Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image
Karta Raharja Ucu
Agama | Tuesday, 11 May 2021, 23:11 WIB
Sahur adalah waktu yang penuh berkah. Foto: Republika

Bukan rahasia lagi, gempuran acara televisi membuat acara sahur semakin meriah. Sebagian umat Islam menghabiskan waktu ketika makan sahur dan menunggu Shalat Subuh dengan menonton acara televisi, Youtube, atau membicarakan perkara yang kurang bermanfaat.

Dini hari ini, Rabu 12 Mei 2020 adalah sahur terakhir kita di Ramadhan 1442 Hijriyah. Ramadhan memasuki hari ke-30 dan Kamis, 13 Mei 2020 kita sudah merayakan Idul Fitri. Karena ini adalah sahur terakhir, yuk kita manfaatkan dengan berdoa dan beristighfar. Salah satu doa yang bisa kita panjatkan adalah semoga Allah masih memanjangkan umur dan meridhoi kita bertemu kembali dengan bulan Ramadhan di tahun-tahun mendatang.

Kita seharusnya sadar dan menyadarkan kaum muslimin bahwa waktu sahur adalah waktu yang sangat agung dan mengandung banyak keberkahan. Karena itu, Sangat sia-sia apabila waktu sahur diisi dengan ngobrol yang tidak bermanfaat dan hanya tertawa-tawa saja.

Sebaliknya, waktu sahur itu hendaknya diisi dengan istighfar, muhasabah diri agar lebih baik dengan penuh ketundukan kepada Allah, serta diisi dengan berdoa meminta kepada Allah dengan penuh kehinaan kepada Allah, karena di waktu sahur doa tersebut mustajab.

Seperti kita ketahui, waktu sahur ada keberkahan. Secara umum waktu sahur yang kita lalui ketika makan sahur adalah waktu yang mengandung keberkahan. Hendaknya kita tidak meremehkan yang namanya berkah, karena berkah artinya kebaikan yang banyak serta kemudahan hidup.

Kebiasaan orang shalih adalah memanfaatkan waktu sahur untuk istighfar. Kita sangat banyak melakukan dosa, baik itu dosa yang kita sadari atau tidak kita sadari. Misalnya melihat rambut wanita di zaman ini, itu adalah dosa, akan tetapi kita bisa jadi menganggapnya biasa saja. Masih banyak dosa lainnya yang kita perlu istighfar agar Allah mengampuni kita.

Allah Taala berfirman mengenai orang-orang shalih. Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur. (QS. Ali Imran: 17).

Mari manfaatkan penghujung Ramadhan dengan doa-doa yang belum dikabulkan Allah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Singa JP Coen di Lapangan Banteng

Naik Oplet di Jakarta, Bagaimana Sih Rasanya?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

BANGKITLAH BALI'KU

Image

Ulasan Lengkap Aplikasi B612 yang Viral di Tiktok

Image

Kangen Piknik

Image

Pahlawan Sejati

Image

TETAP BERUSAHA

Image

Kangen Piknik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image