Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image luthfiahf

Tips Mendapatkan Lailatul Qodar

Agama | Wednesday, 20 Apr 2022, 13:33 WIB
Malam Lailatul Qodar

Ramadhan telah berlalu setengahnya, tinggal setengah terakhir dan dia akan pergi.

Mari berdiam sejenak dan berpikir. Sudahkah kita beribadah dengan giat pada setengah ramadhan ini? Sudahkah kita rutin shalat tarawih bersama imam? Sudahkah kita membaca Al-Qur’an berjuz-juz setiap harinya? Sudahkah kita rajin sedekah? Memberi makan orang yang berbuka?

Di sisa setengah bulan ramadhan ini, ada satu malam dimana malam itu lebih baik dari seribu bulan.

Jika seseorang shalat dua rakaat pada malam itu, maka seolah-olah dia telah melaksanakan shalat malam dua rakaat selama seribu bulan, bahkan lebih baik dari shalat seribu bulan. Wah, untung banget gak tuh? Apalagi kalo ibadahnya lebih dari dua rakaat, makin besar untungnya.

Dia adalah malam lailatul qodar, malam dimana kebaikan dilipatgandakan beribu-ribu kali lebih banyak. Malam spesial dimana Allah menurunkan Al-Qur’an ke langit dunia pada jibril. Malam istimewa yang tidak seharusnya dilewatkan begitu saja.

Keberadaan malam itu dirahasiakan oleh Allah. Agar kita berusaha dalam mencapainya dan rajin beribadah setiap malam.

Bagaimana cara kita mendapat malam lailatul qodar? Setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Sadari keutamaan lailatul qodar

Lailatul qodar seperti yang telah disebutkan sangat istimewa dan mengandung banyak keutamaan. Ibadah pada malam itu lebih baik dari ibadah seribu bulan. Oleh karenanya, sungguh rugi jika seorang muslim hanya melewatkan malam itu tanpa beribadah.

2. Fokus ibadah dan tidak menyibukkan diri dengan urusan dunia

Sepuluh hari terakhir adalah hari dimana orang-orang sibuk dengan hari ‘ied. Padahal sepuluh hari terakhir adalah hari-hari yang paling penting dalam bulan ramadhan. Paling tidak, fokuslah ibadah pada malam hari, shalatlah meski hanya dua rakaat, bacalah Al-Qur’an meski sedikit, bersedekahlah meskipun hanya seribu atau dua ribu.

3. Konsisten ibadah walau hanya sedikit

Daripada fokus pada satu malam shalat tahajjud 20 rakaat, tetapi tidak beribadah pada malam-malam lainnya. Lebih baik ibadah sedikit tetapi dilakukan setiap malam. Karena kita tidak tahu dengan pasti kapan lailatul qodar itu. Tetapi, jika kita rajin beribadah tiap hari, maka in syaa Allah kita akan mendapatkannya.

4. Kenali tanda-tanda lailatul qodar

Rasulullah telah menjelaskan kepada kita sebagian tanda-tanda malam lailatul qodar. Diantaranya adalah: langit bersih tanpa awan, cuaca yang sejuk dan tidak dingin, suasananya tenang (tidak berisik), dan matahari tidak bersinar terik pada keesokan harinya.

Semoga kita bisa mendapatkan malam lailatul qodar itu dan Allah menerima amal ibadah kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image