Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Pbg

Rutan Purbalingga Kembali Genjot Vaksinasi Bagi Warga Binaan

Info Terkini | Thursday, 21 Apr 2022, 22:22 WIB
Bekerjasama dengan Puskesmas Purbalingga, Rutan Purbalingga menggelar vaksinasi bagi warga binaan. Foto : Rutan Purbalingga/dok.

Masih dalam euforia menjelang puncak Hari Bakti Pemasyarkaatan (HBP) ke-58, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah gelar vaksinasi Covid-19 bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (21/4).

Menjadi momentum apik menyemarakan puncak HBP ke-58 yang jatuh pada tanggal 27 April, bertempat di ruang kunjungan, Rutan Purbalingga menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga melalui Puskesmas Purbalingga menargetkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan dosis ketiga (booster) bagi 157 WBP.

Dari total sebanyak 148 WBP yang didaftarkan, 144 orang lolos skrinning dan sukses mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 jenis Pfizer dengan rincian sebanyak 39 WBP mendapatkan vaksin dosis kedua dan 101 WBP mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. Sedangkan sisanya, sebanyak 4 WBP tidak lolos skrinning dengan alasan sedang sakit, baru selesai menjalankan operasi ginjal, memiliki penyakit komorbid, dan sisanya belum melewati 3 bulan dari vaksin ke-2.

Pelaksanaan vaksinasi bagi warga binaan Rutan Purbalingga berjalan lancar. Foto : Rutan Purbalingga/dok.

Pelaksana tugas Kepala Rutan Purbalingga meninjau langsung jalannya kegiatan vaksinasi Covid-19 menuturkan bahwa vaksinasi Covid-19 ini bukan hanya seremonial HBP ke-58 semata, namun sebagai upaya pencegahan serta meningkatkan kekebalan imun WBP di masa pandemi ini.

“Vaksinasi Covid-19 ini menjadi kegiatan lanjutan dan akan berlanjut sampai semua WBP Rutan Purbalingga mendapatkan haknya untuk mendapat vaksin Covid-19 secara penuh. Memang kita akui pemasalahan overcrowded masih menjadi kendala bagi kita dalam menangani penanganan penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas dan Rutan oleh sebab itu Rutan Purbalingga berkomitmen memberikan prioritas utama kepada WBP sebagai penerima vaksin untuk percepatan vaksinasi mendukung program pemerintah,” ujar Bluri saat ditemui di sela kegiatan vaksinasi.

Bluri menambahkan, walaupun sudah menerima vaksin Covid-19, baik pegawai maupun WBP harus tetap menjaga pola hidup sehat dan menerapkan 5M yang sudah menjadi budaya sehari-hari seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas juga menjadi poin penting menghadapi permasalahan penyebaran pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image