Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Bambang

Marketing Ambil Andil Dalam Kesuksesan Produk

Bisnis | Monday, 14 Jun 2021, 21:59 WIB

Marketing merupakan bagian ujung tombak dari suatu perusahaan atau sebuah organisasi. Supaya sebuah produk laris manis dipasar maka peran marketing sangatlah vital. Untuk itulah maka marketing memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan sebuah produk. Apa yang perlu diperhatikan dalam marketing supaya produk laris manis dipasaran? Berikut yang perlu diperhatikan:
1) Marketing merencanakan produk untuk diproduksi.
Kegiatan perencanaan produksi yang bagus tentunya akan membantu perusahaan dalam menerapkan efisiensi. Sehingga semakin tinggi efisiensi, maka semakin besar profit yang diterima oleh perusahaan. Dan juga tentunya tanpa perencanaan produk yang baik akan mengakibatkan proses produksi yang terlambat, hal ini akan berakibat distribusi produk ke pasar terlambat. Dengan demikian penjualan produk akan menurun dan pelanggan juga bisa kehilangan kepercayaan pada perusahaan.

2) Marketing mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Disini dalam proses marketing harus bisa mengindentifikasi kebutuhan dan keinginnan pelanggan. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan sendirinya marketing akan bisa merencakankan produk yang berkualitas yang sesuai dengan harapan konsumen. Dengan demikian, penjualan produk akan berjalan dengan baik.

3) Marketing melakukan riset di pasar.
Dalam proses marketing juga haruslah melakukan riset untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dan produk yang laris manis beredar di pasar. Dengan melakukan riset ini dalam tahap marketing tentunya akan melahirkan produk yang tepat sesuai dengan keinginan pasar.

4) Marketing melayani konsumen dengan baik
Pelanggan tentunya mempunyai pertimbangan tersendiri dalam membeli/menggunakan produk/jasa. Maka disini marketing harus mampu menjadi penghubung antara perusahaan dan konsumen, jika hubungan atau pelayanan marketing bagus tentunya akan mempengaruhi konsumen untuk memilih produk kita.

5) Marketing merancang strategi pemasaran
Jika sudah menghasilkan produk yang berkualitas atau sudah sesuai kebutuhan konsumen tentunya perlu strategi pemasaran yang tepat sasaran. Tentunya strategi marketing selalu berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan keadaan pasar.

Berikut beberapa jenis strategi marketing yang paling efektif:

Marketing Transaksional
Metode marketing ini contohnya adalah memberikan kupon belanja, diskon, promosi, maupun mengadakan event besar. Cara ini telah terbukti secara menarik minat pembeli.

Iklan Berbayar
Strategi ini biasanya dilakukan dengan cara membayar platform penyedia ruang iklan agar bisa menampilkan sebuah produk.

Marketing Melalui MedSos
Medsos memiliki banyak keuntungan seperti jangkauan yang luas, mudah untuk dilakukan, lebih hemat biaya, serta bisa menjangkau lapisan konsumen yang berbeda. Dengan melakukan pemasaran melalui media sosial, maka produk bisa lebih dikenal sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Marketing Interaktif
Marketing interaktif adalah cara marketing yang melibatkan konsumen pada proses pemasarannya.

Content Marketing
Dalam era digital, sebuah konten memiliki fungsi yang sangat berharga. Sehingga dapat menjadi salah satu strategi marketing. Biasanya dalam kontent marketing pemasaran tidak dilakukan secara langsung, melainkan dengan membagikan konten secara bernilai, informatif, serta dibutuhkan oleh konsumen.

Dengan persaingan bisnis sangat ketat tentunya sebagai pelaku usaha harus benar-benar bisa melakukan inovasi marketing dengan lebih kreatif dan efisien. Sehingga tujuan dari proses pemasaran sebuah produk bisa berjalan dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image