Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

6 Tips menjawab pertanyaan ekspektasi gaji saat wawancara kerja

Olahraga | Monday, 05 Jul 2021, 11:31 WIB
www.ekrut.com

Pertanyaan yang dilontarkan interviewer saat wawancara kerja memang perlu dijawab sangat hati-hati. Terlebih untuk pertanyaan yang menyinggung gaji. Pasalnya, jika kamu menjawab pertanyaan tersebut secara kurang bijaksana, kamu bisa saja kehilangan peluang tawaran pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan jawaban yang benar-benar meyakinkan dan menentukan nominal tersebut agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan terkait expected salary:

1. Lakukanlah riset terlebih dahulu

Sebelum kamu menghadiri wawancara kerja baik secara online maupun offline, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait pekerjaan yang ingin kamu lamar serta kisaran gaji untuk posisi tersebut. Kamu bisa mencari tahu terkait hal tersebut secara online.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan garis besar ekspektasi gaji untuk posisi yang kamu lamar.

2. Mengetahui jumlah gaji yang kamu inginkan

Jika kamu sudah melakukan riset tentang kisaran gaji untuk profesiyang kamu lamar, maka tahap selanjutnya adalah untuk melihat wilayah tempat kamu bekerja guna menentukan expected salary yang kamu inginkan.

Hitung dan ketahuilah pengeluaranmu untuk menentukan kisaran gaji tersebut. Apabila kamu sudah tahu expected salary untuk memenuhi kebutuhanmu, segera lakukan negosiasi kepada employer ya.

3. Menentukan kisaran gaji

Saat proses wawancara kerja berlangsung, ada baiknya kamu jangan menyinggung terkait expected salary terlebih dahulu sampai interviewer menanyakannya kepadamu. Apabila kamu melakukannya, bisa jadi kamu malah mengirimkan sinyal bahwa kamu lebih tertarik pada kisaran gaji dibandingkan pekerjaan yang akan kamu kerjakan.

Jika interviewer sudah menanyakan perihal tersebut kepada kamu, maka cara menjawabnya adalah dengan mengajukan kisaran gaji yang terbuka untuk negosiasi dibandingkan nilai bulat. Contohnya adalah "Yang saya ketahui untuk posisi tersebut memiliki kisaran gaji sekitar Rp15.000.000,- hingga Rp 16.500.000,-. Dengan menyebutkan kisaran gaji akan membantu kamu memperoleh nilai expected salary yang benar-benar kamu inginkan, karena sebelumnya kamu telah menghitung jumlah kebutuhanmu dan mengetahui kisaran gaji dari posisi yang kamu lamar.

4. Sesuaikan dengan skills atau kemampuan yang kamu miliki

Jangan lupa untuk sesuaikan ekspektasi gajimu dengan pengalaman, pendidikan, dan kemampuan yang kamu miliki. Apabila kamu menginginkan gaji yang besar, pastikan kamu menunjukan keterampilan dan keahlian yang di atas standar juga.

5. Coba naikan angka ekspektasi gaji

Saat mengajukan kisaran gaji, alangkah lebih baik jika kamu menaikan angka di atas angka expected salary yang kamu butuhkan. Mungkin kamu bisa menaikan expected salary mu sekitar 15 hingga 20 persen, berdasarkan skills dan pengalaman yang telah kamu miliki.

6. Pastikan angka masih bisa dinegosiasi

Seperti yang sudah di bahas di poin-poin sebelumnya, ketika kamu memberikan kisaran gaji yang kamu inginkan jangan lupa untuk pastikan kepada interviewer bahwa angka tersebut masih bisa dinegosiasi. Dengan begitu, kamu akan memberikan kesempatan bagi kamu dan employer untuk berdiskusi lagi terkait angka terbaik untuk kamu dan perusahaan.

Ketahui juga hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan gaji yang kamu inginkan melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image