Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Nur Aisyah

OPINI PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR

Eduaksi | Saturday, 19 Jun 2021, 20:31 WIB

Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Setiap individu tanpa terkecuali berhak mendapatkan pendidikan. Hal ini tercantum dalam pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 (amandemen) yang berbunyi “Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan. Pendidikan seperti sifatnya yaitu manusia, mengandung banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks”. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat mutlak dan penting untuk dipenuhi dalam usaha untuk meningkatkan taraf hidup Bangsa Indonesia agar bisa setara dengan Negaralaindalam menyiapkan SDM nya yang berkualitas dan berdaya saing.

Kegiatan pembelajaran sangat erat kaitanya dengan pendidikan. Pembelajaran mempunyai beberapa komponen diantaranya materi atau bahan, strategi, alat dan media serta evaluasi. Media merupakan salah satu komponen pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran tidak hanya sebagai alat bantu dalam pembelajaran tetapi sebagai bagian integral dalam pembelajaran. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran sangat menunjang dalam kegiatan pembelajaran.

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.” Association of Education And Communication Technology (AECT). Penggunaan media pembelajaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut: 1) Fungsi komunikatif. Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penyampai pesan dan penerima pesan; 2) Fungsi Motivasi. Dengan menggunakan media pembelajaran, diharapkan siswa akan lebih termotivasi dalam belajar; 3) Fungsi Kebermaknaan. Melalui penggunaan media, pembelajaran dapat lebih bermakna; 4) Fungsi Penyamaan Persepsi. Melalui pemaanfaatan media pembelajaran, diharapkan dapat menyamakan persepsi setiap siswa, sehingga setiap siswa memiliki pandangan yang sama terhadap informasi yang disuguhkan; 5) Fungsi Individualitas. Pemanfaatan media pembelajaran berfungsi untuk melayani kebutuhan individu yang memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda.

Menurut saya penggunaan media pembelajaran belum terlalu berjalan efektif untuk beberapa SD. Penggunaan media pembelajaran yang dirasakan oleh guru yaitu salah satunya guru enggan memakai media karena terlalu rumit dalam penggunaannya bahkan guru harus mengajar murid yang terlalu banyak sehingga fokus guru dalam mengajar menjadi terpecah. Guru tidak memiliki cukup waktu untuk membuat media apabila media belum disediakan dari sekolah. Permasalahan yang lain juga mengenai tempat untuk menempatkan media pembelajaran tersebut sehingga sekolah kurang dalam penyediaan media. Kebanyakan sekolah dalam meletakkan media yaitu ditempat perpustakaan, almari kelas, dan dilaboratorium maupun ditempat lain, hal ini yang menyebabkan guru kesulitan dalam membawanya kedalam kelas. Penempatan media diruang laboratorium maupun perpustakaan juga menyebabkan kurangnya perawatan sehingga banyak media yang rusak dan rusak.

Permasalahan yang muncul tidak hanya mengenai kurangnya penyediaan media saja, namun kebanyakan guru juga belum pernah mendapatkan pelatihan mengenai media pembelajaran. Oleh karena itu mereka merasa kesulitan dalam penggunaan media dan keterbatasan wawasan mengenai penggunaan media pembelajaran tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image