Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keuntungan Membayar Zakat Fitrah Yang Disegerakan

Gaya Hidup | Monday, 18 Apr 2022, 17:11 WIB

Untuk menyempurnakan shaum di bulan Ramadhan yang dilaksanakan satu bulan penuh tentunya ada perintah untuk mengeluarkan zakat yang dinamakan zakat fitrah. Pengeluaran zakat fitrah ini untuk membersihkan diri kita serta terkait dengan apa yang dimakan oleh kita. Kita bisa mengeluarkan zakat fitrah dengan uang atau beras. Besaran beras yang harus dikeluarkan adalah 2,5 kg dan kalau uang disesuaikan dengan harga beras yang dimakan oleh kita perkilonya.

Zakat fitrah yang dikeluarkan akan menyempurnakan ibadah shaum kita. (FOTO : Republika.co.id)

Tentu saja untuk mengeluarkan zakat fitrah ini tak bisa dianggap sepele walaupun mungkin secara angka untuk seseorang itu terbilang mudah tak memberatkan. Andai kata kita makan beras yang perkilonya Rp 15.000,- maka zakat fitrah yang dieluarkan sekira Rp 37.500,-. Namun begitu bukan dilihat dari jumlahnya tetapi hal itu adalah kewajiban yang harus dikeluarkan oleh kita. Karena itu ada baiknya apabila zakat fitrah itu sendiri harus segera dikeluarkan.

Beberapa keuntungan dari menyegerakan zakat fitrah akan menenangkan bagi yang melakukannya dan juga tunai sudah kewajiban yang mesti dibayar.

Pertama, menyegerakan mengeluarkan zakat fitrah berarti mengutamakan perintah Allah. Selain telah menunaikan kewajiban juga telah memenuhi aturan yang telah ditentukan oleh Allah yang tentunya mendapat pahala dari Allah. Zakat fitrah dikeluarkan setahun sekali pada bulan Ramadhan dan hal ini dapat menyempurnakan ibadah shaum yang kita lakukan.

Kedua, khususnya bagi mereka yang mungkin akan mudik akan menenangkannya karena telah mengeluarkan zakat di daerah tempat tinggalnya. Memang bisa saja mengeluarkan zakat di kampung halaman dan dapat dilakukan secara langsung oleh sendiri tetapi tidaklah salah bila juga dititipkan kepada amil yang mengelolanya. Justeru apabila mau mudik dan zakat fitrah tak segera dikeluarkan khawatir terlupa dan akan membuat menyesal bila sadar telah lewat waktunya karena pegeluaran zakat fitrah dibatasi dan mustahiq harus mendapatkannya.

Ketiga, membantu badan amil zakat di sekitar tempat tinggal di dalam mengkalkulasikan jumlah zakat yang didapat dan harus distribusikan sebanyak apa. Karenanya jika memang sudah memiliki uang untuk membayar zakat fitrah di pertengahan bulan ramadhan maka sebaiknya segera dikeluarkan sehingga ada keleluasan untuk melakukan aktvitas menghadapi Lebaran.

Keempat, bisa khusyuk dan memfokuskan kepada kegiatan ibadah lainnya selain zakat seperti tadarus al Quran, Shalat Tarawih, itikaf, iabadah shaum itu sendiri. Sehingga setelah satu kewajiban ditunaikan maka ibadah-ibadah lain akan tenang untuk dilaksanakan sampai berakhirnya bulan Ramadhan.

Kelima, jika kita mampu menyegerakan membayar zakat fitrah berarti kita menjadi muslim yang mengutamakan perintah Allah serta memahami Rukun Islam secara utuh. Semoga saja perbuatan semacam ini menjadi wasilah kita semua menjadi dekat kepada Allah serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada sesama dan tentu saja dengan mengeluarkan zakat maka mampu membersihkan harta dan jiwa kita.

Menyegerakan mengeluarkan zakat adalah perbuatan yang baik dan dengan kebaikan tersebut semoga diri kita menjadi muslim yang beriman dan bertakwa seperti tujuan ibadah shaum sendiri agar membentuk orang-orang menjadi orang yang bertakwa. Semoga Allah memudahkan urusan rezeki agar bisa dapat segera membayar zakat fitrah pada bulan Ramadhan tahun ini.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image