Hati Yang Lalai Akhirat

Image
Muhammad Bambang
Agama | Saturday, 31 Jul 2021, 08:31 WIB

Kehidupan dunia ini yang penuhi dengan warna warni kenikmatan seolah-olah sudah memalingkan kita akan negeri akhirat yang kekal abadi. Marilah kita renungkan firman Allah Ta'ala dalam Al Qur'an surat Al Alaa: 16-17

Artinya : Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. (QS. Al Alaa: 16-17)

Ayat tersebut patut kita renungkan secara mendalam supaya hati kita tidak lalai dari akhirat. Dalam ayat tersebut Allah Ta'ala menjelaskan bahwa akhirat adalah lebih baik dari dunia dan akan kekal.

Coba kita renungkan lagi sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dari Abu Musa Al-Asyari radhiyallahu anhu:

Artinya : Siapa yang begitu gila dengan dunianya, maka itu akan memudaratkan akhiratnya. Siapa yang begitu cinta akhiratnya, maka itu akan mengurangi kecintaannya pada dunia. Dahulukanlah negeri yang akan kekal abadi (akhirat) dari negeri yang akan fana (dunia). (HR. Ahmad, 4:412. Syaikh Syuaib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan lighairihi.)

Dalam surat Adz-Dzariyat juga disebutkan,

Artinya : Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta, (yaitu) orang-orang yang terbenam dalam kebodohan yang lalai. (QS. Adz-Dzariyat: 10-11)

Yang dimaksud alladzina hum fii ghomroh adalah mereka buta dan jahil akan perkara akhirat. Saahun berarti lalai. As-sahwu itu berarti lalai dari sesuatu dan hati tidak memperhatikannya. Sebagaimana hal ini ditafsirkan dalam Zaad Al-Masir karya Ibnul Jauzi.

Semoga Allah Ta'ala memberikan kepada kita semuanya hidayah dan taufikNya agar tidak mempunyai hati yang lalai akhirat. Aamiin

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Lainnya

Image

KANGEN PIKNIK

Image

Kangen Piknik, Kawah Ijen, Jawa Timur

Image

Sekda Aceh Minta Vaksinasi Siswa Dipercepat

Image

Akankah Digitalisasi Pendidikan Akan Mati Jika Pandemi Pergi?

Image

Kelas Intensif: Raih Beasiswa DAAD Jerman 2021

Image

Rindu.....

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image