Mengenal Jenis-Jenis Outbound

Image
Aan Sophan
Wisata | Thursday, 05 May 2022, 06:24 WIB

Outbound adalah aktivitas atau kegiatan outdoor yang memiliki segudang manfaat yang bersifat edukatif, self building dan fun.

Manfaatnya secara umum berguna untuk diri kita sendiri, dan secara khusus bermanfaat untuk sebuah kelompok baik itu gathering perusahaan, institusi, lembaga, ataupun komunitas lainnya.

Bagi kalangan perusahaan, tentu menginginkan karyawan memiliki sense yang inovatif, kompak, dan punya kemampuan menciptakan solusi. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan event outbound.

Selama ini mungkin kita lebih banyak mengetahui bahwa untuk belajar itu harus di dalam ruangan.

Sedangkan outbound sebagai sebuah kegiatan yang penuh nilai edukasi, digelar di luar ruangan atau alam terbuka. Sehingga nilai pembelajarannya lebih dapat, lebih ngena, dan kita pun jadi lebih enjoy.

Sekilas Sejarah Outbound

Bicara outbound sebetulnya tidak bisa lepas dari Dr Kurt Hant. Bisa dikatakan, dialah yang meletakkan pondasi dasar tentang pola pendidikan di luar ruang atau outdoor. Intelektual berkebangsaan Jerman yang dilahirkan pada 5 juni 1886 itu mencetuskan 10 prinsip pembelajaran ekspedisi atau Inggrisnya adalah Expeditionary Learning Principles.

Pemikiran Kurt Hant soal pendidikan menekankan pada budaya sekolah yang penuh petualangan dan rasa kepedulian dengan menggelar proses pendidikan di alam.

Prinsip-prinsip itulah yang diterapkan di berbagai sekolah yang didirikan oleh Hant dan teman-temannya, yaitu sekolah dengan konsep Expeditionary Learning Outward Bound (ELOB).

Macam-Macam Outbound

Dilihat dari pesertanya, maka outbound terbagi dua, outbound anak/kids dan outbound dewasa.

1. Outbound Anak/Kids

Outbound anak adalah suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak yang berumur antara 5 tahun sampai 15 tahun.

Biasanya outbound yang diperuntukkan bagi anak-anak tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan serta memaksimalkan kepercayaan diri, keberanian dan daya kreativitas serta segala macam hal lain yang positif-positif.

2. Outbound Dewasa/Adult

Outbound dewasa adalah kegiatan outbound yang diperuntukkan bagi mereka yang telah dewasa, atau secara formalnya telah berusia di atas 17 tahun.

Outbound adult ini memiliki beragam permainan yang bikin jantung deg-degan atau memacu adrenalin. Misalnya rafting (arung jeram), high rope, dan berbagai permainan lainnya.

Jenis Permainan Outbound

1. Outbound Lembang Bandung Soft Skill

Outbound soft skill merupakan aktivitas outbound yang digelar dengan tujuan untuk mengembangkan diri secara personal dan interpersonal. Outbound ini dirancang untuk mengasah kemampuan, bakat, atau keterampilan seseorang.

Permainan outbound soft skill ini terbilang ringan, dan tidak memerlukan gerakan fisik yang berlebih, sehingga tidak akan membuat Anda kelelahan (seperti di Kasur).

2. Outbound Lembang Bandung Hard Skill

Outbound satu ini merupakan aktivitas outbound yang digelar dengan tujuan agar Anda punya keterampilan teknis untuk menguasai suatu bidang tertentu.

Dengan begitu, bidang keterampilan tersebut dapat terkuasai dan diterapkan ke dunia nyata, ya misalnya di kantor, atau di lingkungan masyarakat. Outbound dewasa ini difokuskan agar Anda bisa membuat keputusan yang cepat dan tepat.

Permainan Outbound Populer

Di antara permainan outbound yang populer dan kita kenal adalah arung jeram (rafting), paintball (war game), high rope, seperti Flying Fox. Di samping itu, kegiatan tersebut juga bisa digabung dengan kegiatan lainnya seperti offroad.

Tujuan Outbound

Menggelar outbound tentu saja ada tujuannya, tapi kira-kira apa saja ya tujuan itu. Tujuan ini bisa dicapai baik oleh individu, institusi, BUMN, maupun perusahaan swasta.

1. Team building

Team building merupakan bentuk atau cara untuk meningkatkan hubungan antar-individu yang berkaitan dengan kerjasama, soliditas, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok. Ini sangat dibutuhkan bagi kalangan perusahaan atau company khususnya yang ingin menggelar gathering.

2. Team work

Team work menjadi salah satu sasaran dengan digelarnya outbound. Outbound bertujuan membentuk kerja sama tim secara lebih signifikan agar apa yang telah ditetapkan sebagai tujuan bersama bisa tercapai.

3. Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses dan tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok. Diharapkan, komunikasi antar-individu dalam suatu lingkungan baik di kantor atau organisasi dapat terjalin dengan baik.

4. Leadership

Leadership adalah kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu tujuan outbound yaitu memperkuat sisi kepemimpinan yang ada pada diri Anda.

5. Konsentrasi

Konsentrasi adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat pikiran seseorang terhadap sesuatu. Dengan demikian, kalian akan dilatih untuk mencapainya melalui outbound Lembang.

6. Kreativitas

Kreativitas adalah suatu proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan. Outbound sangat terkait dengan permainan, dan permainan adalah kegiatan yang erat hubungannya dengan kreativitas.

7. Strategi Planning

Strategi planning adalah suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan. Inilah yang kebanyakan menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggelar outbound Lembang. Sebab dengan outbound, perusahaan dapat mengasah kemampuan karyawan dalam mengejar target nantinya.

8. Analisis

Anda diharapkan memiliki kemampuan analisis terhadap berbagai masalah dan menghasilkan solusi, melalui kegiatan outbound. Analisis adalah kemampuan menelaah dan menyelidiki sesuatu supaya mudah dipahami dan pada akhirnya dapat dipecahkan.

9. Convidence

Convidence adalah peningkatan percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Jadi buat kalian yang masih belum pede, jangan khawatir, kami akan buat kamu jauh lebih pede dari sebelumnya.

Materi Outbound

1. Ice Breaking

Saat pertama kali acara dimulai, bisa dipastikan hampir seluruh peserta dalam keadaan tegang. Karena itu perlu sebuah tahapan untuk memecahkan suasana yang kaku, sesi ini dilakukan dengan saling sapa dan berkenalan satu dengan yang lain sehingga peserta bisa lebih akrab.

2. Komunikasi

Pada materi ini peserta dikondisikan dalam sesi permainan yang menarik dan tidak membosankan. Sehingga komunikasi antar anggota team bisa terbentuk dan tercipta rasa saling percaya terhadap rekannya.

3. Team Building

Materi outbound ini bentuknya yaitu mengondisikan peserta dalam sebuah permainan tim. Dengan demikian, akan tercipta saling mendukung dan kerjasam. Pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari materi ini.

4. Pemecahan Masalah

Peserta training outbound akan diberikan semacam permainan agar mampu memahami sebuah masalah dan cara menyelesaikannya. Peserta diberikan materi tentang cara memilih informasi yang relevan, membuat analisis dan keputusan secara terarah supaya bisa menemukan faktor penyebab munculnya persoalan.

5. Game Kompetisi

Pada materi ini peserta akan mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik secara individu maupun kemampuan kelompok. Masing-masing individu atau kelompok akan diuji cara dan proses mereka bersaing.

Tahapan Permainan Outbound

1. Open Mind and Team Forming

Dalam tahapan ini, fasilitator akan memandu para peserta outbound dengan melakukan suatu permainan ringan yang membuka pikiran sehingga permainan outbound berikutnya menjadi lebih menyenangkan, seru dan asyik.

2. Ice Breaking Games

Ice Breaking adalah rangkaian permainan ringan di awal kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemanasan atau stretching, meleburkan perbedaan atau jenjang, dan mencairkan kebekuan komunikasi di antara peserta dan instruktur atau fasilitator.

3. Rolling Games

Rolling Game adalah permainan yang tidak bisa dilepaskan dari program team building. Permainan rolling games bertujuan di antaranya melatih kekompakan dan kerja sama serta komunikasi yang baik di antara peserta. Permainan Rolling Games dilakukan secara berkelompok. Beberapa jenis rolling games yaitu permainan S.O.S. Water Bomb, Care 2 Care, dan Obstacle

4. Synergized Games

Synergized-Team Building Game adalah rangkaian permainan untuk membangunan komunikasi, kreativitas, kerjasama dan kompetisi antarkelompok atau grup yang dikemas secara simultan. Terdiri dari kombinasi permainan pemecahan masalah dan tantangan yang dikemas secara fun.

Waktu penyelesaian permainan ini dibatasi dan tiap grup akan mendapatkan poin-poin penilaian, yang akan dikonversikan sebagai penilaian kelompok.

5. Personal/Challenge Games

Permainan ini memberi tantangan tersendiri bagi peserta secara personal. Jenis permainan ini di antaranya paintball, flying fox, dan semacamnya. (Permainan ini akan disesuaikan dengan acara)

6. Fun Team and Capacity Building

Program ini akan me-refresh para peserta yang mengadakan kegiatan outbound di Lembang Bandung. Bila ingin meng-upgrade program menjadi Thematic Outbound atau Conceptic Outbound (Treasure Hunt/Amazing Race), maka jenis permainan bisa didesain secara eksklusif sesuai core value yang Anda inginkan.

Sumber:

https://www.bellvaadventureindonesia.com/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

hidup untuk menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tautan GB Whatsapp Pro GB WA Apk Version Terupdate Anti Banned 2022 Aman

Image

Teknik Rahasia Mendapatkan Diamond FF Gratis Tanpa Menggunakan Aplikasi

Image

YTMP3 Plus 2022: Download Video YouTube Mp3 Paling Mudah dan Cepat

Image

Penjual Tempe, Mafia Minyak Goreng dan Subsidi Kejujuran

Image

Tanpa Aplikasi! Berikut Cara Mudah Dapatkan Diamond Free Fire Secara Gratis Tahun 2022 Saat Ini

Image

Savefrom Instagram, Begini Cara Download Video Feed IG Tanpa Aplikasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image