STP Khoiru Ummah Jember Bagikan Zakat dan Sembako

Image
Santuso
Agama | Tuesday, 04 May 2021, 14:56 WIB
Seremonial peletakan batu pertama di tempat yang akan dibangun gedung SMP Khoiru Ummah Jember

Memasuki sepertiga terakhir Ramadhan 1442 H, PKBM Sekolah Tahfidz Plus (STP) Khoiru Ummah Jember tingkat SD mengadakan agenda Khoiru Ummah (KU) Berbagi pada Sabtu (1/5/2021) di daerah Plalangan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Ini merupakan kegiatan bantuan sosial dengan membagikan zakat dan sembako kepada fakir miskin dan duafa.

Selama Ramadhan, Khoiru Ummah mengadakan berbagai agenda untuk meningkatkan keimanan para siswa. Agenda itu diawali dari Ramadhan Mubarak selama dua pekan pertama, dilanjut dengan itikaf, dan ditutup dengan KU Berbagi.

Ketua pelaksana, Tri Wahyuni mengatakan, KU Berbagi adalah bagian puncak dari serangkaian kegiatan selama Ramadhan. Setiap tahun, kami mengadakan KU Berbagi di tempat yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, KU Berbagi diadakan di tempat yang akan segera dibangun SMP Khoiru Ummah yaitu di daerah Plalangan, Bintoro, tuturnya.

Setiap agenda Ramadhan yang diselenggarakan Khoiru Ummah mempunyai target atau tujuan untuk para siswa. Adapun agenda KU Berbagi, kata Wahyuni, bertujuan melatih siswa gemar berinfak dan juga melatih siswa peduli kepada fakir miskin dan duafa. Di samping itu, agenda itu juga bermaksud memperkenalkan Khoiru Ummah kepada masyarakat sekitar.

Kami telah mengumpulkan zakat beras dan uang donasi dari para guru, wali murid, dan murid Khoiru Ummah. Uang tersebut kemudian kami belikan sembako. Itu semua kami packing dan kami berikan kepada seratus fakir miskin dan duafa di sana, terang Wahyuni.

Sebelum KU Berbagi dimulai, pihaknya terlebih dahulu mengadakan agenda seremonial peletakan batu pertama di tempat itu untuk bakal pembangunan gedung SMP Khoiru Ummah. Pada agenda awal yaitu peletakan batu pertama, kami turut mengundang beberapa tokoh masyarakat sekitar, seperti ketua RW 07 beserta bawahannya yaitu RT 01, RT 02, dan RT 03, guru mengaji, termasuk pihak pengembang yang akan membangun gedung SMP KU, katanya.

Lebih lanjut, ketua Yayasan Khoiru Ummah Jember, Gadinia Bunga Vita menuturkan, setelah peletakan batu pertama, pihaknya berharap segera ada progres pembangunan gedung SMP. Kami berharap santri kami sudah bisa menempati gedung SMP pada tahun ajaran 2022/2023, tutur Bunga. Berdirinya SMP, kata Bunga, adalah bentuk kepedulian yayasan Khoiru Ummah terhadap pendidikan yang mencetak generasi berkepribadian Islam dan penghafal Alquran.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

penulis | linguis | jurnalis | aktivis | pengajar ideologis

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Bahagia, 50 Anak Yatim Terima Santunan di Akhir Ramadhan

Image

Misi Kemanusiaan Dirikan Rumah Baca Anak di Karawang

Image

Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image