Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salman

Teleportasi Obyek ala Wazir Nabi Sulaiman Mungkinkah Terwujud di Era Modern?

Teknologi | Monday, 28 Jun 2021, 20:51 WIB
Gambaran teleportasi (Credit: Dispatchreview.com)

Nabi Sulaiman dalam kitab suci Alquran menitahkan kepada para bawahannya untuk membawa Singgasana Ratu Balqis menuju ke Baitul Maqdis. Padahal jarak antara Baitul Maqdis dengan negeri Saba tempat Ratu Balqis dan singgasananya berada adalah 2212 km.

Mula-mula Jin Ifrit menawarkan diri ke Sulaiman untuk mengangkut Singgasana Ratu Balqis ke hadapan Sulaiman. Jin Ifrit menyanggupi bisa membawa Singgasana tersebut sebelum Nabi Sulaiman berdiri dari tempat duduknya.

Namun Nabi Sulaiman belum puas ia kembali menawarkan perintah untuk membawa singgasana Ratu Balqis lebih cepat dari yang bisa dilakukan oleh Jin Ifrit. Tiba-tiba berdirilah seorang wazir yang bernama Ashif bin Barkhoya ia menyanggupi bisa membawa singgasana Ratu Balqis sebelum mata Nabi Sulaiman terpejam.

Kemampuan memindahkan barang atau obyek di satu tempat yang jauh ke tempat lain disebut teleportasi. Peristiwa pemindahan singgasana Ratu Balqis ini tanpa alat atau media adalah contoh nyata teleportasi.

Dalam dunia modern belum ada ada teknologi yang bisa melakukan teleportasi dengan memindahkan obyek tanpa menggunakan media atau alat macam transportasi. Karena pada prinsipnya dalam peristiwa teleportasi obyek asal dipecah menjadi atom-atom terpisah yang lalu disatukan kembali di tempat sasaran yang notabene berjauhan tempatnya atau bahkan bisa berbeda waktunya.

Teleportasi yang menggunakan teknologi hanya ada di fiksi sains atau film-film. Sehingga oleh sebagian besar ilmuwan teleportasi dianggap hanya mitos. Meski demikian tetap saja ada upaya penelitian dan eksperimen simulasi teleportasi namun hanya terbatas pada teleportasi kuantum. Teleportasi kuantum adalah mengirim informasi sebuah obyek ke tempat lain yang sudah tersedia obyek yang sama namun belum berisi karakter informasi. Dengan teknologi teleportasi kuantum informasi dari obyek asli diisikanke obyek sasaran sehingga tampil obyek baru yang sama persis dengan obyek di tempat berbeda.

Selangkah lebih maju ilmuwan Cina berhasil mentransmisikan foton dari bumi ke stasiun yang mengorbit bumi di angkasa. Sebuah percobaan lain yang senada dengan teleportasi adalah dengan memindahkan partikel ke tempat lain tapi dalam tabung superkonduktor.

Dengan kata lain tingkat yang bisa dicapai teknologi saat ini barulah sebatas teleportasi kuantum dan partikel dalam tabung superkonduktor bukan teleportasi materi antar ruang.

Dengan demikian teleportasi oleh wazir Nabi Sulaiman belum bisa tertandingi. Atau jangan-jangan teleportasi materi memang tidak akan pernah bisa Diwujudkan, secara teleportasi materi bertentangan dengan Hukum Newton.

Itu artinya teleportasi materi biarlah tetap berada di ranah spiritual atau bahkan dunia mistis sebuah dunia tanpa materi namun bisa mengintervensi materi seperti keinginan Jin Ifrit pekerja Nabi Sulaiman untuk memindahkan singgasana Ratu Balqis sebelum Nabi Sulaiman beranjak dari tempat duduknya.

Dari berbagai sumber.

Penulis

Dr.-Ing. Salman, ST., MSc.

Dosen Teknik Mesin Universitas Mataram

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image