Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alam Faqqih Ramdhan

Menjaga Kesehatan Keuangan dengan Melakukan Finacial Check Up

Gaya Hidup | Wednesday, 04 May 2022, 10:23 WIB
sumber foto: satuterpenting.com

Halo teman-teman! perlu kamu ketahui, bahwasanya bukan hanya Kesehatan tubuh yang harus selalu diperhatikan, tetapi kesehatan keuangan pun tak kalah penting untuk selalu kamu perhatikan agar tetap aman dan stabil.

Nah, meskipun sudah memiliki keuangan yang baik, kamu tetap harus disiplin memeriksanya secara rutin agar hal yang tak diinginkan tidak terjadi. Yuk simak pembahasan mengenai financial check up berikut ini!

Dikutip dari The Balance, financial check up adalah kesempatan untuk me-review kondisi finansialmu selama 12 bulan terakhir dan memastikan kalau kamu masih berada di jalur yang tepat dalam mengelola keuangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu periksa ketika melakukan pemeriksaan keuangan, antara lain utang, harta, rasio aset lancar, cash flow, investasi, dan rasio menabung. Tak lupa, kamu juga harus pastikan bahwa dana darurata kamu masih aman.

Berikut adalah cara sederhana dan penting untuk memeriksa keuangan kamu:

1. Evaluasi dan buat anggaran

Anggaran merupakan dasar pengeluaran sehari-hari. Financial check up sangat berguna untuk merekam pengeluaran maupun pendapatan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, membuat list kebutuhan selama 1 bulan dan catat pengeluarannya. Dengan cara itu kamu dapat memperkirakan dari pendapatan kamu, berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan setiap bulan untuk kebutuhan kamu. Sehingga pengeluaran kamu tetap terkontrol.

2. Cek utang

Jika kamu memiliki hutang, segera cek dan selesaikan, setelah kamu menyelesaikannya mulai lah berhemat, dan membeli barang sesuai kemampuan kamu.

3. Penggunaan ansuransi

Menggunakan asuransi sangat penting agar tidak mengeluarkan banyak uang atau biaya Ketika kamu dihadapi dengan kondisi kurang menyenangkan. Oleh karena itu, kamu persiapkan asuransi untuk kamu, dan keluarga kamu. Karena jika tidak menggunakan asuransi, pengeluaran kamu dapat menjadi berantakan.

4. Mempersiapkan keuangan masa depan

Jika kamu berencana menikah, mempunyai anak, membeli rumah, bahkan mobil. Ada baiknya kamu mulai menyusun perencaan keuangan kamu untuk masa depan. Hitung kebutuhan dimasa sekarang, dan mulai sisihkan uang untu kebutuhan dimasa depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image