Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image NUR FITRI YULIAWATI

7 Cara Belajar SEO Untuk Pemula dan Mudah

Eduaksi | Tuesday, 19 Apr 2022, 19:04 WIB

Mau Belajar SEO? Tapi masih belum tahu bagaimana cara cepat untuk memahami Teknik SEO Pemula? Tenang! Disini kamu akan belajar bagaimana cara cepat untuk menguasai Teknik Optimasi Search Engine.

Baca 5 Cara Menulis Artikel di Blog

Disini kamu akan menemukan bagaimana kamu bisa cepat memahami dan belajar tentang search engine optimization. Kamu akan mempelajari tentang dasar – dasar SEO untuk pemula, yang akan kamu kembangkan lagi setelah membaca artikel dasar dasar SEO untuk pemula ini, Lantas apa saja Cara cepat belajar SEO untuk pemula?

7 Cara Cepat Belajar SEO untuk Pemula

1. Memahami Fundamental SEO

a. Konsep Dasar SEOb. SEO On-Pagec. Seo Off-Paged. Riset Keyworde. Content Marketing2. Ketahui Peraturan Belajar SEO3. Belajar SEO pada Ahlinya4. Perbaiki Proses Belajar SEO5. Fokus pada Teknik SEO yang Kamu Kerjakan6. Tekun Belajar dan Praktik SEO7. Ketahui jika SEO butuh Kesabaran.

Baca 7 Cara Menulis Artikel SEO Agar Page One di Google

1. Memahami Fundamental SEO

Cara pertama untuk belajar memahami SEO yaitu dengan mengetahui fundamental SEO atau dasar dasar SEO. Dengan memahami dasar-dasar SEO kamu lebih mudah memahami mengenai search enggine optimization. Nah sebaiknya ketahui tentang Dasar SEO, Apa saja fundamental SEO?

a. Konsep Dasar SEO

Inti dari SEO adalah bagaimana sebuah menjadi yang terbaik untuk kata kunci yang kamu inginkan. Bagaimana menjadi yang terbaik dari website lainnya?

Tentunya kamu saat mencari informasi di internet akan mencari website yang relevan dengan informasi yang kamu cari, Nah dari sini kamu bisa berpikir tentang apa yang dicari user saat mengunjungi website kamu.

Artikel yang kamu tulis harus relevan atau sesuai dengan kata kunci yang kamu inginkan, Lantas apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat website kita menjadi yang terbaik?

Dari sedikit pejelasan diatas, Konsep dasar SEO mencakup :

Kecepatan Penyajian Konten. Pembaca menginginkan penyajian konten yang cepat, untuk itu pastikan website kamu sudah menggunakan Server khusus yang memiliki performa terbaik dan dapat menyajikan konten lebih cepat dan server dapat lebih mengirim data agar lebih mudah di index oleh google.Konten yang disajikan, Disini konten menjadi dasar dan inti dalam SEO.

Artikel harus relevan dan sesuai dengan kata kunci yang dibidik.

Dan tentunya konten yang disajikan berkualitas bagi user yang membaca.Struktur dan Navigasi, Struktur dan navigasi website harus jelas, karena hal ini menjadi bagian utama atau konsep dasar seo yang harus diterapkan.

Struktur dan navigasi yang jelas akan memudahkan Crawling google kepada website kamu.Kepuasan Pengguna, Kepuasan pengguna menjadi salahsatu hal yang bisa menilai website kamu itu berkualitas atau tidak.

Maka dari itu kepuasan pelanggan dan user experience harus diperhatikan.Popularitas, Untuk populeritas tidak perlu dijelaskan lebih detail, karena mimin yakin pasti kamu sudah paham mengenai makna dari popularitas website.

b. SEO On-Page

Buat kamu yang ingin belajar SEO Pemula kamu harus paham mengenai SEO On-page. Seo OnPage adalah Optimasi search engine yang berada di dalam website / blog yang dikerjakan pada sisi dalam, Bisa diartikan jika Onpage SEO merupakan cara optimasi website yang berhubungan langsung dengan website yang dioptimasi.

SEO Onpage sendiri Meliputi :

Server, Server atau hosting menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, Karena menjadi hal yang paling utama untuk mengukur efektifitas SEO Onpage.

Pastikan kamu menggunakan Server yang dioptimalkan untuk menghandle kebutuhan load traffic yang tinggi dari pembaca, Seperti menggunakan VPS X untuk media portal yang sudah terbukti dapat menghandle jutaan traffic dan lebih cepat mengirim konten terbaru ke google sehingga website konten lebih cepat di index oleh mesin pencari.Platform cms, Pemilihan platform CMS juga menjadi salahsatu hal yang harus diperhatikan.

Rekomendasi buat kamu, sebaiknya gunakan CMS WordPress, Karena untuk Belajar SEO WordPress lebih mudah dan CMS ini lebih mudah untuk dioptimasi.

Kamu juga bisa menggunakan wordpress sebagai CMS Ecommerce Terbaik.Konten, Konten juga termasuk dasar SEO, Konten juga menjadi Inti dari kualitas dan SEO Website kamu. Sebaiknya untuk memahami teknik SEO kamu harus paham dulu tentang cara membuat artikel berkualitas.

Navigasi & Struktur situs, Sama halnya dengan Konten, Navigasi atau menjadi dasar Seo. Kamu bisa menganalisa struktur website kamu pada tools check struktur data website milik google untuk menilai struktur situs milik kamu.

Speed loading.Kecepatan website menjadi salah satu poin penting dalam mendukung konten agar lebih cepat diakses.

Untuk itu pastikan kamu sudah menggunakan VPS X untuk media portal agar konten website mu dapat diproses lebih cepat dan telah terbukti dapat membuat website lebih cepat meski diakses jutaan traffic pembaca konten.

Untuk bisa meningkatkan performa speed website kamu. Kamu bisa melakukan test load speed milik google.

c. Seo Off-Page

SEO off-page adalah optimasi pada faktor luar yang tidak berhubungan langsung dengan website. Jadi Seo Off page merupakan kebalikan SEO On Page yang merupakan optimasi dari sisi dalam website.

Dari sini kamu pasti paham mengenai perbedaan antara Sisi SEO On Page dan SEO Off Page, Lantas apa saja SEO OffPage itu?

link building, Link building adalah Teknik SEO yang cukup populer, Teknik optimasi website dengan cara membuat link eksternal dari website lain menuju blog kamu.

Baca 4 Cara Kirim Pulsa Telkomsel Dengan Mudah

Link building juga biasa disebut dengan Backlink.Sosial signal, Social signal atau social sharing adalah optimasi website dengan cara melakukan share pada sosial media untuk mendatangkan visitor.

Cara ini mudah untuk diterapkan bagi kamu yang masih Belajar SEO untuk Pemula. Karena kamu tak perlu ribet untuk melakukan optimasi webste kamu secara luas.

Branding, Mimin yakin jika kalian sudah paham mengenai Branding, Nah cara yang mudah untuk Belajar teknik SEO ini dengan bagaimana kamu bisa menciptakan Brand Awarenes pada layanan atau produk yang kamu sediakan. Dari situlah kamu mudah dalam meningkatkan branding website kamu.

d. Riset Keyword

Riset keyword merupakan hal yang harus dipahami dan wajib belajar SEO pemula, Riset keyword menjadi kunci utama kamu untuk bisa mendapatkan trafik pada website kamu.

Riset Keyword adalah cara untuk mengetahui sebuah kata kunci tersebut memiliki banyak pencarian atau tidak dan mengetahui bagaimana kompetisi pencarian keyword tersebut, apakah berkompetisi renda atau tinggi.

Semakin tinggi kompetisi keyword maka akan sulit untuk bisa ditaklukan untuk berada di page one, Maka dari itu kamu bisa tahu kata kunc mana yang harus dipakai ketika membuat sebuah artikel.

Nah jika kamu tanpa memikirkan riset keyword maka kamu bisa saja membuat artikel dengan topik yang tidak ada pencarinya atau volume pencarian rendah. Pasti kamu heran, padahal artikel yang kamu tulis berada di peringkat 1 namun dari hasilnya idak mendapatkan traffic. Pasti kamu bertanya kenapa? Itulah mengapa Riset Keyword sangat penting.

Untuk Riset Keyword, Kamu bisa menggunakan tools gratis dari Neil Patel yang powerfull dan tentunya gratis. Kamu bisa menggunjuni situs Ubbersuggest milik neil patel. Kamu bisa melihat Riset keyword untuk kata kunci “Belajar SEO” pada ubbersuggest.

Riset Keyword Belajar SEO

Dari gambar diatas bisa didapatkan untuk keyword Belajar SEO didapatkan data yaitu volume pencarian 1900/bulan, SEO Difficulty 24 (Easy), Paid Difficulty 19 (Easy), dan CPC Rp. 4.487.82

Kamu juga bisa menemukan Keyword Ideas pada tools riset keyword tersebut, Kamu bisa menuju laman keyword ideas melalui menu. Disitu kamu akan menemukan beberapa ide keyword yang bisa kamu gunakan.

e. Content Marketing

Content marketing adalah usaha pemasaran yang bertujuan untuk memberikan manfaat pada user yang memiliki tujuan meningkatkan brand awarenes atau membuat user lebih mengenal bisnis kamu.

Content marketing tidak jauh berbeda dengan SEO, Sehingga kamu bisa belajar Penerapan SEO dan Content Marketing.

Untuk bisa menguasai Content Marketing kamu harus paham mengenai cara membuat konten yang berkualitas bagi para pengguna, Hal tersebut menjadi inti dari content marketing.

Nah apa saja yang menjadi Bagian Content Marketing :

Utamakan Kualitas Konten, Kamu wajib mengutamakan kualitas konten, Kualitas konten ini termasuk relevansi judul dan isi, Informasi yang disediakan, dll.

Nah kamu bisa membuat konten yang disukai oleh para user.Kuantitas konten tidak terlalu penting, Pasti kamu merasa antara Kuantitas dan kualitas konten berbanding terbalik. Maka dari itu lebih utamakan kualitas dan kuantitas konten.

Banyak sekali pembuat content yang memfokuskan pada kuantitas sehingga kualitas menurun.Fokus pada konten yang kamu buat, Fokuslah pada konten yang kamu buat dengan begitu kamu bisa lebih mudah menciptakan konten yang berkualitas. Tetap fokus pada tujuan kamu membuat konten.

2. Ketahui Peraturan Belajar SEO

Peraturan belajar SEO yaitu 80% Praktik & 20% Belajar. Peraturan tersebut mengharuskan kamu lebih banyak praktik daripada belajar SEO.

Kok harus begitu? Pasti kamu akan bertanya kenapa kamu harus lebih banyak praktik daripada belajar.

Ketika kamu lebih banyak melakukan praktik, kamu akan lebih tahu bagaimana cara atau teknik SEO mudah kamu pahami. Atau kamu bisa lebih tahu tentang bagaimana penerapan SEO dan Bagaiamana Cara Belajar SEO yang mudah.

Lebih banyak melakukan praktik akan menciptakan sebuah Feel yang bisa membantu kamu untul lebih mudah memahami apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Dengan begitu kamu bisa lebih cepat mengerti tentang SEO, Ketika kamu sudah mulai paham SEO melalui praktik kamu tinggal belajar ilmu SEO baru lagi, dan masih tetap kamu harus lebih banyak Praktik daripada Teori.

3. Belajar SEO pada Ahlinya

Untuk bisa Cepat Belajar SEO maka kamu harus belajar pada ahilinya, Dengan belajar pada ahli kamu bisa lebih mudah mengerti karena kamu akan di bimbing dan diberitahu cara dan teknik optimasi search engine. Itulah yang menjadi alasan kenapa kamu harus belajar pada ahlinya.

Untuk kamu bisa melalui kursus seo, Namun tentunya untuk mengikuti kursus SEO biayanya cukup mahal, Namun kamu bisa mengikuti Kursus SEO gratis di link tersebut.

Kamu juga bisa belajar pada ahli SEO gratis dengan cara melakukan Internship pada perusahaan yang bisa menerima kamu untuk belajar, Salahsatunya Internship SEO di Jagoan Hosting.

Kamu bisa apply untuk magang di jagoan hosting, Di sini kamu bisa belajar seo pada ahlinya sehingga kamu bisa lebih paham mengenai Teknik SEO.

Bukan hanya perihal SEO, kamu bebas bertanya dan mencari ilmu apa yang kamu butuhkan seperti data analystic, web design, graphic design, dll.

4. Perbaiki Proses Belajar SEO

Memperbaiki proses belajar tanpa harus mencari pintasan metodologi, Dari sini kamu harus tahu proses belajar SEO mana yang kurang pada kamu, Jangan lakukan metodelogi atau mencari kebenaran proses belajar kamu yang salah.

Jangan sampai kamu fokus pada satu teknik SEO saja, hingga lupa jika masih banyak teknik yang harus dipelajari.

Misalnya kau belajar SEO Offpage mengenai link building, Jika kamu fokus pada satu teknik yang memang membutuhkan waktu yang lama tersebut maka proses belajar kamu lebih lama. Maka dari itu kamu harus pintar melakukan identifikasi.

Tentunya kamu harus paham dan melakukan identifikasi tentang proses belajar yang kamu gunakan, Mana yang seharusnya diganti atau mana yang seharus diganti.

Ketika kamu bisa menerapkan hal ini kamu akan bisa lebih mudah memahami SEO untuk pemula. Karena teknik SEO itu luas, maka dari itu perbaiki proses untuk bisa memangkas Proses mempelajari SEO.

5. Fokus pada Teknik SEO yang Kamu Kerjakan

Saat ini banyak bertebaran cara kerja seo yang berbeda – beda, Antara pakar seo A dan pakar seo B memiliki cara belajar SEO yang berbeda. Nah dari sini kamu harus bisa fokus pada teknik SEO yang kamu kerjakan.

Ingat jika teknik SEO itu sangat luas, Maka dari itu Pilihlah teknik SEO yang menurut kamu mudah di implementasi dan dipahami.

Jangan sampai saat kamu sudah sampai setengah jalan dalam memahami SEO kamu malah ganti teknik SEO karena mempelajari teknik SEO Lainnya. Hal tersebut akan membuat kamu lebih bingung nantinya saat memahami seo.

Setelah kamu menemukan teknik SEO yang menurut kamu baik, Tinggal Fokus Belajar SEO untuk Pemula yang menurut kamu terbaik. Dari sini kamu bisa lebih cepat paham mengenai SEO.

6. Tekun Belajar dan Praktik SEO

Agar kamu Cepat Belajar SEO kamu bisa lebih tekun Belajar dan Praktik SEO, Dengan begitu kamu bisa lebih cepat memahami SEO.

Buat kamu yang ingin memahami lebih cepat tentang SEO Pemula kamu bisa dengan lebih tekun belajar dan melakukan praktik SEO. Tentunya sesuai dengan peraturan Belajar SEO diatas tadi yaitu 80% Praktik dan 20% Belajar.

Jangan sampai saat kamu mulai merasa kurang memahami SEO kamu menyerah, Tetap tekun untuk memahami dan praktik teknik SEO.

7. Ketahui jika SEO butuh Kesabaran

Ingat! SEO itu tidak bisa instant maka dari itu untuk belajar SEO harus memiliki kesabaran. Tidak semua yang kita praktikan akan langusng muncul hasilnya melainkan membutuhkan proses.

Misalnya mengenai link building, Link building tentunya cukup membutuhkan banyak waktu untuk memunculkan hasilnya. Sama halnya website, Website kamu berkembang terlebih dahulu sebelum website kamu memiliki banyak trafik.

Jangan sampai kamu merasa apa yang kamu kerjakan itu gagal karena tidak memperoleh hasil atas semua yang kamu pelajar, Ingat SEO itu butuh proses.

Selagi menunggu proses SEO tersebut berdampak pada website, Kamu lakukan identifikasi baik identifikasi proses belajar atau identifikasi website milik kamu.

Kamu juga mencari Jasa SEO Surabaya untuk optimasi website kamu. Cobalah untuk menilai apakah ada yang kurang pada proses belajar SEO kamu atau website yang kamu kelola.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image