Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Bisa Menulis Tanpa Mengetik, Gunakan 4 Aplikasi Ini

Eduaksi | Tuesday, 13 Jul 2021, 17:39 WIB

Salah satu kesulitan dalam menulis adalah sulitnya merangkai sebuah kata menjadi tulisan. Nah, di sini saya akan berbagi tips agar bisa menulis dengan mulus. Semulus jalan tol.

Secara teoretis cara mudah menulis itu adalah tulislah yang apa yang kamu pikirkan, bukan pikirkan apa yang kamu tulis. Tulislah apa yang ada dalam pikiran kita saat itu. Tanpa mempedulikan nyambung atau enggak, bener atau enggak. Gitu aja. Hehe...

Tapi, seringkali kita menemukan sebuah keajaiban yaitu ketika di depan laptop, ide yang tadi berserakan menguap entah ke mana. Tapi jangan kuatir. Ada cara mengatasinya. Kalau kita alergi dengan laptop, maka hindari menulis langsung di laptop. Kita bisa lho menulis tanpa laptop. Bahkan bisa menulis tanpa mengetik. Emangnya bisa ya? Jawabnya bisa banget. Kita bisa menulis tanpa mengetik dengan menggunakan berbagai aplikasi.

1). Menggunakan fitur voice note di WhatsApp. Saya rasa banyak yang sudah menggunakan fitur ini. Ya, dengan menekan tanda mic di WhatsApp, suara kita akan diubah menjadi teks oleh WhatsApp. Suara yang terdengar oleh voice note akan diubah menjadi kata atau kalimat. Sebanyak apapun kata atau kalimat yang keluar dari mulut kita. Gampang kan? Usahakan koneksi internetnya lancar ya.

2). Menggunakan fitur note atau catatan. Nah fitur ini yang paling saya rekomendasikan, karena biasanya bawaan setiap smartphone. Selain itu, catatan kita tersimpan rapi jika dibandingkan dengan catatan di WhatsApp yang kadang tertimpa yang masuk. Rata-rata smartphone sudah dilengkapi fitur catatan. Ya, fitur ini merupakan bawaan smartphone-nya. Coba deh cari dengan teliti fitur ini. Dan selamat menggunakannya untuk menulis.

3). Menggunakan Google docs. sudah kenal banget dengan Google form atau Google classroom? Ada saudaranya yaitu Google doc yang bisa mengubah suara menjadi tulisan. Syaratnya gunakan browser Google Chrome ya. Ketik saja Google doc di browsernya. Lalu kita akan diarahkan ke Google doc, pilih personal, pilih template kosong, klik alat, dan rekam atau dikte. Oh iya, kadang di template kosong tidak ada fasilitas rekam atau dikte.

4) Aplikasi lainnya yang tersedia di Play Store

Ketik saja 'writer' maka akan muncul berbagai aplikasi yang mengubah suara menjadi tulisan. Ada Go Writer, Writer Plus, Write As, dan lainnya.

Saya rasa dengan menggunakan berbagai aplikasi di atas dapat mengurangi dan mengatasi kesulitan kita yang tiba-tiba mentok atau buntu ketika di depan laptop. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih sudah menyimak tulisan saya. Tulisan ini pun saya buat dengan menggunakan fitur catatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image