Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Intan Oktavia Sari

Potensi Minat Anak Muda Menabung di Bank Syariah

Gaya Hidup | Saturday, 22 May 2021, 23:52 WIB
https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fwww.balipost.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2Fbalipostcom_wajib-kamu-lakukan-jika-ingin-menabung-lebih-banyak_01.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.balipost.com%2Fnews%2F2019%2F07%2F27%2F81999%2FWajib-Kamu-Lakukan-Jika-Ingin...html&tbnid=c73tGrAHzz_gnM&vet=12ahUKEwi07ObS3t3wAhUOD3IKHQIbAJ0QMygDegUIARC2AQ..i&docid=GUOhcMrLTUU-vM&w=900&h=600&q=menabung&safe=strict&ved=2ahUKEwi07ObS3t3wAhUOD3IKHQIbAJ0QMygDegUIARC2AQ (diakses pada 22 Mei 21)

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas terkait menabung. Menurut cimbniaga.co.id menabung merupakan hal penting bagi masa depan seseorang dengan cara menyiapkan dana cadangan. Namun tidak hanya itu, menabung lebih dari itu, yakni tentang membentuk kebiasaan secara terus menerus atau konsisten. Dengan menabung, kita bisa mempersiapkan finansial kita untuk lebih baik lagi. Selain itu, menabung juga dapat memberikan kenyamanan karena dimasa depan kita sudah mempunyai simpanan jika terdapat hal-hal yang mendadak. Menabung juga baik bagi keberlangsungan hidup manusia karena dengan menabung, kita bisa tenang dalam menjalani hidup. Saat ini anak muda banyak yang gemar menabung karena tujuan dari kegiatann menabung itu sendiri.

Akan tetapi untuk menabung diperlukan tempat atau wadah untuk menyimpan uang tersebut. Kegiatan mrnabung juga banyak cara untuk dilakukan diantaranya adalah di rumah seperti dibawah bantal, dibawah tempat tidur maupun di tempat-tempat yang sekiranya aman dari orang lain. Namun hal tersebut merupakan metode penyimpanan kuno. Saat ini sudah ada wadah untuk menabung uang yang kita punya yaitu di bank. Di bank sendiri mempunyai berbagai fitur yang dapat digunakan oleh nasabahnya guna mempermudah melakukan kegiatan menabung.

Di antara fitur-fitur bank tersebut adalah: (1) ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Merupakan mesin elektronik yang melayani nasabah suatu bank untuk melakukan transaksi pengambilan uang, cek saldo, transfer, membayar suatu tanggungan dan lain-lain dengan mandiri atau tidak memerlukan Teller. Hal ini merupakan fitur yang dapat mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi. (2) Mobile Banking, fitur ini sangat berguna untuk anak muda yang serba praktis dalam bertransaksi. Tidak hanya itu, masih banyak lagi fitur-fitur yang memudahkan para nasabah dalam hal tabung menabung di bank.

Bank syariah menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dipilih di kalangan anak muda di Indonesia. karena bank syariah mempunyai sistem yang sesuai dengan syariat Islam. Sesuai dengan UU No. 21 Tahun 2008 tentang perbankan Syariah, bank syariah ialah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah Islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia seperti prinsip keadilan dan keseimbangan (adl wa tawazun), kemaslahatan, universialisme (alamiyah), dan tidak mengandung hal-hal yang gharar, maysir, riba, zalim dan obyek yang haram. Selain itu, bank syariah juga digunakan untuk menjalankan fungsi sosial yaitu lembaga baitul mal yang menerima dana yang berasal dari infaq, zakat, sedekah, hibah atau dana sosial lainnya dan menyalurkannya kepada pengelola wakaf sesuai dengan kehendak dari pemberi wakaf. Oleh karena itu, bank syariah menjadi bank yang banyak diminati oleh kalangan anak muda karena sistemnya menganut syariat Islam sehingga meminimalisir terjadinya hal-hal yang diharamkan oleh agama Islam.

Namun, diikalangan orang awam, banyak juga orang-orang yang masih belum memahami tentang perbankan syariah. oleh karena itu, mencari perbedaan antara bank syariah dengan bank konvensional menjadi jalan tercepat untuk memahami apa itu perbankan syariah. sehingga anak muda dapat memahami dengan rinci terhadap perbankan syariah. Perbedaan-perbedaan tersebut terletak pada fungsi dan kegiatan bank, prinsip dasar, sumber likuiditas jangka pendek, resiko usaha, struktur pengawas.

Pada penjelasan diatas sudah jelas bahwa bank syariah memiliki potensi yang tinggi terhadap minat anak muda untuk menabung di bank syariah, dikarenakan sistemnya yang sesuai dengan syariat Islam, sehingga menjadikan anak-anak muda memiliki kepribadian yang syariah. Di era digital ini, memang semuanya serba praktis, namun anak muda sebagai generasi milenial harus cermat dalam hal ini. Guna menciptakan finansial yang baik dan berkah, maka anak muda akan menggunakan bank syariah.

REFERENSI

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/PBS-dan-Kelembagaan.aspx (diakses pada 19 Mei 21)

https://www.cermati.com/artikel/5-perbedaan-bank-konvensional-dan-syariah#:~:text=Hal%20yang%20membedakan%20antara%20likuiditas,yang%20menerapkan%20prinsip%2Dprinsip%20syariah. (diakses pada 19 Mei 2021)

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-menabung-yang-benar-menurut-pakar-keuangan (diakses pada 20 Mei 21)

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/05/190000969/menabung-definisi-tujuan-manfaat-dan-keuntungannya?page=all (diakses pada 20 Mei 21)

https://www.merdeka.com/jabar/mengenal-kepanjangan-atm-beserta-jenis-jenisnya-begini-cara-aman-menggunakannya-kln.html#:~:text=Merdeka.com%20%2D%20Bagi%20Anda%20yang,tidak%20asing%20lagi%20dengan%20ATM.&text=Kepanjangan%20ATM%20adalah%20Anjungan%20Tunai,ATM%20adalah%20Automatic%20Teller%20Machine. (diakses pada 20 Mei 21)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image