Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Alqur'an

Image
Wahyu Utami
Agama | Wednesday, 28 Apr 2021, 08:21 WIB

Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Alqur'an

Oleh : Wahyu Utami, S.Pd

Saat ini kita telah memasuki pertengahan Ramadhan yang kedua. Setiap tanggal 17 Ramadhan kaum muslimin di Indonesia selalu memperingati nuzulul Qur'an atau turunnya Alqur'an.

Terlepas dari perbedaan pendapat tanggal diturunkannya Alqur'an, yang pasti Alqur'an pertama kali diturunkan oleh Alloh pada Bulan Ramadhan tepatnya pada malam lailatul qodar. Hal ini sebagaimana yang difirmankan oleh Alloh di dalam QS Al Qodar ayat 1 :

Artinya :

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

Kitab Alqur'an adalah kitab yang memberikan pengaruh yang besar pada kehidupan manusia. Hal inipun diakui oleh Barat sebagaimana yang diucapkan oleh seorang orientalis H.R Gibb. Gibb berkata, "Tidak ada seorangpun dalam seribu lima ratus tahun terakhir telah memainkan alat bernada nyaring yang demikian mampu dan berani dan demikian luas getaran jiwa yang diakibatkannya seperti yang dibaca Muhammad (Al Qur'an)"

Oleh karena itu mukjizat Alqur'an ini harus senantiasa dijaga oleh kaum muslimin. Beberapa kewajiban kaum muslimin terhadap Alqur'an adalah :

1. Membaca Alqur'an

Nabi Muhammad Saw bersabda, "Bukanlah kukatakan alif-lam-mim itu satu huruf tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf. Masing-masing huruf diberi pahala sepuluh kebajikan" (HR Imam Tirmidzi).

Membaca Alqur'an baik mengerti isinya atau tidak dinilai sebagai ibadah di sisi Alloh. Oleh karena itu hendaknya seorang muslim rutin membaca Alqur'an terutama di Bulan Ramadhan.

2. Mempelajari dan mengajarkan Alqur'an

Rasululloh saw bersabda, "Yang terbaik di antara kalian adalah yang mempelajari dan mengajarkan Alqur'an"(HR Bukhari, Muslim, Ahmad dan Ashabul Sunan).

Begitu pula kaum muslimin diperintahkan untuk berkumpul dalam majelis ilmu untuk mendalami dan mempelajari Alqur'an.

Rasululloh saw bersabda, "Dan tiada berkumpul suatu kaum di dalam rumah Alloh, mereka membaca kitab dan mempelajarinya bersama-sama melainkan diturunkan kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikelilingi malaikat dan disebut-sebut oleh Alloh di hadapan hamba-hamba-Nya yang ada di sisiNya."(HR Muslim).

3. Menghafalkan Alqur'an

Kaum muslimin yang memelihara Alqur'an dengan cara menghafalkannya akan mendapat kedudukan yang mulia di surga.

Nabi saw bersabda, Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia". Kemudian Anas bertanya, Siapakah merekawahai Rasulullah? Nabi SAW manjawab, Yaitu ahli Alquran (orang yang membaca, menghafal, dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah. (HR. Ahmad).

4. Mengamalkan Alqur'an

Alloh menyebutkan tujuan diturunkan Alqur'an adalah sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia. Alloh berfirman di dalam Qs Al Baqoroh 185 :

Artinya :

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).

Alqur'an telah memuat hukum-hukum secara lengkap baik dari aspek aqidah/keimanan, ibadah, akhlak, makanan, pakaian, ekonomi, politik, pendidikan, militer dll sehingga dapat digunakan oleh manusia untuk menyelesaikan semua permasalahan hidupnya.

Inilah berbagai kewajiban yang harus dilaksanakan oleh kaum muslimin terhadap Alqur'an. Jadi tidak cukup hanya dibaca dan dihafalkan saja, tetapi juga harus dipelajari dan diamalkan isinya. Jika ini sudah dilaksanakan, niscaya kaum muslimin akan menjadi umat terbaik yang mampu memimpin dunia. Pertanyaannnya, sudahkan semua kewajiban tersebut sudah dilaksanakan?

Semoga Bulan Ramadhan sebagai syahrul qur'an ini bisa menjadi momentum bagi kaum muslimin untuk bersungguh-sungguh melaksanakan kewajiban terhadap Alqur'an.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Alqur'an

Tali Persaudaraan di Hari Nan Fitri

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image