TENTANG PEMBELAJARAN BERAGAM DI KELAS
Guru Menulis | Thursday, 28 Apr 2022, 06:02 WIB(Bagian 9)
Artikel penutup ini membahas tentang dua langkah dalam pembelajaran diferensiasi atau pembelajaran beragamdikelas, yaitu: Mainkan Versi Tic-Tac-Toe yang Berfokus pada Matematika, dan membuat Stasiun Pembelajaran tanpa Rotasi Wajib.
Langkah kesembilan belas, mainkan versi Tic-Tac-Toe yang berfokus yang pada Matematika
Buat dan distribusikan lembar Tic-Tac-Toe untuk diisi dengan pertanyaan matematika yang menguji kemampuan yang berbeda.
Langkah kedua puluh , membuat stasiun pembelajaran, tanpa rotasi wajib
Pada tahapan ini, guru menyiapkan stasiun yang melibatkan penggunaan data atau objek. Antar peserta didik dapat bekerja sama untuk memecahkan masalah. Konsultasikan dengan siswa jika mereka ingin berpindah stasiun.
Patut dicatat, pada 2015 sebuah studi yang diterbitkan oleh Pusat Sains dan Pendidikan Kanada menyatakan dengan strategi pembelajaran kontekstual untuk mengajarkan bilangan bulat, dapat meningkatkan nilai ujian lebih dari 44%.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.