Melalui Program PMM, Mahasiswa UMM Ajak Anak-Anak untuk Mulai Membranding Diri Melalu Sosial Media

Image
Egar Aldi
Olahraga | Sunday, 20 Jun 2021, 23:11 WIB

Batu Anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Desa Bulukerto ikuti pelatihan literasi media pada Sabtu, 19 Juni 2021. Pelatihan ini diadakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa, tepatnya gelombang 8 kelompok 48. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari program kerja pendampingan forum anak yang merupakan organisasi masyarakat yang mewadahi hak-hak anak. Bertempat di salah satu caf yang terletak di Desa Bulukerto, mahasiswa pengabdi berikan pemaparan materi betapa pentingnya branding diri melalui sosial media.

Membranding diri melalui sosial media saat ini merupakan hal yang cukup fundamental untuk dilakukan. Mengingat saat ini merupakan era yang serba digital. Maka dari itu, sejak dini harus paham mengenai literasi media agar mengerti pentingnya membranding diri melalui media sosial dan juga tidak salah ketika melakukannya, celetuk Hafizh Nurissalman yang merupakan pembicara materi sekaligus anggota kelompok PMM dan saat ini menjabat sebagai staf Departemen Informasi Teknologi Kreatif LSO Surya Team Fakultas Teknik UMM.

Selain harus melek tentang literasi media, dalam membranding diri pada media sosial, juga harus didukung dengan kemampuan mengedit yang benar dan kreatif, baik mengedit video, gambar, ataupun kalimat. Hafizh memaparkan bahwa tidak harus dengan aplikasi yang rumit, pada intinya hasil mengedit harus dapat berkesan bagi yang melihat.

Banyak dari anak-anak sekarang, bahkan orang dewasa-pun mengatakan bahwa mengedit adalah hal yang cukup melelahkan karena terhalang oleh rumitnya beberapa fitur dalam aplikasi. Hal inilah yang menjadi akar permasalahan terhambatnya proses branding diri melalui sosial media. Padahal esensi dari mengedit bukanlah dari jenis aplikasinya, tetapi dari hasil yang berkesan, ujarnya.

Selain untuk branding diri sendiri, materi ini juga dapat diimplementasikan pada media sosial yang dimiliki oleh Forum Anak Desa Bulukerto. Sebab, identitas dari organisasi juga perlu disebarluaskan melalui sosial media. Melalui program ini, para mahasiswa pengabdi berharap bahwa nantinya generasi muda Indonesia dapat melek literasi media sehingga mampu untuk membranding dirinya sendiri dan organisasi yang sedang diikutinya. (EAA)

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image