Cita Rasa Kopi Ciwidey yang Bikin Baper

Image
Elba Damhuri
Kuliner | Friday, 30 Apr 2021, 05:57 WIB
Biji kopi cherry yang merah

Kopi Ciwidey semakin menunjukkan kelasnya sebagai salah satu kopi unggulan baik untuk konsumen dalam negeri maupun luar negeri. Para penikmat kopi pun kini menjadikan kopi Ciwidey sebagai salah satu koleksi yang harus ada di lemari kopi mereka di rumah.

Cita rasa menjadi salah satu kekuatan kopi Ciwidey terutama untuk jenis arabika. "Kopi Ciwidey memiliki cita rasa yang khas: ada manis, coklat, floral, dan asam," kata Denny Risnandi, pemilik D'Gamboeng Coffee Bandung, Kamis (30/1).

Republikopi pun menjajal kopi Ciwidey yang ditanam di Gunung Tilu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan metode seduh manual V60. Kopi Ciwidey dari kawasan Gambung yang diberi merek D'Gamboeng Coffee ini diproses wash dan semi-wash.

Biji kopi Ciwidey yang dijajal Republikopi diroasting medium. Republikopi memilih giling (grind) medium di level 4 untuk grinder Latina.

Kopi yang diseduh ini berjumlah 18 gram dengan rasio kopi dan air 1:15. Ini rasio umum yang biasa dipakai. Namun, untuk rasio bisa dicoba di angka 1:12, 1:16, 1:17, dan 1:18.

Setiap jenis kopi tentu memiliki golden rasio yang berbeda-beda. Setiap penikmat kopi juga memiliki catatan rasio yang berbeda, tergantung selera dan cita rasa yang diinginkan.

Teknik seduh V60 dengan cara menuang air dari dalam kertas filter ke luar dengan suhu air di 90 derajat Celcius. Standar seduh dasar ini memberikan ruang untuk blooming (pengeluaran karbondiaoksida dari kopi) selama 30 detik dan jeda dua kali seduh masing-masing 10 detik.

Setelah proses seduh berlangsung selama 2 menit 10 detik, kopi Ciwidey D'Gamboeng pun siap diminum. Hasilnya: Republikopi merasakan cita rasa manis, pahit, dan asam kopi yang seimbang (balance).

Plus, ada sensasi floral (bunga) dari kopi Ciwidey ini. Aroma dan rasa floral ini seperti rasa teh earl gray. Aroma bunga teh earl gray ini makin menambah nikmatnya kopi Ciwidey.

Kombinasi empat rasa ini (floral, manis, asam, dan pahit) menjadi signatur dan kelebihan kopi arabika Ciwidey. Aftertaste pun ringan dan segar.

Kopi Ciwidey memberikan cita rasa yang segar, kombinasi rasa buah dan kacang-kacangan. Tak heran, seperti kata Denny Risnandi, kopi ini begitu banyak dicari. "Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal saja belum cukup," kata dia.

Supaya Rasa Lebih Fruitty

Banyak peminum kopi yang lebih memilih rasa kopi yang asam buah atau fruitty. Kopi-kopi Jawa Barat dikenal dengan tingkat rasa buahnya tinggi.

Untuk mendapatkan cita rasa fruitty ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya, menyeduh manual dengan suhu air di angka 80-85 derajat Celcius.

Salah satu jenis kopi Ciwidey yang terkenal, Kartika, termasuk memiliki cita rasa buah. Dalam beberapa rasa yang saya dapati, cita rasa nangka cukup kuat. Ada juga rasa stroberi.

Mungkin karena di sekeliling tanaman kopi itu ada pohon nangka atau stroberi sehingga memberikan dampak rasa pada biji kopi itu.

Ayo, silakan mencoba kopi Ciwidey yang nikmat ini....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jurnalis

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Bahagia, 50 Anak Yatim Terima Santunan di Akhir Ramadhan

Image

Misi Kemanusiaan Dirikan Rumah Baca Anak di Karawang

Image

Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image