Jangan terpancing emosi, inilah strategi tepat hadapi rekan kerja nyebelin!

Image
EKRUT Official
Olahraga | Thursday, 17 Jun 2021, 12:56 WIB
www.ekrut.com

Dalam dunia kerja, pasti kita seringkali menemukan hal-hal unik di kantor. Misalnya rekan kerja yang rese, senior yang tidak ramah, suka bergosip, galak, dan masih banyak lagi. Terkadang memang sulit untuk tidak terpancing emosinya terhadap hal-hal seperti itu. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak emosi yang kita keluarkan maka semakin rugilah kita. Percuma kan buang-buang emosi untuk hal yang tidak penting?

Jika kamu bingung harus bersikap bagaimana dalam menanggapi rekan kerja yang menyebalkan, ini dia tips yang dapat kamu coba lakukan!

1. Jangan bereaksi terlalu cepat

Salah satu strategi yang harus kamu jalankan adalah rem emosimu dan jangan memberikan reaksi terlalu dini. Fokuslah untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu dan jangan terlalu dipikirkan atau dimasukkan ke hati. Dibandingkan memikirkan hal negatif tentang rekan kerjamu, mending fokus menyelesaikan pekerjaan kantormu!

2. Bersikap profesional

Tidak hanya menahan emosi, kamu juga sangat perlu untuk bersikap profesional dalam menghadapi rekan kerja yang menyebalkan. Tunjukan sikap yang biasa-biasa saja. Bahkan, jika dia memerlukan bantuan, tetap bantulah dia sesuai dengan kemampuan dan kapasitasmu.

3. Tidak perlu membalas dendam

Terkadang perlakuan yang tidak menyenangkan memang sulit dilupakan dan membekas di hati. Namun, ada baiknya kamu tetap berperilaku baik dan tidak membalas dendammu terhadap rekan kerja yang tidak kamu sukai.

Jika atasanmu menanyakan problem yang sedang kamu alami secara pribadi, bolehlah kamu jelaskan dengan terus terang dan tanpa dilebih-lebihkan.

Dengan tidak membalas dendam, kamu malah akan menciptakan citra yang positif terhadap dirimu di mata atasan dan rekan kerjamu yang lain. Kamu akan dilihat sebagai individu yang selalu bersikap baik dan bukan trouble-maker.

4. Fokus mencari solusi

Strategi lainnya yang dapat kamu terapkan saat menghadapi rekan kerja yang menyebalkan adalah dengan tidak ikutan menjadi individu yang negatif. Kamu tidak perlu untuk membeberkan perilaku negatifnya kepada seluruh isi kantor, tapi cobalah untuk menyelesaikan masalahmu dengan dia.

Cobalah untuk mengajaknya bicara, menggali apa motivasi dia melakukan hal menyebalkan tersebut, apakah dia sedang mengalami masalah sehingga menjadi pribadi yang menyebalkan.

Nah, itu dia beberapa strategi yang dapat kamu terapkan untuk menghadapi staff kantor yang menjengkelkan. Baca informasi lengkapnya melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image