Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Cara Mengatasi Pipa Mampet Yang Murah dan Anti Ribet

Eduaksi | Saturday, 16 Apr 2022, 00:10 WIB
Source : pipapedia

Berikut cara mengatasi pipa mampet yang efektif, menggunakan bahan dapur hingga bahan kimia. Dijamin anti ribet dan pipa pembuangan Anda langsung lancar.

Ada beberapa cara mengatasi pipa mampet yang ampuh, yang biasa digunakan oleh para tukang profesional. Diantaranya menggunakan cuka, soda api, cairan kimia pembersih dan beberapa bahan lainnya.

Meski begitu, Anda harus paham bagaimana cara penggunaan yang tepat supaya bisa efektif untuk mengatasi pipa mampet. Karena beberapa bahan adalah bahan keras / berbahaya, sehingga harus hati-hati supaya tidak merusak pipa pvc Anda.

Pipa mampet bisa disebabkan oleh sisa makanan dan minyak dari cucian piring, sisa sabun di kamar mandi, rambut dan beberapa faktor lain. Meski terlihat sepele, namun ketika menumpuk, tentu akan menyebabkan masalah mampet.

Berikut cara mengatasi pipa tersumbat yang mudah dan murah.

Drain Blaster

Drain Blaster atau alat tembak angin pembersih saluran pipa, bisa jadi solusi terbaik untuk melancarkan pipa di rumah Anda. Alat ini tidak menggunakan listrik untuk penggunaan, melainkan hanya mengandalkan pompa angin manual sehingga bisa menghasilkan tembakan atau dorongan angin yang besar.

Drain blaster punya bentuk seperti tembakan dengan tabung yang cukup besar. Bagian belakang terdapat tangkai untuk memompa angin dan bagian depan terdapat karet bulat supaya tembakan angin bisa fokus.

Drain blaster ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di marketplace atau toko bangunan terdekat. Biasanya dijual dengan harga Rp 150 ribuan. Tipe alat ini bisa untuk jenis pipa 1 inch dan 1 1/4. Karena jenis pipa tersebut yang sering bermasalah.

Soda Api

Soda api (natrium hidroksida) sebenarnya adalah bahan dasar untuk pembuatan sabun. Pasalnya soda api bisa melarutkan minyak, lemak, bahkan dalam dosis dan penggunaan tertentu bisa merontokkan lumut pada dinding hingga karat pada permukaan besi.

Nah karena soda api termasuk bahan keras, sehingga tidak bisa sembarangan dalam menggunakannya. Untuk mengatasi pipa mampet, soda api akan efektif jika dicampurkan dengan air panas. Reaksi yang dihasilkan bisa merontokkan sisa makanan atau penyumbat lainnya.

Berikut tutorial lengkapnya.

1) Siapkan air panas mendidih dan soda api, bisa Anda cari di toko bangunan terdekat dengan harga mulai dari Rp 11 ribuan ukuran 100 gram.

2) Pakai masker dan sarung tangan untuk menghindari iritasi.

3) Taburkan bubuk soda api kedalam pipa pvc, kemudian langsung di siram dengan air panas.

4) Biasanya akan muncul seperti busa dan pada beberapa kasus muncul air keruh tanda sampah yang hancur.

5) Setelahnya, Anda bisa menyiram air biasa untuk memastikan apakah sudah lancar.

6) Ulangi langkah awal jika masih tersumbat, sampai air benar-benar mengalir lancar.

Larutan Garam

Garam adalah bahan dapur yang sudah terkenal dan sering digunakan untuk membantu bersih bersih rumah. Garam ternyata memiliki manfaat lain seperti untuk mengkilapkan permukaan, membersihkan jamur pada vas bunga, membersihkan noda dan manfaat lain.

Biasanya garam cukup digosokkan ke permukaan benda yang ingin dibersihkan atau dicampur dengan bahan seperti alkohol atau minyak. Namun dalam hal ini dikarenakan berada di dalam pipa, jadi Anda membutuhkan garam, air panas dan baking soda.

Caranya, tuangkan garam dan baking soda ke dalam pipa lalu siram air panas sebanyak 2 liter. Reaksi ketiga bahan tersebut akan membuat sumbatan sisa makanan hancur.

Baking Soda dan Cuka

Bagi yang pipa saluran airnya macet, Anda tidak perlu repot panggil tukang bahkan hingga membongkar pipa pvc di rumah. Selain tidak efisien juga Anda harus membayar tukang dan membeli pipa pvc baru, apalagi harga pipa pvc baru bisa mencapai Rp 128 ribuan untuk ukuran 2 inch.

Dengan bantuan bahan dapur seperti baking soda dan cuka, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri dirumah. Pasalnya kedua bahan tersebut seringkali digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Jadi akan efektif juga untuk melancarkan saluran pipa.

Cara penggunaannya adalah :

1) Siapkan air panas, baking soda dan cuka.

2) Masukkan baking soda terlebih dahulu ke dalam pipa, kemudian siram dengan air panas.

3) Pada bagian atas lubang masuk pipa ditutup dengan penutup pipa, karet atau benda lain supaya panas tidak meluap dan tunggu beberapa saat.

4) Beberapa menit kemudian, siram cuka 1 botol dan diiringi dengan air panas dan baking soda.

5) Bisa diulang sampai pipa sudah tidak tersumbat.

Cairan Kimia Pembersih

Cairan kimia pembersih adalah produk yang biasanya tersedia dalam bentuk botolan, khusus untuk perlengkapan kebersihan rumah.

Cairan ini umumnya lebih ramah, namun tetap efektif untuk melunturkan / menghancurkan kotoran di keramik dinding atau lantai rumah dan kotoran penyebab pipa tersumbat.

Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan atau toko kimia di sekitar Anda.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda mudah Anda temukan di warung atau minimarket dengan berbagai merk, seperti sprite, coca cola dan lainnya. Jika Anda punya minuman bersoda di rumah, jangan ragu untuk menggunakannya. Pasalnya efek soda dari minuman tersebut bisa menghasilkan gelembung yang bisa mengurai kotoran.

Masukkan 2 liter minuman ke dalam pipa yang tersumbat, tunggu minimal 60 - 120 menit. Lalu siram dengan air biasa.

Cara Mencegah Pipa Mampet

Beberapa langkah di atas kemungkinan sudah bisa mengatasi permasalahan pipa mampet di rumah Anda.

Nah untuk pencegahan berikutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1) Beri saringan lubang pipa wastafel, supaya sampah sisa makanan tidak masuk dalam pipa pembuangan.

2) Beri saringan pada tiap-tiap lubang pipa pvc di rumah, selain mencegah sampah juga menghindari tikus.

3) Rutin menggunakan drain blaster, meski pipa tidak mampet, supaya tidak ada sampah mengendap.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image