Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ais abila

Pengembangan Human Capital

Info Terkini | Saturday, 16 Apr 2022, 09:50 WIB

Pengembangan human capital merupakan cara yang efektif untuk menghadapi beberapa tantangan baik dari internal maupun eksternal organisasi. Termasuk keusangan dan ketertinggalan pengetahuan dan bakat tenaga kependidikan, verifikasi tenaga kependidikan domestik dan Internasional. Dengan dapat teratasinya tantangan-tantangan dan turn over tenaga kependidikan, pengembangan sumber daya manusia atau human capital dapat menjaga dan atau mempertahankan tenaga kependidikan yang efektif.

Pengembangan merupakan suatu cara yang efektif untuk menghadapi beberapa tantangan yang dihadapi oleh banyak organisasi besar. Tantangan-tantangan ini mencakup keusangan tenaga kependidikan, perubahan-perubahan sosioteknis dan perputaran tenaga kependidikan. Kemampuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut merupakan faktor penentu keberhasilan organisasi dalam mempertahankan sumber daya manusia yang efektif.

Development for human capital adalah penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang yang berbeda atau yang lebih tinggi di dalam organisasi. Pengembangan human capital ini berhubungan dengan peningkatan kapasitas individu atau tenaga kependidikan yang berkaitan dengan knowledge, skills, intelektual atau emosional yang diperlakukan untuk menunaikan pekerjaan yang lebih baik.

Development ini dilakukan karena setiap tenaga kependidikan membutuhkan suatu ilmu dalam peningkatan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan, pengalaman, keahlian, dan kemampuan yang dapat dikembangkan dengan harapan para tenaga kependidikan dapat meningkatkan karirnya. Persiapan karir jangka panjang dari tenaga kependidikan untuk serangkaian posisi inilah yang dimaksud dengan pengembangan tenaga kependidikan.

Pengembangan tenaga kependidikan memang sangat bermanfaat karena tuntutan dari pekerjaan ataupun jabatan. Setiap tenaga kependidikan dituntut agar dapat bekerja secara efektif dan efisien agar kualitas dan kuantitas pekerjaannya menjadi lebih baik sehingga daya saing organisasi semakin berkembang pesat.

Pengembangan tenaga kependidikan pada dasarnya merupakan suatu proses melakukan perubahan dalam rangka perbaikan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kualitas tenaga kependidikan. Kesejahteraan terkait dengan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup rakyat, baik material maupun mental dan spiritual, sedangkan kualitas tenaga kependidikan terkait dengan derajat kemampuan termasuk kreativitas dan moralitas.

Managing Performance

Mengelola kinerja tenaga kependidikan merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Kinerja memang tidak sekedar dibutuhkan dari sebuah organisasi dari hasil pencapaian setiap tenaga kependidikan yang sudah melakukan dan menyelesaikan pekerjaannya masing-masing. Kinerja merupakan kunci dalam sebuah organisasi yang harus dimiliki oleh setiap tenaga kependidikan dan secara bersama-sama dapat memberikan suatu peningkatan dan penghargaan yang baik bagi organisasi.

Berikut merupakan esensi-esensi dari kinerja: Yang pertama pelatihan yang dikolaborasikan dengan menggunakan kemampuan atau keterampilan dan cara bekerja setiap tenaga kependidikan yang ada, yang kedua pelatihan bagi koordinator tim kerja, dengan adanya pelatihan ini maka setiap coordinator akan memahami dimana letak tugas yang harus diselesaikan sehingga dapat mengelola kinerja dengan baik.

Pendidikan dan Pelatihan

Progam pendidikan dan pelatihan yang diberikan oleh organisasi ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tenaga kependidikan di dalam melakukan pekerjaan. Selain itu program pendidikan dan pelatihan juga diberikan untuk memperbaiki sikap dan tingkah laku tenaga kependidikan sehari-hari. Umumnya pendidikan yang diberikan oleh organisasi sifatnya lebih teoritis sedangkan latihan lebih bersifat penerapan.

Pendidikan dan pelatihan adalah suatu proses belajar mengajar dengan menggunakan metode dan teknik tertentu untuk membantu pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya agar dapat mengembangkan tingkat pengetahuan dan kemampuan yang lebih tinggi.

Flippo (Sutia, 2009: 30) menyatakan “training is concerned with increasing knowledge and skill in doing a particular job, education is concerned with increasing general knowledge and understanding of our total environmental.

Pernyataan di atas berarti bahwa pelatihan berhubungan dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, sedangkan pendidikan berhubungan dengan meningkatnya pengetahuan umum dan pemahaman umum dan pemahaman secara menyeluruh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image