Kolaborasi Budaya Antarsuku Dalam Mengendalikan Covid-19 dan Penyakit Menular

Image
Muhammad Sultan
Eduaksi | Monday, 26 Jul 2021, 12:07 WIB

Berbagai penyakit menular hingga saat ini masih menjadi permasalahan kesehatan serius di Indonesia seperti Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), diare, TBC, DBD, kecacingan, penyakit kulit, penyakit kelamin seperti HIV/AIDS, malaria, difteri, dan penyakit menular lainnya. Saat ini Indonesia masih diperhadapkan permasalahan penyakit menular Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhirnya, sehingga diperlukan komitmen dan konsisten seluruh komponen bangsa dalam mengendalikan Covid-19 secara bersama-sama.

Sejumlah upaya yang telah dan sedang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia bersama seluruh elemen bangsa dalam mengendalikan Covid-19. Imbauan dan kebijakan pemerintah antara lain protokol kesehatan Covid-19, pembatasan aktivitas di luar rumah, kebijakan menghadapi kehidupan normal baru (new normal), dan kebijakan vaksinasi Covid-19. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan dalam mengendalikan Covid-19, akan tetapi hingga saat ini Covid-19 tetap berlangsung dan ribuan korban meninggal dunia masih terjadi setiap harinya.

Ayo ikut vaksinasi

Budaya Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi berorientasi mendorong masyarakat senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan di masyarakat, sehingga penerapan nilai budaya tersebut bertujuan dalam meningkatkan pemahaman dan praktik masyarakat aar senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Budaya Betulungan dan Rewang dapat diimplementasikan dalam menangani penyakit menular di lingkungan masyarakat, misalnya menghadirkan nilai-nilai kegotong-royongan di masyarakat jika terdapat penderita penyakit menular tertentu di lingkungannya.

Kolaborasi budaya antarsuku di Indonesia merupakan kekuatan besar dalam menghadapi wabah atau pandemi penyakit menular tertentu. Begitu pula dalam upaya mencegah penyebaran penularan penyakit di lingkungan masyarakat. Bagi masyarakat Indonesia, nilai-nilai budaya gotong-royong atau saling membantu dalam situasi apapun merupakan bukan hal baru. Konsep dan nilai-nilai kebersamaan telah dipraktikkan dan dilestarikan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehar-hari.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dosen di Universitas Mulawarman Samarinda sejak 2008-sekarang

Artikel Lainnya

Image

LITERASI DIGITAL DAN PERAN GURU SAAT PANDEMI

Image

Pagebluk dan Wajah Murung Pendidikan Indonesia

Image

Jangan Kau Beri Tahu Kepada Mereka

Image

Andai pandemi pergi, MAHASISWA KESEHATAN MEMBUTUHKAN PRAKTIKUM DI LAPANGAN BUKAN SEKADAR TEORI

Image

Enam Tip Memilih Reksa Dana Terbaik untuk Pemula, Nomor 2 Sering Disepelekan

Image

PANDEMI CORONA MEREDA SEMUA KEMBALI CERIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image