Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fuji Lindya

Cerita Antara Aku dan Bank Syariah Indonesia

Gaya Hidup | Tuesday, 25 May 2021, 21:42 WIB

Semenjak Menteri BUMN pada Oktober 2020 kemarin mengumumkan akan merger Bank Syariah yang merupakan anak usaha BUMN, nama Bank Syariah kembali menggaung di telinga masyarakat termasuk di telingaku. Meskipun bukan pertama kali berkenalan dan berkecimpung dalam lembaga keuangan Syariah. Momen ini yang mana realisasi rencana menteri sedang dijalankan (2021) membuat aku ingin bercerita pengalaman berinteraksi dan menjadi nasabah BSI. Inilah pengalamanku cerita antara aku dan BSI.

Mengapa memilih Bank Syariah Indonesia?

Latar belakang pendidikan yang aku dapatkan memiliki peran besar dalam hal ini. Sebagai muslim aku dikasih pembelajaran untuk memahami bahwa ajaran Islam itu bersifat kafah, artinya ajaran islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia termasuk bidang ekonomi. Aturan menonjol dalam aspek ekonomi menyebutkan bahwa Islam mengharamkan riba. Secara bahasa, riba memiliki arti tambahan atau dalam bahasa Arab disebut sebagai azziyadah . Tambahan yang dimaksud dalam pengertian riba adalah usaha haram yang merugikan salah satu pihak dalam proses transaksi (merdeka.com). Sementara praktik riba masih ditemukan dalam operasional Lembaga Keuangan Konvensional di Indonesia.

Disisi lain ada kemudahan-kemudahan dan fasilitas layanan yang diberikan oleh lembaga keuangan kepada nasabahnya sangat menggiurkan. Adanya ATM dan mobile banking sangat terasa kemudahan dan kepraktisan tersebut dalam menunjang aktivitas hidup sehari-hari. Sebagai anak muda millenial siapa tak tertarik dengan layanan kemudahan dan praktis untuk menjalani kehidupan yang ditawarkan. Pasti semua mau iya kan? Itu yang aku alami butuh untuk menikmati fasilitas kemudahan dan praktis dalam urusan keuangan.

Karena kedua alasan tersebut aku ingin menjadi nasabah lembaga keuangan yang tak menerapkan sistem riba untuk mendapatkan fasilitas layanan yang memudahkan dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Pilihanku jatuh untuk menjadi nasabah bank syariah Indonesia. Saat itu belum dilakukan merger seperti sekarang. Aku mendaftar nasabah di Bank Syariah Mandiri (saat ini Bank Syariah Indonesia) dengan akad tabungan Wadiah.

Mengenal Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia adalah lembaga perbankan syariah. Bank ini berdiri pada 01 Februari 2021 pukul 13.00 WIB. Pada 1 Februari 2021, bank ini merupakan hasil merger anak perusahaan BUMN bidang perbankan diantaranya Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (Wikipedia).

Produk dan Layanan BSI

Ada beberapa produk dan layanan dari BSI yang ditawarkan kepada nasabahnya. BSI mengelompokkan menjadi 4 jenis yaitu Individu, Perusahaan, Digital Banking dan Kartu. Sebagai nasabah BSI berarti aku menggunakan produk dan layanan tersebut. Apa dan bagaimana produk dan layanan tersebut aku nikmati ? Yuk.... Simak ceritaku di bawah ini:

BSI Tabungan Easy Wadiah

BSI Tabungan Easy Wadiah termasuk produk dan layanan individu dalam bentuk tabungan yaitu tabungan dalam mata uang rupiah berdasarkan prinsip Wadiah Yad Dhamanah yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam operasional kas di kantor bank atau melalui ATM.

Keunggulan Produk ini yaitu:

1) BEBAS biaya administrasi bulanan.

2) GRATIS biaya tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri.

3) BEBAS biaya transaksi di seluruh EDC Bank Mandiri, Semua EDC Bank di Indonesia dan EDC berjaringan PRIMA.

4) Kemudahan transaksi dengan mobile banking & net banking.

5) Kartu ATM yang dapat digunakan di seluruh ATM BSM, Bank Mandiri, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link, dan ATM berlogo VISA.

6) Dapat dibuka melalui pembukaan rekening online.

Sementara syarat pembukaan rekening cukup dengan KTP dan NPWP. Mudahkan?

BSI Mobile

Produk dan layanan BSI yang aku nikmati selanjutnya adalah BSI mobile. Tagline dari BSI mobile berbunyi “Kemudahan bertransaksi, beribadah dan berbagi dalam genggaman”. Pengalaman menggunakan produk ini cukup seru. Benar-benar menjadi solusi untuk kemudahan dalam bertransaksi, beribadah dan berbagi melalui beragam fitur dalam satu aplikasi.

BSI Mobile dapat aku gunakan dalam waktu 24 jam dan membuat segalanya menjadi lebih seimbang secara finansial, spiritual dan sosial.

Keunggulan

1. Sahabat Finansial

BSI mobile mempermudah aku dalam mengatur keuangan dengan menggunakan berbagai fitur finansial BSI Mobile seperti Transaksi Terjadwal, Manajemen Kartu, E-commerce, pembayaran, pembelian dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Adanya BSI mobile sangat membantu dan mempermudah aku dalam bertransaksi keuangan. Tak perlu ke ATM tiap akan transaksi karena bisa dilakukan via mobile banking kecuali ambil uang cash. Contohnya sekarang aku transfer uang, bayar tagihan listrik, belanja e-commerce, beli paket data, ngisi pulsa, sedekah tinggal buka aplikasi BSI terus transaksi. Selesai deh.

2. Sahabat Spiritual

Layanan Islami seperti fitur Lokasi Masjid, Waktu Shalat, dan Arah Kiblat membuat ibadah ku lebih mudah

3. Sahabat Sosial

Berbagi dengan orang terdekat sekarang juga lebih mudah di BSI Mobile melalui fitur Berbagi-Ziswaf.

Cara Aktivasi BSI Mobile

1. Aktivasi langsung setelah berhasil buka rekening online.

2. Aktivasi melalui Chatbot Aisyah atau via WhatsApp Business Bank Syariah Indonesia di nomor 0815 8411 4040.

3. Aktivasi melalui Bank Syariah Indonesia Call 14040.

4. Aktivasi ulang melalui fitur Minta Kode Aktivasi di BSI Mobile untuk nomor HP sudah terdaftar di BSI Mobile.

5. Aktivasi melalui Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia terdekat.

BSI Debit GPN

Produk dan layanan yang aku gunakan selanjutnya adalah BSI Debit GPN, merupakan produk Kartu Debet/ATM yang diterbitkan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk dengan menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan sistem yang mengintegrasikan berbagai instrumen sistem pembayaran serta dibangun berdasarkan seperangkat ketentuan dan mekanisme yang dibentuk guna mendukung transaksi pembayaran secara nasional (domestik).

BSI Debit GPN, merupakan produk Kartu Debet/ATM yang diterbitkan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk dengan menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dapat dipergunakan oleh Nasabah di seluruh jaringan mesin EDC dan ATM manapun di Seluruh Indonesia (Nasional).

Keunggulan

· Terdapat 3 varian BSI Debit GPN, yaitu; BSI Debit GPN Silver, BSI Debit GPN Gold dan BSI Debit GPN Platinum.

· Dapat dipergunakan untuk transaksi penarikan tunai di seluruh mesin ATM Bank BSI maupun di ATM Bank Lain yang berlogo GPN di seluruh Indonedomesapat dipergunakan untuk transaksi pembelanjaan di jaringan merchant/toko yang telah bekerjasama dengan Bank BSI maupun melalui mesin EDC Bank Lain yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

· Memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia dalam bertransaksi nontunai.

· Aman dan nyaman bertransaksi dengan menggunakan standar keamanan chip dan Personal Identification Number (PIN) 6 digit pada Kartu.

· Proteksi transaksi pada merchant/toko non halal*

Sumber Pustaka

Wikipedia.com

Merdeka.com

Bankbsi.co.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image