Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image salam production

Pemerintah Tangerang Ingin Mendorong UMKM Menuju Go Digital

Bisnis | Saturday, 16 Apr 2022, 13:44 WIB
source: travel detik - detikcom

TANGERANG - Pemerintah daerah kabupaten Tangerang mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital dengan mempersiapkan market place khusus seperti pelatihan dan memfasilitasi kebutuhan para UMKM. Karena saat ini, bisnis yang didukung kehadiran online mengalami peningkatan lebih cepat daripada bisnis yang dijalankan dengan konvensional.

Teknologi digital telah mengubah sistem perekonomian dunia. Perusahaan-perusahaan besar dunia didominasi oleh mereka yang bergerak di bisnis digital. Sehingga UMKM harus bisa memanfaatkan perubahan sistem perekonomian ini. Munculnya start-up merupakan peluang bagi UMKM untuk memperluas akses pasar.

Pentingnya UMKM go digital adalah memanfaatkan pangsa pasar yang luas dengan biaya lebih murah. Di mana presentasi masyarakat saat ini yang belanja lewat digital sangat besar, biaya pemasaran lebih efektif dan efisien dibanding pola konvensional.

Faktor lain yang diuntungkan saat UMKM go digital adalah produk atau jasa tidak perlu sewa kios atau ruko, cukup sewa hosting domain, dan biaya pulsa. Selain itu, pada pola pemasaran secara konvensional apabila biasanya dengan membuat spanduk, katalog dan brosur sehingga membutuhkan biayanya tinggi dan jangkauan ke calon konsumen tidak begitu banyak, hanya orang sekitar yang berdampak dengan iklan tersebut. Sedangkan jika dengan digital contohnya dengan memasang iklan di facebook dengan biaya 50.000 saja sudah bisa menjangkau 5000 calon konsumen dan bahkan konsumennya sesuai dengan target yang diinginkan.

Ketua Forum Usaha Kecil dan Menengah (FUKM) Suhendra mengatakan bahwa UMKM harus siap mengikuti perkembangan go digital agar tidak tertinggal. Dia berharap adanya pembinaan secara mentoring bisnis kepada setiap pelaku UMKM.

"Dengan pola mentoring, maka pelaku usaha UMKM memiliki tempat saat menemui masalah dan pola pengembangan secara berkelanjutan. Dengan

pola mentoring juga mentor dapat mendeteksi hal apa saja yang harus dibenahi pelaku UMKM. Apakah dari sisi perizinan, pemasaran, quality produk atau modal,” ujarnya.

“Saya juga berharap agar ekonomi digital berbasis UMKM menjadi suatu fokus untuk negara ini,” tambahnya.

Salah satu pelaku UMKM go digital Muhammad Rizqi Aditya, mengatakan bahwa banyak sekali keuntungan yang diperolehnya sejak beranjak dari UMKM biasa menjadi go digital. Salah satunya dia tak lagi harus menunggu customer yang datang untuk membeli dagangannya.

“kalau bisnis offline atau toko, maka kita yang akan menunggu customer datang ketempat kita, makanya kalau membuka toko harus di tempat yang ramai dengan harapan yang lewat akan mampir dan membeli, tapi nggak punya modal besar buat menyewa tempat. Nah, inilah yang menjadi faktor penghambat dan yang membuat saya mencoba untuk go digital,” jelasnya.

Selain itu, jika memanfaatkan digital marketing yang luas dan mempelajarinya lebih dalam. Kita dapat menargetkan atau bahkan mengatur berapa banyak customer yang mau ditarik. kita juga bisa melakukan sesuatu agar customer bisa bertambah dan dikontrol oleh kita sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image