Larang Perempuan Shalat Tarawih di Masjid pada Masa Pandemi, Ini Alasannya!

Image
Tifani Nur
Info Terkini | Tuesday, 11 May 2021, 15:29 WIB

Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia ini kembali dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Tahun 2021 menjadi tahun kedua di masa pandemi dilaksanakannya Bulan Ramadhan. Kegiatan ibadah yang biasa dilaksanakan di bulan Ramadhan disesuaikan dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Shalat tarawih di masjid menjadi salah satu kegiatan ibadah di bulan Ramadhan yang selalu dilakukan umat muslim ini kini disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Untuk menjalani kegiatan ibadah di keadaan saat ini diberlakukan beberapa peraturan, salah satunya di masjid yang terletak di Komplek Nata Endah Kopo Kabupaten Bandung, Jawa Barat yaitu Masjid Al-Kautsar. Di Masjid Al-Kautsar ini memberlakukan peraturan bahwa pelaksanaan shalat tarawih di masjid hanya boleh dilakukan oleh warga Komplek Nata Endah yang berjenis kelamin laki-laki.

Pelaksanaan Shalat Tarawih di Masjid Al-Kautsar pada Masa Pandemi

Mengapa demikian? Menurut Ketua RT 05 RW 06 Komplek Nata Endah, Bapak Asep Engkan, beliau mengatakan peraturan tersebut diberlakukan dikarenakan lahan Masjid Al-Kautsar yang kurang memadai karena pemberlakuan protokol kesehatan menjaga jarak membuat kebutuhan lahan tempat untuk pelaksanaan shalat tarawih naik dua kali lipat maka dianjurkan bagi warganya yang berjenis kelamin perempuan melaksanakan shalat tarawih di rumahnya masing-masing.

Namun peraturan tersebut tidak membuat antusiasme warga Komplek Nata Endah berkurang untuk melakukan shalat tarawih di masjid. Pemberlakuan peraturan ini membuat para perempuan yang tinggal di Komplek Nata Endah mengikuti anjuran yang diberikan oleh Ketua RT yaitu melaksanakan shalat tarawih di rumah. Ada pula warga laki-laki yang pulang setelah melaksanakan shalat isya di masjid dan memilih shalat tarawih di rumah bersama keluarganya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Rawat Kesehatan Jiwa dengan Bersyukur

Image

Mengapa Seseorang Ragu Pergi ke Psikolog?

Image

Lirik Lagu 'Cara yang Tepat' oleh Elmo Rogam

Image

Elmo Rogam dan 'Cara yang Tepat'

Image

Berbagai Kemungkinan pada Status Sumbangan 2T

Image

Produksi Batik di Indonesia mulai menurun: Tim PKM-K UISI membuat inovasi Sandal dengan corak batik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image