Jangan Takut Memulai

Image
Muhammad Bambang
Curhat | Wednesday, 23 Jun 2021, 08:50 WIB

Untuk memulai hal yang baru, tentunya membutuhkan metal yang kuat, mental yang berani menapaki jalan baru tersebut. Orang dengan mental seperti ini biasanya akan mendapatkan kesuksesan jika terus istiqomah, berkarya dan tidak mudah menyerah meskipun banyak halangan harus dia hadapi. Sebaliknya, jika seorang tidak memulai hal baru, tentu akan tergerus oleh jaman.

Memulai hal yang baru dan berbeda memang memiliki tantangan tersendiri. Akan tetapi dari tantangan inilah kita akan belajar banyak hal. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak orang yang takut untuk memulai sesuatu yang baru dan berbeda, padahal dari ketakutan itulah yang membuat kesuksesan kita jadi terhenti.

Tentunya untuk mempunyai jiwa bermental berani menapaki jalan baru perlu asah mental. Mental kita harus berani mengatakan hal-hal berikut:

1. Memulai hal baru adalah kebaikan

Coba anda bayangkan jika semua orang takut untuk memulai hal yang baru, tentu dunia ini tidak ada perubahan dan berkembang seperti sekarang. Kita bisa membaca biografi tokoh-tokoh dunia, yang berani memulai dan akhirnya mereka bisa menjadi inovator yang disegani di dunia.

2. Kalau tidak dimulai tidak tahu hasilnya

Hal yang menjadi penghalang terkadang, kita bukannya takut untuk memulai hal yang baru, namun kita lebih disibukan dengan pikiran kalau gagal. Dengan munculnya pikiran tersebut akhirnya kita enggan untuk memulai, padahal semua itu harus kita mulai dan bukannya hanya ada di angan-angan belaka.

3. Memulai itu untuk pembaharuan

Pembaruan adalah suatu hal yang akan terjadi didunia ini. Karena dengan pembaharuan maka dunia akan lebih lebih. Jika anda tidak melakukan pembaharuan, tentu orang lain akan memulai. Maka jadilah anda sebagai penonton. Lalu, mengapa anda masih takut untuk memulai hal baru yang lebih bermanfaat? Apapun bidang usaha kita, cobalah untuk terus mengasah hal yang baru dan berbeda.

4. Berani memulai jalan lain

Anda harus berani mencoba beranikan diri untuk memulai jalan baru yang belum pernah anda ambil. Sukses dan gagal ada dijalan itu, carilah jalan sukses dengan caramu sendiri.

5. Memulai artinya siap untuk sukses

Untuk menjadi orang sukses tentunya harus memulai sesuatu. Tentunya pertama-pertama yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kesuksesan adalah belajar bagaimana melakukannya. Dengan belajar dari orang-orang sukses dibidangnya maka anda sudah memulai untuk meniti jalan kesuksesan. Namun bukan hanya sekedar belajar, namun lebih dari itu bagaimana mengasah ilmu sukses menjadi realita dalam hidup anda.

Sukses bukan hal yang susah didapat namun untuk memulai terkadang berat sekali. Makanya untuk sukses mulai dan usahakan dengan sepenuh jiwa dan raga. Semoga kita sukses selalu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Lainnya

Image

Sejarah Ilmu Nahwu dan Perkembangannya

Image

Untuk Saudaraku yang Menjadi Guru

Image

Tepo Seliro, Cara Yogyakarta Merdeka dari Pandemi Covid-19

Image

Hanya Allah

Image

Gerobak Sapi Sebagai Transportasi Wisata

Image

Pak Harto, Benny dan Luhut

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image