Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image musyafa ahmad

Pesantren Ramadlan 1443 di biayai oleh Infaq DKM Masjid At Taqwa

Agama | Saturday, 30 Apr 2022, 10:47 WIB

Kegiatan Pesantren Ramadhan di masjid Jami At Taqwa Jagalempeni merupakan bagian dari ikhtiar untuk mempertahankan ajaran Aswaja. Melalui pembelajaran yg dilaksanakan selama beberapa hari di masjid At Taqwa menjadi benteng untuk generasi penerus perjuangan Agama Islam di Jagalempeni. Upaya dan ikhtiar ini sangat penting mengingat hari ini kaum melineal banyak belajar dari konten medsos yang lebih banyak pemahaman Islamnya ke kiri atau ke kanan. Sementara ajaran Aswaja memberikan pemahaman Islam rahmatan Lil Al-Amin, yang menghargai keragaman dalam kehidupan berbangsa bernegara. Kita tidak ingin anak anak nanti setelah memasuki usia remaja kemudian menerima doktrinasi yang membid'ahkan tahlil, berjanji dan menganggap ziarah kubur kufur. Oleh karena itu melalui pesantren ramadhan ini menjadi media strategi untuk menciptakan generasi yang kuat dalam berpegang teguh pada ideologi Aswaja.

Demikian disampaikan Akhmad Sururi, selaku Inisiator Pesantren Ramadlan yang diselenggarakan sejak tahun 2016 saat memberikan Sambutan Penutupan Pesantren Ramadhan di masjid At Taqwa.

Akhmad Sururi mengapresiasi Pengurus Masjid Jami At Taqwa yang telah mengalokasikan dana kas masjid untuk kegiatan pesantren Ramadhan. Ini suatu bukti pemikiran yang maju dan kepedulian terhadap mental generasi umat. Kita bisa berkaca dengan masjid Jogokariyan yang kas masjidnya tidak pernah mengendap sampai puluhan juta bahkan ratusan juta. Namun kas itu dihabiskan untuk kebutuhan dan kegiatan masjid. Inilah yang menjadi amal sedekah kita berkembang. Infaq kalengan Jumat di berdayakan agar berwujud pahala. Semoga masjid Al Taqwa akan menjadi contoh bagi masjid masjid yang lain dalam pengelolaan dana kas masjid. Sehingga kegiatan masjid terutama untuk komunitas remaja akan menjadi hidup. Menjadi penting kiranya mengingat remaja sekarang banyak yang lari dari masjid. Dengan adanya pesantren ramadhan bisa mendekatkan remaja masjid setempat kepada masjid sebagai simbol pusat kegiatan. Fungsi masjid bukab hanya untuk sholat tapi mari kita kembangkan fungsi ta'lim dan sosial yang dapat menjadi peran masjid punya makna kepada masyarakat lingkungan,pungkas Alumni Pondok Pesantren Lirboyo angkatan 2000.

Dalam kesempatan tersebut Ust Nur Sidik saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa kegiatan pesantren Ramadhan semua biayanya ditanggung oleh keuangan infaq masjid. Kegiatan ini sudah menjadi ketetapan program. Oleh karena itu siapapun pengurusnya tahun depan Pesantren Ramadhan harus tetap berjalan.

Penutupan Pesantren Ramadhan 1443 H di masjid At Taqwa yang dilaksanakan pada hari Jumat malam Sabtu dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat Jagalempeni, wali santri dan masyarakat lingkungan masjid Jami At Taqwa.Beberapa santri berprestasi diberi bingkisan hadiah dari Panitia.

Sementara itu selaku Panitia Surasmo menegaskan bahwa dukungan masyarakat sangat bagus terhadap kegiatan pesantren Ramadhan di masjid At Taqwa. Mereka sangat antusias terbukti dengan penutupan malam ini yang dihadiri sebagian masyarakat Jagalempeni.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image