Mengenal Manajemen Strategi

Image
Muhammad Bambang
Eduaksi | Wednesday, 16 Jun 2021, 21:55 WIB

Berikut beberapa definisi manajemen strategi yang disampaikan oleh ahli :
1) Jauch dan Glueck, manajemen strategi adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan. Proses manajemen strategi ialah cara dengan jalan mana para perencana strategi menentukan sasaran dan mengambil keputusan.
2) Hax dan Majluf, merumuskan bahwa manajemen strategik merupakan suatu integrasi antara sistem administrasi, struktur dan budaya organisasi dengan pengambilan keputusan strategik operasional pada setiap tingkatan hierarki dalam perusahaan.
3) Kusnadi mendefinisikan manajemen strategi sebagai suatu seni (keterampilan), teknik dan ilmu merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi serta mengawasi berbagai keputusan fungsional organisasi yang selalu dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal yang senantiasa berubah, sehingga memberikan kemampuan kepada organisasi untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan.
4) David, manajemen strategik merupakan seni dan pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusankeputusan lintas fungsional yang membuat organisasi untuk mencapai sasarannya.

Dalam proses manajemen strategi terdiri dari tiga tahapan, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi.
a. Dalam perumusan strategi termasuk mengembangkan misi bisnis, mengenali peluang dan ancaman dari lingkungan eskternal perusahaan, menentukan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif, dan memilih strategi yang terbaik untuk dilaksanakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perumusan strategi mencakup keputusan-keputusan mengenai bisnis baru apa yang akan dimasuki, bisnis apa yang perlu dihindari atau dihentikan, bagaimana mengalokasikan sumberdaya, apakah melakukan ekspansi atau diversifikasi, apakah memasuki pasar internasional, apakah melakukan merjer atau membentuk joint venture lainnya, dan bagaimana menghindari pengambilalihan perusahaan pesaing.
b. Sedangkan dalam implementasi atau penerapan strategi menuntut perusahaan untuk menetapkan tujuan tahunan, memperlengkapi dengan kebijakankebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumberdaya sehingga strategi yang telah dirumuskan dapat dilaksanakan Implementasi strategi mencakup pengembangan budaya organisasi yang mendukung strategi, mengembangkan struktur organisasi yang efektif, mengarahkan kembali usaha pemasaran, menyusun anggaran, mengembangkan dan memanfaatkan sistem informasi, dan menyesuaikan kompensasi karyawan dengan kinerja organisasi. Dengan demikian, implementasi strategi merupakan tahap tindakan manajemen strategis dengan memobilisasi para karyawan dan manajer untuk menerapkan strategi yang telah dirumuskan pada tindakan nyata.
c. Untuk tahap evaluasi strategi merupakan tahap akhir dari proses manajemen strategik. Terdapat tiga aktivitas utama dalam tahap evaluasi strategi, yaitu
(1) meninjau ulang faktor-faktor eksternal dan internal berdasarkan pada strategi yang sedang dilaksanakan;
(2) melakukan pengukuran kinerja;
(3) mengambil tindakan perbaikan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Lainnya

Image

Potensi Pantai Selatan Yogyakarta

Image

Pajak Sembako Picu Kenaikan Inflasi 2021

Image

AKAL DALAM PERSFEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM

Image

Kebijakan PPN Sembako Bisa Picu Inflasi dan Kemiskinan

Image

Menjaga Si Emas Hitam Tetap Berkilau di Nusantara

Image

Kejatuhan Joseon Yang Dramatis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image