Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Galih Pratama Yoga

Da'i Hidayatullah Se-Rayon Madiun adakan Pertemuan Majlis Murobbi Rayon Sebagai Penguatan Semangat D

Agama | Monday, 18 Apr 2022, 08:23 WIB

Para Da'i Hidayatullah dari berbagai daerah se karisidenan Madiun melangsungkan pertemuan yang di kemas dalam acara "mabit" _Majlis Murobbi Rayon Madiun_. Acara yang bertempat di Pesantren Hidayatullah Ponorogo ini dilaksanakan pada hari Sabtu hingga Ahad (16-17/4), diikuti oleh 28 peserta Da'i senior Hidayatullah dari Pacitan, Ponorogo, Madiun, Kab. Madiun, Magetan, Nganjuk dan Ngawi.

Majlis Murobbi Rayon Madiun merupakan pertemuan rutin dua bulan sekali bagi para da'i dan kader senior Hidayatullah se Rayon Madiun yang telah mengikuti _dauroh marhalah wustho_, jenjang pendidikan kader Hidayatullah level lanjut. Berkumpulnya para da'i ini untuk menguatkan silaturrahim, meningkatkan keilmuan kegamaan dengan kajian tafsir al Qur'an, serta penguatan sepirit perjuangan kelembagaan yang didampingi oleh Dewan Murobbi Hidayatullah Jawa Timur.

Ustadz Muhammad Juwaini, selaku pengurus Dewan Murobbi Wilayah Hidayatullah Jawa Timur menyampaikan bahwa meskipun dalam keadaan sesibuk apapun dengan pekerjaan harian, kegiatan ini harus terlaksana.

"Jangan khawatir rizki kita tidak akan tertukar. Meskipun kita meningalkan suatu penghasilan karena mengikuti majlis ini. Yakinlah in sya Allaah akan diganti Allaah Subhanahu Wata'ala bahkan ditambah." Pesan beliau dalam tausiahnya.

Lebih lanjut lagi, beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan media pembuktian berjalannya imamah jama'ah dalam organisasi Hidayatullah.

"Meskipun dalam keadaan berpuasa tetap masih bisa terlaksana, para asatidz sekalian yang hadir membuktikan sistem imamah jama'ah kita masih berjalan." tegas Da'i senior yang tinggal di Pesantren Hidayatullah Kota Madiun ini.

Selain itu beliau menjelaskan bahwa Hidayatullah sebagai Ormas Islam yang memiliki visi Membangun Peradaban Islam harus didukung dengan SDM kader yang berkualitas.

"Di lembaga kita sudah ada sistem yang baik untuk bisa mewujudkan visi besar kita. Untuk itu diperlukan kader yang berkualitas dan siap bertugas dakwah dimana saja bahkan di pelosok pedalaman." Ungkapnya.

"Sistem pendidikan kita ini, pak.., in sya Allaah bisa menghasilkan kader yang siap bertugas hingga pelosok pedalaman hutan. Ada ini anak muda di luar Jawa yang sudah bergelar sarjana, tapi mau ditempatkan di pelosok sana. Ini luar biasa dan jarang ditemukan di era saat ini. Maka dakwah kita di daerah yang tidak pelosok ini tidak boleh kalah dan harus bisa menghasilkan kader yang berkualitas pula." Pesan beliau diakhir tausiahnya.

Acara berlangsung dengan mendengarkan kajian Kitab Tafsir As Sa'di dan diselingi dengan eksplorasi pemikiran dan diskusi ringan para Da'i tentang tantangan dan peluang dakwah di masyarakat sekitar.

Ahad siangnya, acara diakhiri dengan evaluasi kegiatan DPD Hidayatullah se Rayon Madiun yang dipimpin oleh Ustadz Azis, Ketua DPD Hidayatullah Kab. Madiun sekaligus sebagai ketua rayon.

Dalam evaluasinya beliau menyampaikan pentingnya pertemuan ini untuk penguatan keilmuan para da'i dan senantiasa meningkatkan semangat dalam berdakwah.

"Dua bulan lagi tempat Majlis Murobbi Rayon kita adakan di Pacitan. Kita para peserta harus senantiasa semangat meskipun jarak cukup jauh tapi tidak menjadi halangan dan justru senang hati kita hadir di Pacitan. In sya Allaah sebagai peningkatan keilmuan dan penguatan semangat dalam berdakwah." Pungkas beliau di akhir evaluasi.

Reporter: Galih Pratama Yoga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image