

Image

Andai Pandemi Pergi : Harapan dan Kesadaran Diri

Image

Pendidikan Kolaboratif: Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Terapi Mental

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image