Meningkatkan Pemahaman Materi Pada Siswa SD Melalui Bimbingan Belajar Di Masa Pandemi

Image
Mar'atus Sholihah
Eduaksi | Thursday, 29 Apr 2021, 18:00 WIB

Dimasa seperti sekarang ini memang mengharuskan kita untuk menjaga jarak dan menaati protokol kesehatan dengan tujuan menghentikan penyebaran wabah yang tengah melanda. Aktivitas sangat dibatasi, seperti kegiatan sekolah yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka untuk sekarang harus dilaksanakan secara daring dirumah masing-masing.

Pembelajaran menjadi terhambat, misalkan setiap siswa harus mempunyai gawai sendiri atau laptop untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, selain itu pembelajaran yang dilakukan secara daring cenderung membosankan menurut siswa yang saya ampu dalam bimbel ini. Menurutnya juga, para siswa sulit untuk menangkap materi karena kurangnya penjelasan dari guru. Ini pengaruh interaksi antara siswa dan guru dalam kelas karena pembelajaran dilaksanakan secara berani. Selain itu, guru juga cenderung hanya memberikan tugas dan tugas kepada siswa.

Melihat kondisi yang seperti ini, sayaMaratus Sholihah mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UniversitasMuhammadiyah Purworejo mempunyai inisiatif mengadakan bimbingan belajar secaragratis kepada siswa SD Negeri 2 Wirun yang bertempat tinggal disekitar rumahsaya. Bimbingan belajar ini sudah saya mulai pada akhir Maret 2021. Programbimbingan belajar ini berawal dari tugas pada salah satu matakuliah yang sayaambil. Kegiatan ini berlangsung minimal selama tiga kali namun, karena antusiasserta semangat dari anak-anak kegiatan ini sudah terlaksana selama empat kalipertemuan. Karena respons yang positif dari anak-anak maka untuk kedepannyaprogram bimbel ini akan terus diadakan.

Selain respons positif darianak-anak respons positif juga ditunjukan oleh orang tua dari anak-anak,menurut mereka kegiatan ini sangat membantu anak-anak dalam belajar danmembantu meringankan pekerjaan mereka yang biasanya harus mengajari anak-anakdisela-sela kesibukan dari orang tua.

Pertemuan dari bimbel ini sendiri menyesuaikan dengan jadwal dari anak-anak, biasanya dilaksanakan pada hari Jumat dan Minggu pada pukul 10.00-12.00 dan juga pukul 13.00-15.00 sesuai dari kesepakatan anak-anak.

Untuk metode dalam program iniadalah tanya jawab serta permainan. Setiap awal pembelajaran saya akanmemutarkan video yang berisi materi yang akan diajarkan, setelahnya akan sayajelaskan sambil memberikan pertanyaan kepada anak-anak mengenai apa yangdisampaikan dalam video yang tadi diputar. Selain itu, untuk menghindari rasabosan pada anak saya menggunakan media pembelajaran papan kantong pintar danpapan satuan baku untuk menunjang pembelajaran agar tidak monoton dan menguggahsemangat serta keingintahuan anak.

Melalui program ini diharapkan anak-anak dapat meningkatkan belajarnya walaupun diera wabah seperti sekarang ini, serta anak-anak tidak tertinggal materi pelajaran yang diajarkan disekolah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo sunflower

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Dual Akun,GB WhatsApp (GB WA) Versi Update

Image

Cara Mengaktifkan Face Unlock atau Sensor Wajah Pada HP Xiaomi Redmi 9

Image

7 Penginapan di Asia Tenggara dengan Pemandangan & Fasilitas Terbaik

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Produk Wisata Untuk Mengoptimalkan Potensi Desa Wisata

Image

5 Game NFT Penghasil Uang, Wajib Coba Nih!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image