Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Pbg

Transformasi Digital, Direktur Jenderal PAS Ajak Jajaran Rutan Purbalingga “Melek” Teknologi

Info Terkini | Wednesday, 20 Apr 2022, 12:59 WIB
Pegawai Rutan Kelas IIB Purbalingga mengikuti Webinar Bidang Teknologi Informasi (TI) secara virtual. Foto : Rutan Purbalingga/dok

Semarak Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022 terus berlanjut dengan sejumlah rangkaian kegiatan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, salah satunya dengan menggelar Webinar Bidang Teknologi Informasi (TI) bertajuk “Transformasi Digital: Pemasyarakatan Semakin PASTI Melayani” bagi jajaran Pemasyarakatan dan masyarakat, Selasa (19/4).

Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga secara virtual dengan aplikasi zoom meeting bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) seluruh Indonesia, tak terkecuali Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga.

Dalam sambutannya, Reynhard berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan serta kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang TI agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Teknologi informasi menjadi tuntutan utama pada perubahan zaman sekarang ini. Saya harap seluruh jajaran baik di pusat maupun di daerah agar membangun budaya kerja berbasis elektronik. Terus kembangkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknologi,” harapnya.

Tangkapan layar zoom Webinar Bidang Teknologi Informasi (TI). Foto : Rutan Purbalingga/dok.

Webinar ini menggandeng 3 narasumber yaitu Miftah Andriansyah, dosen Universitas Gunadharma yang membawakan materi peran data dalam mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE); Hamzah Fansuri, Analis Kebijakan Muda Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang membawakan materi pemerintahan digital menuju satu data Indonesia; serta Yan Hadynoer, Sandiman Muda Badan Siber dan Sandi Negara yang membawakan materi keamanan informasi di era transformasi digital.

Plt. Kepala Rutan Purbalingga, Bluri Wijaksono, menerangkan bahwa pada era sekarang ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dalam kehidupan keseharian.

“Webinar ini menjadi media sharing bagi kita di jajaran Pemasyarakatan dalam memanfaatkan perkembangan TI. Perlu nantinya ada feedback bagi Pemasyarakatan khususnya Rutan Purbalingga dalam membangun tata kelola teknologi yang lebih baik,” ungkap Bluri.

Ia menambahkan bahwa dengan transformasi digital dalam menyikapi tantangan serta peluang yang dihadapi di era 4.0 ini, Rutan Purbalingga dapat memberikan berbagai pelayanan publik yang berkualitas menuju penyelenggaraan sistem Pemasyarakatan secara digitalisasi yang mudah diakses, cepat, efektif, dan efisien.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image