Bimbingan Belajar Siswa SD Saat Pandemi Covid-19

Image
Finto yunianto
Eduaksi | Thursday, 20 May 2021, 10:23 WIB

Pandemi virus corona berdampak signifikan terhadap seluruh sektor kehidupan, tidak terkecuali juga di sektor pendidikan. Meskipun telah mendapatkan solusi pembelajaran dengan metode daring, tantangan tetap muncul. Tantangan ini dialami oleh seluruh level pendidikan mulai pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kebiasaan menggunakan pembelajaran yang bersifat offline (tatap muka) menjadi kendala di massa pandemi Covid-19 yang serba harus menjaga jarak fisik. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, muncul permasalahan baru yaitu berkenaan dengan pendampingan siswa dalam belajar di rumah.orang tua cenderung kurang mendampingi siswa karena sibuk dalam memenuhi kebutuhan yang sulit karena dampak dari Covid-19. Hal ini berdampak pada kegiatan belajar siswa yang kurang maksimal dan tingkat pemahaman siswa yang rendah. Maka dari itu, perlu adanya solusi dari permasalahan yang timbul tersebut. Kampus sebagai salah satu aktivis masyarakat, ikut terpanggil untuk turut berkontribusi dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu dengan memberikan pendampingan belajar pada siswa sekolah dasar. Mahasiswa PGSD UM Purworejo melakukan kegiatan pendampingan belajar kepada siswa di sekitar lingkungan.

Untuk itu, kegiatan pndampingan belajar yang dilakukan pada siswa sekolah dasar ini, bertujuan sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat dibidang pendidikan melalui kegiatan bimbingan belajar di rumah. Selain itu untuk tetap mengefektifkan dan memaksimalkan dari tujuan pembelajaran di sekolah.

Kesempatan ini dimanfaatkan untuk bimbingan belajar yang dilakukan di dusun Sipahit, Desa Besuki, Kecamatan wadaslitang, kabupaten wonosobo. Bimbingan dilakukan tiap hari minggu pada pukul 13.00 wib sampai dengan pukul 15.00. antusiasme anak-anak dusun tersebut sangat tinggi. .Anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar kelas1, 2,3,4,5 dan 6, yang bertempat di desa Besuki Yang terletak di dusun sipahit. Adanya bimbingan belajar ini para orang tua di lingkungaan tersebut merasa senang dan anak anak pun merasa senang.

Melalui kegiatan pendampingan belajar pada siswa sekolah dasar ini, diharapkan dapat membantu permasalahan dalam dunia pendidikan akibat dari pandemi Covid-19.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Generasi Milenial Melek Ziswaf: Bangkitkan Keterpurukkan dengan Industri Digital Syariah

Image

Pinjaman Online ; Sebuah Gaya Hidup Untuk Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan.

Image

Menyambung Hidup dari Pinjol ke Pinjol ; Realita dan Problematika.

Image

Millenial, Arsitek Masa Depan Ekonomi Syariah

Image

Waspadai Varian Omnicron, Sedia 'Payung Sebelum Hujan'

Image

Polisi Tangkap Buronan Kasus Mutilasi di Bekasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image